Kurang Diminati, Suzuki Siapkan Pengganti Inazuma

Suzuki Siapkan Pengganti Inazuma – Setelah merilis motor sport kelas 150cc bernama Gixxer SF, kini Suzuki mengalihkan sasaran pada kelas di atasnya, yakni kelas 250cc. Seperti kita ketahui, selama ini Suzuki memang jarang merilis motor 250cc di pasaran otomotif dunia, termasuk Indonesia.

suzuki-siapkan-pengganti-inazuma

Motor sport Suzuki kelas 250cc yang terakhir di produksi untuk pasar otomotif Indonesia adalah Suzuki Inazuma. Motor Suzuki bergenre sport cruiser itupun dinilai tak terlalu sukses. Pamor Suzuki Inazuma di pasaran otomotif Tanah Air masih kalah dengan Kawasaki Ninja 250 atau Honda CBR250R. Jenis Inazuma yang merupakan sepeda motor tipe cruiser adventure disinyalir sebagai faktor utama yang membuatnya jeblok di pasaran.

Selama ini, motor berkapasitas 250cc yang paling digemari publik pecinta otomotif Indonesia adalah tipe racing look motor sport. Sadar akan kelemahan Inazuma, kini Suzuki Motors berniat kembali menghadirkan motor sport 250cc ke pasaran otomotif Asia, termasuk Indonesia.

Advertisement

Seperti dilansir Motorbeam pada Rabu (22/4/2015), Suzuki berencana untuk memasarkan motor sport 250cc-nya di India. India memang menjadi kawasan favorit bagi Suzuki dalam mengenalkan varian-varian motor barunya. Sebelumnya, Suzuki juga telah merilis Suzuki Gixxer SF dan skutik Suzuki Let’s di India.

Sebenarnya, Suzuki memang sudah pernah melepas motor sport bermesin 250cc ke pasar global. Adalah Suzuki GSX-R250 yang menjadi produk andalan Suzuki pada medio 1987 hingga 1994. Suzuki GSX-R250 bahkan sempat diekspor ke Australia, Selandia Baru serta Denmark.

Sejak Suzuki GSX-R250 mulai menghilang pada awal dekade 2000-an, Suzuki memang jarang merilis motor sport kelas menengah layanya tipe GSX tersebut. Hingga akhirnya munculah Suzuki Inazuma ke pasar otomotif global, termasuk Indonesia.

Sayang sekali, Suzuki Inazuma 250 ini ternyata tak meraih kesuksesan. Hal ini bisa dilihat dari seretnya penjualan Inazuma di berbagai negara, termasuk Indonesia. Meski kalah pamor dengan produk dari pabrikan lain, sebenarnya Suzuki Inazuma tak bisa dibilang motor sembarangan. Motor ini memiliki power yang tinggi serta penampilan ala moge.

Namun, kehadiran motor sport terbaru racikan Suzuki ini sepertinya tak akan terjadi dalam waktu dekat. Saat ini Suzuki sedang berfokus pada pemasaran Suzuki Gixxer SF yang menempati segmen motor sport low-end. Baca juga Suzuki Gixxer SF Resmi Diluncurkan di India dan Suzuki V-Strom 1000 Akan Gunakan Mesin Baru.

Top