Ini “Signal” Sepeda Motor Yang Akan Mogok

Tanda-tanda Motor Akan Macet – Bagi sebagian orang, menempuh perjalanan darat dengan menggunakan sepeda motor akan lebih asyik, dibandingkan dengan mobil. Apalagi jika cuaca sedang sangat cerah. Bagaimana dengan Bro and Sist? Tapi, kalau sudah bertemu dengan hambatan-hambatan berkendara seperti kendaraan yang mogok, keasyikannya jelas akan berkurang. Apalagi jika motor anda mogok di tempat yang sepi dan jauh dari bengkel. Pernah mengalami hal menyebalkan itu?

signal motor akan mogok

Mogok sendiri  paling sering disebabkan karena masalah pengapian. Baik pada  motor yang masih menggunakan sistem karburator maupun injeksi, pengapian yang tidak sempurna akan membuat motor mendadak berhenti alias macet. Sebenarnya jika Bro and Sist lebih teliti, maka mogok di tengah perjalanan bakal bisa dihindari lho. Karena sebenarnya, motor akan memberikan “signal” pada pengendara, jika akan mengalami mogok. Namun, tanda motor akan mogok, kadang tak disadari oleh para pengendara. Tanda yang paling bisa dirasakan adalah tenaga motor yang berkurang. Jika anda merasakan motor anda tarikannya lemah, maka sangat mungkin untuk terjadi mogok di tengah perjalanan. Bahkan sebenarnya, mogok bisa terdeteksi lebih dini lewat jarum RPM.

“Kalau motor yang ada penunjuk RPM kelihatan jarumnya susah naik, berarti ada gejala kurang baik,” ujar Andri Irwan, dari bengkel modifikasi Chemonk Modified.

Motor yang akan mogok, biasanya juga akan memunculkan tanda berupa suara knalpot. Biasanya orang menyebutnya “nembak-nembak”. Suara “nembak-nembak” yang dihasilkan dari lubang buang knalpot, sebenarnya dikarenakan  kurang optimalnya campuran pembakaran antara bahan bakar dengan oksigen. Maka jika sudah merasakan “sinyal-sinyal” motor akan “ngambeg”, lebih baik segera lakukan pengecekan ke bengkel kepercayaan anda.

separator

Nah, kalau kita bicara soal masalah pengapian, yang biasanya menjadi penyebab mogok, pasti kita tak akan jauh-jauh dari busi. Busi yang kotor, memang cukup merepotkan, karena sumbatan kotoran akan membuat kerja karburator menjadi tidak sempurna. Nah, jika Bro and Sist mengalami hal itu, sebenarnya tak perlu terlalu panik. Anda cukup membuka kabel busi, cabut, dan bersihkan dengan kain, lalu dipasangkan lagi. Namun yang harus diingat, hal itu hanya untuk sementara, sampai kita menemukan bengkel yang menjual busi. Langkah terbaik adalah mengganti busi yang sudah hitam tersebut. Baca juga

 

Top