Sempat “Terluka”, Toyota Tetap Kuasai Pasar Otomotif Dunia

Toyota Kembali Kuasai Penjualan Otomotif Dunia – Pabrikan asal Jepang, Toyota, kembali mengukuhkan dominasinya di dunia otomotif. Pabrikan yang berbasis di Aichi, Jepang, tersebut lagi-lagi mempertahankan posisi puncak di dalam daftar perusahaan otomotif dengan penjualan paling laris di dunia.

toyota-kembali-kuasai-penjualan-otomotif-dunia

Keberhasilan Toyota dalam memuncaki posisi tertinggi dalam deretan pabrikan dengan penjualan terbanyak ini sebenarnya agak sedikit mengejutkan. Pasalnya, pihak Toyota sendiri mengalami penurunan market share di dunia otomotif jika dibandingkan tahun sebelumnya. Meski hanya berbeda tipis dengan produsen lain, seperti General Motors dan Volkswagen, namun Toyota tetap kokoh  di posisi teratas sebagai pabrikan dengan omset terbanyak pada awal 2015 ini.

Seperti dikutip dari siaran pers Toyota pada Kamis (23/4/2015), pada triwulan pertama tahun 2015, Toyota berhasil meraih penjualan hingga 2,5 juta unit. Angka 2,5 juta unit ini sebenarnya turun sebanyak 2,5 persen jika dibandingkan dengan total penjualan Toyota pada periode yang sama tahun 2014.

Penurunan penjualan yang diraih Toyota ini disebabkan oleh merosotnya penjualan Toyota di pasar domestik negaranya. Tak tanggung-tanggung, penurunan yang dialami Toyota ini hingga mencapai 14,1 persen. Parahnya, penurunan penjualan yang dialami Toyota kali ini juga menimpa produk lain yang masih berada dalam Toyota Group, yaitu Daihatsu dan Hino. Produk kedua pabrikan yang bernaung di bawah bendera Toyota Group itu diluar dugaan ternyata juga mengalami penurunan.

Jika Toyota sedikit mengalami penurunan, maka tidak demikian dengan yang terjadi pada para pesaingnya.

Salah satu pesaing Toyota, Volkswagen, justru memperoleh peningkatan penjualan pada triwulan pertama 2015 ini. Pabrikan asal Jerman itu mampu mencatatkan kenaikan penjualan hingga 2,4 persen. Peningkatan penjualan yang diraih VW ini seperti angin segar karena berhasil diraih pada saat Toyota sedang mengalami penurunan.

Sementara itu, pesaing lain Toyota asal Negeri Paman Sam, General Motors, juga mengalami peningkatan penjualan meski hanya sedikit. Pada awal 2015 ini, General Motors berhasil mencatatkan kenaikan penjualan sebesar 2 persen lebih banyak jika dibandingkan penjualan sebelumnya.

Jika VW diuntungkan karena kebanyakan produknya laris di pasar Eropa dan Amerika Selatan, maka GM berhasil mengambil momentum kala mereka sukses menggebrak pasar Tiongkok dan sebagian Eropa, serta tentunya Amerika. Baca juga dan Lewis Hamilton Beli McLaren P1 dan Mobil Sedan Nissan Terbaru Resmi Dirilis.

Top