Giliran Honda Yang Jadi “Korban” Ohlins

Setelah Yamaha, Honda Recall Produknya Karena Ohlins – Belum lama ini, Yamaha harus menarik produk alias recall untuk besutan terbaru mereka,  Yamaha R1M. Penyebabnya tidak lain dan tidak bukan adalah komponen pendukung pada sistem suspensinya. Jadi, “insiden” recall itu, memang bukan dikarenakan kesalahan produksi dari Yamaha Global. Penarikan produk itu, dikarenakan  motor super sport tersebut menggunakan suspensi aftermarket besutan Ohlins, yaitu TTX36 Series. Komponen tersebut diketahui bisa membuat pengendalian suspensi tidak bekerja sempurna dan menimbulkan resiko kecelakaan. Hal itu dikarenakan pemasangannya yang tidak benar. Setelah Yamaha, maka “korban” selanjutnya adalah Honda.

giliran honda jadi korban ohlins

Kesalahan perakitan suspensi Ohlins, ternyata memang merembet semakin luas. Sekarang, giliran Honda yang harus melakukan perbaikan terkait masalah yang pada suspensi Ohlins. Adalah motor dengan model CBR1000RR SP, yang harus ditarik kembali untuk dilakukan perbaikan. Jadi, sekali lagi ditekankan, bahwa penarikan produk itu, memang bukan dikarenakan kesalahan dari pihak Honda, seperti juga yang terjadi pada Yamaha.

Advertisement

Menenggapi “kisruh” ini, pihak Ohlins menyatakan bahwa beberapa model suspensi yang dibuat, khususnya suspensi belakang tidak dirakit secara benar. Dimana prosedur yang dilakukan malah mengencangkan baut terlebih dahulu sebelum piston menempel sempurna dengan komponen lain. Ini membuat baut akan mudah kendor, yang menyebabkan pengendalian pada suspensi tidak bekerja sempurna, sehingga berpotensi menimbulkan celaka.

Selain YZF-R1M yang beredar di Kanada dan Australia, dipastikan akan ada banyak lagi model yang terdampak, akibat kesalahan perakitan oleh Ohlins pada tipe TTX GP, TTX RT, dan TTX36 MKII. Berbagai model motor lain juga menggunakan komponen suspensi yang sama. Namun  model-model lain itu belum mengumumkan adanya masalah suspensi. Mereka diantaranya adalah Ducati 1199 Panigale R, Ducati 1299 Panigale S, Aprilia RSV4 RF, Aprilia Tuono V4 1100 Factory, dan MV Agusta F4 R, RR, serta RC.

Di Australia, tidak disebut secara spesifik soal model yang ditarik. Namun di Jepang, disebut secara spesifik model CBR1000RR SP, yang merupakan hasil  produksi 30 Januari 2014 hingga 16 Maret 2015. Baca juga Gara-gara Ohlins, Yamaha Harus Tarik R1M dan Lone Star 2, Motor dengan Supercharger.

Top