Mengapa Sih Motor Matic Harus Pakai Oli Yang Mumpuni?

Motor Matic Harus Menggunakan Oli Yang Mumpuni – Ada banyak alasan, mengapa orang memilih motor matic sebagai tunggangannya. Bro and Sist yang berada di wilayah perkotaan yang lalu lintasnya padat, pasti akan lebih nyaman menggunakan motor jenis ini. Motor matic memiliki wheelbase yang pendek, sehingga terasa lebih lincah. Desainnya yang menggunakan dek, juga membuat kaki pengemudi jadi lebih leluasa bergerak. Maka, Bro and Sist pun tak akan mudah lelah, walauun harus berkendara cukup lama dengan motor matic.

motor matic harus menggunakan oli yang mumpuni

Namun semua ciptaan manusia, pasti punya kekurangan, dibalik berbagai kelebihannya. Begitu juga dengan motor matic. Sepeda motor berjenis skutik, memang kerap kali mengalami panas mesin berlebih atau overheat saat dipakai harian. Karena kondisi seperti itu yang terus menerus terjadi, maka motor pun jadi tidak bertenaga. Pengeluaran bahan bakar pun jadi begitu boros. Nah, untuk mengatasi kondisi motor yang seperti itu, penggunaan jenis oli yang benar, merupakan solusinya.

Advertisement

“Penyebab utama gejala ini terjadi bisa dari mulai cara perawatannya, aktivitas sehari-hari, atau cuaca panas yang ekstrim, terutama dalam pemakaian oli mesin. Oleh karena itu, gunakan oli yang sesuai spesifikasi mesin serta pakai oli yang spesialis mendinginkan mesin,” jelas Technical, Engineering & Product Development di PT Federal Karyatama, Triputranto  Priyo.

Bro and Sist sendiri pasti sudah cukup paham, bahwa oli merupakan komponen yang begitu penting bagi kinerja mesin. Salah satu fungsi utamanya adalah mendinginkan mesin. Maka, sangat klop kan dengan permasalahan overheat, yang sering terjadi pada motor, terutama motor matic?

Biasanya, penggantian oli akan dilakukan pada saat servis berkala. Nah, jangan lupa ya untuk menggunakan oli yang mumpuni. Bengkel motor resmi, biasanya memang sudah menyediakan oli khusus untuk spesies sepeda motor matic. Untuk anda yang memang lebih memilih bengkel biasa, jangan lupa juga untuk meminta jenis oli matic. Mas Sena sarankanuntuk anda pengguna motor matic, agar memilih oli yang mayoritas kerjanya diperuntukkan untuk mendinginkan mesin.

Oli khusus sepeda motor matic, akan membuat kinerja mesin matic anda menjadi lebih stabil. Dengan begitu, maka part-part dalam mesin, termasuk di dalamnya adalah silinder mesin, menjadi lebih terjaga. Silinder mesin menjadi komponen yang sangat penting, karena berfungsi untuk mempercepat pelepasan panas.  Baca juga Oli Anti Panas Federal Mobil Lubricants dan Berantas Peredaran Oli Palsu.

 

Top