Kopling Bermasalah, Harley Davidson Recall 46 Ribu Motornya

Harley Davidson Recall 46 Ribu Motornya – Baru-baru ini, pabrikan motor legendaris asal Amerika Serikat, Harley Davidson, menarik kembali beberapa produknya karena terjadi masalah di sektor koplingnya. Ini merupakan kejadian langka karena sebenarnya Harley Davidson sendiri termasuk pabrikan yang jarang me-recall produk-produk yang sudah dilepas ke pasar.

harley-davidson-recall-46-ribu-motornya

Tidak kurang sekitar 46 ribu unit sepeda motor racikan Harley Davidson telah di-recall oleh pabrikan motor legendaris tersebut. Beberapa tipe moge produksi Harley Davidson yang ditarik kembali adalah tipe-tipe yang laris di pasaran, antara lain Harley Davidson Electra Glide, Ultra Limited, Police Electra Glide, Street Glide, Road Glide, hingga Harley Davidson Road King yang diroduksi antara tahun 2014 hingga 2015.

Tipe-tipe tersebut merupakan motor-motor Harley Davidson yang sangat digemari pecinta motor gede, khusususnya di negara asal HD, Amerika Serikat. Proses recall ini adalah akibat dari ditemukannya kerusakan pada bagian kopling di salah satu unit motor Harley Davidson.

Awal mula proses recall ini adalah setelah muncul laporan dari beberapa pengguna Harley Davidson yang mengalami kecelakaan saat menunggangi moge-nya. Tercatat, ada sekitar 27 kecelakaan di jalanan yang melibatkan pengguna motor Harley Davidson. Kebanyakan kecelakaan tersebut disebabkan oleh permasalahan yang sama, yaitu kopling yang tidak berjalan maksimal. Jumlah kecelekaan tersebut juga merupakan catatan kecelakaan tertinggi yang melibatkan penunggang motor Harley Davidson.

Proses recall yang dilakukan pihak Harley Davidson sendiri sudah berlangsung sejak 23 April 2015 kemarin. Terhitung, sebanyak 46 ribu unit motor gede Harley Davidson harus “dikandangkan” ke bengkel resmi atau diler HD. Setelah melakukan beberapa pengecekan, teknisi Harley Davidson menemukan sumber masalah yang sama, yaitu koplingnya.

Pihak Harley Davidson menjelaskan bahwa, kecelakaan yang menimpa para penggunanya memang kebanyakan karena kopling yang bermasalah. Masalah kopling ini terjadi karena master silindernya yang tidak bekerja maksimal saat gigi dipindahkan posisinya.

Menurut keterangan resmi dari Harley Davidson Motor Company, permasalahan kopling ini bisa terjadi jika motor diparkir dalam waktu yang lama, dan saat digunakan kembali motor akan sulit dikendalikan ketika pengendara memindahkan gigi transmisinya. Baca juga Harley Davidson Tutup Pabrik Perakitan di Indonesia dan Harley Davidson Listrik Sambangi Asia dan Eropa.

Top