Dengan Mesin Baru, McLaren-Honda Begitu Optimis di Spanyol

Apakah Mesin Baru Akan Perbaiki Performa McLaren-Honda di Spanyol? – Belum bisa meraih hasil yang baik, memang menjadi sebuah  ironi bagi McLaren Bagaimana tidak, dua nama juara dunia F1—Fernando Alonso dan Jenson Button, tercatat dalam tim tersebut. Namun jelang seri kelima Formula One (F1) yang akan berlangsung di Sirkuit Katalunya, Spanyol, tim asal Inggris itu, mengaku pede akan mendapatkan hasil yang baik. Mesin baru yang diusung Honda untuk mobilnya, diklaim sebagai amunisi yang luar biasa, untuk menunjukkan performa yang baik.

McLaren honda dengan mesin baru di spanyol

Honda memang bakal mengenalkan mesin barunya saat berlaga Grand Prix Spanyol mendatang. Melihat amunisi-amunisi barunya, maka Jenson Button dan Fernando Alonso pun berulang kali mengagumi kendaraan baru mereka, yakni MP4-30.

“Saya pikir di Barcelona Anda akan melihat langkah yang besar, tetapi kami akan memiliki banyak hal yang akan terjadi di Monaco dengan mesin baru ini,” jelas Button, seperti dikabarkan ESPN.

“Saya berharap akan ada kemajuan, tidak hanya kekuatan mobil saja tetapi juga dengan aerodinamis mobil. Saya jelas memiliki perasaan bagus tentang ini,” pungkas Button.

separator

Bicara soal McLaren-Honda, ini merupakan  kali pertama McLaren dan Honda bekerja sama sebagai sebuah kesatuan dalam tim sejak era 1988-1992 silam. Sebagai catatan, McLaren Honda berhasil meraih empat gelar juara dunia konstruktor (1988-1991), dan total 45 kemenangan pada periode tahun 1988-1992. Musim balap tahun 1988 merupakan musim tersukses McLaren Honda dimana McLaren Honda berhasil meraih 15 kemenangan dari 16 balapan dalam satu musim.

Sementara mesin MP4-30 yang merupakan kolaborasi McLaren-Honda,  menggunakan mesin enam silinder (V6) berkapasitas 1,6 liter yang diberi nama Honda RA615H. Menyoal desain, mobil balap tersebut memadukan warna dasar hitam dan perak dibalut dengan aksen berwarna merah. Mesin tersebut dilengkapi dengan  turbo charger, serta teknologi kinetic and thermal energy recovery systems (ERS-K) sesuai dengan regulasi balap yang ditetapkan oleh FIA.

McLaren-Honda memang sedang sangat berjuang untuk mengembangkan mesin agar dapat bersaing dengan konstruktor lainnya. Hal tersebut dilakukan mengingat dua pembalapnya yang belum bisa “bersuara” banyak di F1 2015 hingga saat ini. Saat ini Jenson Button terdampar di posisi 17, sementara Alonso satu strip diatasnya. Pertanyaannya, apakah mesin baru akan perbaiki performa Honda di Spanyol? Baca juga Lewis Hamilton Kembali ke Jalur Juara dan Honda Kembali ke Ajang F1.

 

Top