Mengenal Grip Motor Lebih Jauh

Mengenal Grip Motor Dan Permasalahannya – Nyatanya, memang tidak semua pemilik motor mengerti seluk- beluk tunggangannya. Biasanya, pemilik motor (biasanya kaum hawa), tidak begitu ngeh dengan komponen-kompomem yang ada pada tunggangannya. Nah, kali ini mas Sena bakal memperkenalkan anda lebih jauh dengan salah satu komponen yang ada di stang motor, benama grip atau tali gas. Sepenting apa komponen ini dan apa masalah yang sering terjadi padanya? Yuk Ikuti penjelasan mas Sena berikut ini.

mengenal lebih jauh grip motor

Stang dan grip menyatu dalam satu tempat. Fungsi utamanya adalah untuk mengendalikan motor. Selain itu bsangat bermanfaat juga untuk menjaga kestabilan motor dan mengatur kecepatan. Sebuah komponen, pasti juga memiliki permasalahan yang sering terjadi kan? Nah, untuk yang satu ini, problem utamanya adalah grip atau tali gas yang tidak balik ke posisi normal alias menyangkut. Ini memang  kerap dialami oleh para pengendara sepeda motor. Umumnya terjadi pada motor dengan usia pakai lama, baik sport, bebek (moped), ataupun skutik. Jadi, salah kaprah jika masalah tersebut hanya merupakan problem pada motor sport.

“Semua jenis motor bisa mengalami hal ini. Jadi tidak tepat kalau cuma dibilang hanya di motor sport saja,” ujar Andri Irwan, dari bengkel Chemonk Modified. Lantas, apa yang menyebabkan  grip sering menyangkut?

Advertisement

Kebersihan merupakan faktor utama, yang membuat grip motor menyangkut. Jika kondisinya kotor, maka kadang tidak mau kembali ke posisi semula. Biasanya, ini terjadi pada motor yang jarang dirawat atau diservis rutin. Bagian dalam kabel gas sering terkena air sehingga perlahan mengalami korosi atau karat.

Selain kabel gas yang kotor, biasanya penyebab lain adalah pemasangan grip gas tidak sesuai standar. Hal tersebut menyebabkan performa  gas menjadi  tidak normal.

“Kalau sudah dilihat dan dibersihkan kabel gasnya, memasangnya juga harus benar. Kalau pasangnya tidak tepat, itu juga bisa bikin nyangkut dan tidak balik,” lanjut Andri. Setelah mengetahui penyebab grip motor nyangkut, maka pertanyaan selanjutnya adalah, solusi seperti apa yang bisa kita lakukan? Ternyata kita harus mematikan mesin motor, untuk diteruskan dengan tahapan selanjutnya.

“Untuk motor sport, langsung pakai engine cut off. Motor lain cabut kunci kontak atau cara apa pun yang penting mesinnya mati. Setelah itu coba puntir grip gasnya, kalau sudah normal nyalakan lagi mesin dan gas jangan diputar sampai habis, pelan-pelan saja. Kalau belum normal, harus dicek ke bengkel terdekat,” pungkasnya. Bagaimana, bro and Sist jadi lebih tau kan? Maka jika sewaktu-waktu mengalami grip nyangkut, anda bisa berbuat sesuatu. Baca juga Motor Matic Harus Menggunakan Oli Yang Mumpuni dan Harley Davidson Recall 46 Ribu Motornya.

 

Top