Jangan Salah, Tutup Pentil Pada Ban Itu Penting Lho

Pentingnya Tutup Pentil Pada Ban – Apapun jenisnya, kendaraan merupakan sebuah kesatuan sistem. Artinya, semua bagian penting, karena memiliki tugas dan fungsinya masing-masing. Semuanya saling menunjang. Maka, anda yang aktif berkendara, tak boleh sedikitpun meremehkan bagian apapun dari kendaraan anda. Sekalipun bagian tersebut hanya berupa komponen kecil. Contohnya saja tutup pentil pada ban kendaraan. Kecil sih, tapi ternyata bagian yang satu ini merupakan bagian penting. Sepenting apa?

tutup pentil pada ban itu penting lho

Saking kecilnya komponen tutup pentil pada ban, bagian tersebut sangat sering diremehkan. Bahkan tak jarang, pengendara nekat tetap berkendara meski pentil tidak ditutup rapat. Jangan salah, hal tersebut bisa menyebabkan ban kendaraan anda rusak lho. Padahal seperti yang kita ketahui bersama, “kesehatan” ban merupakan salah satu bagian penting dalam berkendara. Nah, jika anda tetap nekat berkendara dengan ban yang tidak dipasang tutup pentilnya, maka akan berpengaruh pada keamanan dan kenyamanan berkendara. Demikian disampaikan oleh Sales Training Manager PT Goodyear Indonesia Tbk, Andry Adam.

Ternyata, tutup pentil pada ban, bukanlah sekedar penutup  katup yang mengatur masuknya tekanan angin pada ban saat pengisian. Saat ini ada beragam materi yang digunakan. Bahkan modofikasi pada tutup pentil ban kendaraan pun, saat ini banyak dilakukan. Soal yang satu itu, konsumen bebas memilih. Tapi  pada intinya, tutup pentil harus terpasang dengan baik pada ban. Tutup pentil biasanya memiliki klep karet. Nah, bagian itulah yang membantu anda untuk  memberikan pelindung sekunder, agar bisa mencegah angin keluar.

“Karet ini berfungsi untuk mencegah angin keluar. Lalu bayangkan jika tutup pentik tidak terpasang, bukan hanya angin yang bakal keluar. Kotoran pun akan masuk kedalam lubang pentil dan bisa berkerak,” ujar Andry. Lebih dari itu, akan ada akibat berkelanjutan yang dialami oleh ban mobil anda.

separator

“Dan saat ban kurang angin dan pengendara melakukan pengisian tekanan angin kembali. Akan kemana kotoran itu? Iya betul sekali, kotoran akan masuk kedalam ban. Dan ini bisa membuat ban menjadi tidak awet,” katanya. Andry Adam juga menegaskan bahwa tutup pentil juga bisa berperan untuk menjaga hawa lembab yang masuk kedalam ban. Baca juga Kopling Sepeda Motor Selip dan Mengenal Grip Motor Dan Permasalahannya.

Top