Tips Mengendarai Motor Saat Banjir dan Hujan

Musim hujan merupakan perubahan cuaca dari panas ke hujan, kejadian ini membuat pengendara motor kesulitan saat berkendara. Turunnya hujan membuat jalan raya basah dan sering terjadinya banjir, yang tentunya hal ini menjadi masalah tersendiri bagi pengguna sepeda motor. Saat terjadi hujan atau banjir membuat sepeda motor tidak beroprasi seperti biasanya, sehingga sering kali terjadi mogok dan masalah lainnya. Genangan air biasanya sering mengakibatkan kecelakaan, sering terjadi kecelakaan saat jalanan licin karena sepeda motor sulit untuk dikendalikan saat terjadi hujan.

Tips berkendara saat banjir dan hujan

copy kompas

Advertisement

Berita terkini kini tentang cuaca adalah hal penting bagi Anda pengendara sepeda motor untuk mengantisipasi terjadinya hujan dan banjir. Jika cuaca akan hujan sebaiknya tidak keluar rumah apalagi membawa motor, berbahaya untuk kesehatan Anda dan mengurangi umur sepeda motor. Namun jika Anda mempunyai urusan yang sangat penting dan tidak bisa ditinggalkan tentunya masalah tersebut akan Anda lewati, tetapi kami akan memberi tips bagi anda yang ingin berkendara saat terjadi banjir dan hujan. Berikut ini merupakan cara dan tips Mengendarai motor saat hujan dan banjir.

Cara dan Tips Mengendarai Motor Saat Banjir dan Hujan

  1. Jika terjadi hujan yang sangat deras dan mengakibatkan banjir yang sangat tinggi, jangan berfikir untuk melewatinya karena air genangan banjir dapat merusak kelistrikan motor Anda sehingga mengakibatkan sepeda motor anda mati atau mogok. Untuk mengatasi hal ini kami sarankan untuk memilih jalan lainnya atau berhenti sebentar sampai air mulai menyusut.
  2. Memberi sealent pada chop atau tutup busi agar busi terhindar dari air, hal ini bertujuan untuk menghidari busi terkena air yang dapat mengakibatkan motor akan susah dihidupkan.
  3. Mengondisikan laju sepeda motor Anda, jangan terlalu kencang saat melintasi daerah banjir yang cukup tinggi karena sangat berbahaya. Jangan lupa gunakan bantuan rem untuk menyelaraskan kecepatan dan keseimbangan motor.
  4. Mencuci motor dengan air bersih, karena air hujan engandung asam yang bisa menyebabkan karat pada besi dan pudar pada warna bodi motor Anda. Menyiram dan membersihkan bagian rem, karena terjadinya hujan membuat rem kotor sehingga tidak berfungsi maksimal.
  5. Memberi pelumas pada rantai motor Anda secara teratur, minimal seminggu sekali yang bertujuan untuk untuk melindungi rantai dari karat dan menjaga rantai tetap dinamis, sehingga rantai Otolovers bisa lebih awet.

Itulah sedikit tips yang bisa kami berikan pada Anda pengendara motor yang bertujuan untuk mengatasi banjir dan hujan saat mengendarai motor. Tips lainnya yaitu memeriksa piranti kelistrikan motor sobat agar motor Anda tetap prima, serta jangan lupa untuk selalu merawat speedometer, karena prinati tersebut rawan rusak dimusim penghujan. Kunjungi juga artikel kami lainnya yang menyediakan berita otomotif terbaru, info otomotif, harga mobil, harga motor dan kumpulan tips otomotif. Terimakasih untuk kujungan Anda semoga pertemuan kali ini bermanfaat, tetunya bagi Anda pengendara motor.

Top