Apa Sih Bahan Bakar Yang Pas Buat Supercar?

Patokan Bahan Bakar Supercar Dari Porsche –  Saat ini,  begitu banyak jenis mobil yang bisa dipilih untuk konsumen. Masing-masing pun memiliki spesifikasi dan standar mesin sendiri. Berbeda tipe, biasanya akan berbeda juga standar yang diberlakukan. Termasuk di dalamnya adalah standar bahan bakar yang digunakan. Nah, kali ini mas Sena bakal mengajak anda untuk menengok jenis mobil-mobil kelas atas—supercar. Kira-kira, bahan bakar dengan standar seperti apa, yang digunakan pada mobil tersebut? Jika melihat labelnya sebagai mobil super, rasanya sudah terbayang kalau bahan bakar yang digunakan bukanlah bahan bakar sembarangan.

bahan bakar yang pas untuk supercar

Saat ini, supercar sekelas Porsche misalnya, sudah banyak bersliweran di jalanan Indonesia. Pemiliknya pun pasti bukan orang yang main-main. Kalau kita bicara soal bahan bakar supercar, dalam keadaan darurat sangat mungkin untuk mengisi supercar dengan bahan bakar yang standar. Nah, untuk mengetahui standar seperti apa yang tetap harus dipenuhi, pabrikan supercar—Porsche punya bocoran patokannya.

Lukas Lukasiewicz, After Sales Manager Porsche Indonesia, menjelaskan bahwa supercar membutuhkan bahan bakar standar dengan kadar oktan yang cukup tinggi. Maka ia merekomendasikan, yang seharusnya diterapkan konsumen Porsche adalah menggunakan bahan bakar dengan angka RON 95 hingga 98.

Advertisement

”Tentu lebih tinggi angka RON-nya lebih baik. Bahkan di Jerman banyak yang menggunakan bahan bakar RON 100. Seperti Anda tahu, teknologi mesin Porsche sangat tinggi, bahkan standar emisi bisa mencapai EURO5 sampai EURO6. Performa maksimal akan semakin mudah didapat,” jelas Lukas.

Namun seperti yang sudah mas Sena sampaikan tadi, ada kondisi-kondisi darurat, dimana supercar mau tidak mau harus mengkonsumsi bahan bakar yang “tidak seharusnya”. Untuk yang satu ini, batas toleransinya adalah bahan bakar RON atau kandungan oktan minimal 90. Untuk mobil Porsche, itulah standar paling jeleknya.

Kalau kita bicara soal bahan bakar, saat ini Indonesia sedang bersiap untuk memberlakukan penggunaan BBM jenis Pertalite. Seperti kita ketahui bersama, BBM jenis Premium akan segera dihapuskan. Menilik kualitasnya, Pertalite memiliki RON 90. Maka dengan kata lain, dalam keadaan darurat, Pertalite bisa
diminum oleh mobil-mobil Porsche. Namun, memang ada konsekuensi yang harus ditanggung.

”Masih bisa ditoleransi RON 90, namun dengan konsekuensi, performa akan berkurang sekitar 20 persen, dalam hal ini horse power,” tegas Lukas. Baca juga Lotus dan Proton Siapkan Penantang Porsche Macan dan Mobil Supersonic Bloodhound Berkecepatan 1600 Km/jam.

Top