Triumph Kenalkan Motor Petualang Baru Turunan Tiger 800

Triumph Kenalkan Generasi Penerus Tiger 800 – Setelah kedapatan menguji coba prototipe Bonneville edisi terbaru, ternyata jagoan baru Triumph yang dikenalkan kepada publik otomotif dunia bukanlah New Bonneville tersebut. Produk terbaru yang tirai penutupnya dibuka oleh produsen sepeda motor premium asal Inggris itu ternyata adalah generasi baru motor petualang yang merupakan turunan dari Triumph Tiger 800.

Triumph-kenalkan-generasi-penerus-tiger-800

Kabar mengenai sepeda motor terbaru racikan Triumph memang membuat publik pecinta otomotif menjadi penasaran. Kini, rasa penasaran tersebut mulai menghilang setelah sedikit demi sedikit Triumph membuka selubung penutup dari dua turunan dari Tiger 800 yang merupakan motor tipe petualang. Kedua motor baru produksi Triumph tersebut adalah Triumph XRT dan XCA.

Advertisement

Triumph XRT merupakan motor adventure yang menyerupai XRc, namun memiliki sasis lebih tinggi dan rangka yang terlihat lebih kokoh. Sementara itu, Triumph XCA adalah adventure motorcycle yang memiliki desain hampir mirip dengan XCx. Sektor yang membedakan Triumph XCA dengan XCx adalah penyematan lebih banyak piranti off-road dan on-road pada XCA guna membantu pengendaranya.

Sedangkan untuk XRT dan XCA, Triumph menempatkan beberapa komponen dan fitur yang hampir sama. Antara lain, alternator berkapasitas mencapai 650 watt yang akan membuat kedua motor ini sanggup menopang piranti elktronik yang cukup banyak pada setang dan joknya. Selain itu, Triumph juga memasangi kedua motor adventure barunya dengan lampu kabut LED yang terletak di sektor depan. Kemudian, ada juga sumber listrik tambahan yang bisa digunakan untuk memanaskan pakaian.

Namun, meski Triumph menyematkan bebrapa fitur dan komponen yang sama pada XRT dan XCA, tetap ada perbedaan antara keduanya. Pada Triumph XRT, ada sebuah indikator untuk memberikan informasi mengenai ukuran tekanan angin, komponen rem khusus, serta ada pelindung bagian radiator yang terbuat dari bahan aluminium. Sementara XCA ada tambahan berupa pijakan kaki khusus dan tiga soket sumber listrik tambahan.

Sebagai kendaraan khusus adventure, Triumph XRT dan XCA sudah delingkapi dengan piranti GPS. Jadi, kedua motor baru racikan Triumph ini memang benar-benar dihadirkan bagi mereka yang gemar melakukan petualangan, termasuk ke tempat-tempat yang ekstrim.

Meski sudah mulai dikenalkan ke publik, Triumph sendiri belum membocorkan banderol harga pada tipe XRT dan XCA. Beberapa sumber mengatakan bahwa harga XRT dan XCA akan berada pada kisaran lebih dari 9000 poundsterling, atau lebih dari Rp. 190 juta. Baca juga Triumph Lakukan Test Ride pada Bonneville Terbaru dan Penjualan Moge Sangat Positif Bikin Bos Triumph Terdaftar Orang Terkaya.

Top