Spesifikasi dan Harga Yamaha Vixion 2015

Advertisement

Spesifikasi dan Harga Yamaha Vixion 2015 – Mengawali tahun 2015, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing atau PT YIMM mulai menunjukkan agresivitasnya di pasar otomotif Tanah Air. Tercatat, beberapa produk baru telah melengkapi deretan motor baru racikan Yamaha. Di segmen bebek sport, pecinta otomotif Indonesia baru saja dimanjakan dengan kehadiran Yamaha Jupiter MX King yang menjadi idola baru bebek 150 cc. Kini, setelah Yamaha Jupiter MX King sukses mendobrak dominasi Suzuki Satria F150 di kelas bebek sport, PT YIMM kembali memperkenalkan unit motor baru di kelas sport low-entry 150 cc. Produk baru pabrikan Garpu Tala tersebut adalah Yamaha Vixion 2015 yang merupakan versi facelift dari Yamaha New Vixion Lightning. Tampil dengan desain bodi lebih segar dan agresif, Yamaha Vixion 2015 diprediksi akan melanjutkan kejayaan Yamaha sebagai penguasa segmen motor sport kelas pemula di Indonesia. Secara umum, Yamaha Vixion 2015 memang tak mengalami perubahan signifikan di sektor mekanis. Meski, dapur pacunya sama, Yamaha mencoba menawarkan suasana baru kepada penggemar Vixion melalui Yamaha Vixion 2015 yang nampak lebih macho dan sporty ini.

yamaha vixion

PT YIMM sendiri merilis Yamaha Vixion 2015 secara resmi pada akhir Mei 2015 kemarin. Sempat beredar foto-foto versi snapshot-nya, akhirnya kini para pecinta kuda besi Tanah Air benar-benar sudah bisa melihat penampakan asli Yamaha Vixion 2015 ini. Sekilas, versi facelift dari NVL ini memang nampak lebih sporty dengan desain headlamp baru serta adanya cover engine yang menutupi blok mesinnya. Selain itu, Yamaha Vixion 2015 juga memiliki bentuk tail yang lebih enak dipandang jika dibandingkan dengan Vixion generasi lama. Spatboard pada Vixion 2015 ini lebih kecil dan semkin menguatkan aroma sporty yang dibawanya. Jika pada tampilan luar Yamaha memberikan sentuhan-sentuhan baru yang membuat Yamaha Vixion 2015 lebih terlihat sporty, tak demikian halnya dengan sektor dapur pacu. Pabrikan asal Jepang tersebut tetap mengandalkan mesin SOHC 4-valve berkapasitas 149,8 cc dengan pendingin cairan. Mesin yang digunakan oleh Yamaha pada motor sport kelas pemula ini sudah terbukti tangguh karena mampu merajai kelas low-entry motor sport di jalanan Indonesia. Nah, bagaimana? Sudah tak sabar ingin membedah jagoan baru Yamaha ini? Tenang, Brosis! Mas Sena sudah menyiapkan ulasan lengkap spesifikasi dan harga Yamaha Vixion 2015 pada segmen di bawah ini.

motor yamaha vixion

Spesifikasi Yamaha Vixion 2015

Desain Lebih Agresif dan Semakin Sporty

Kita awali pembahasan spesifikasi Yamaha Vixion 2015 dari tampilan luarnya. Sebagai versi facelift, Vixion 2015 memang tak banyak membawa perubahan yang signifikan. Tampil di kelas low-end motor sport, Yamaha Vixion 2015 ini punya penampilan layaknya motor gede ber-cc besar. Tetap mengandalkan desain tangki ala superbike, Vixion versi facelift kali ini benar-benar tampil dengan aura yang semakin sporty. Selain mempertahankan bentuk tangki futuristik tersebut, tampilan seluruh bodi Yamaha Vixion 2015 ini memang terlihat lebih ‘segar’ dan agresif. Dari depan, tampang Vixion 2015 terlihat lebih sporty berkat penggunaan desain headlamp dan visor baru. Yamaha menambakan aksen ‘topeng’ pada lampu depan Yamaha Vixion 2015 ini. Selain itu, evolusi Yamaha Vixion versi facelift ini juga terlihat pada penggunaan under cover yang menutupi blok mesin bagian bawahnya. Penggunaan under cover pada Vixion 2015 ini membuatnya terlihat seperti moge-moge lansiran Yamaha. Perubahan spesifikasi Yamaha Vixion 2015 di sektor tampilan luar juga terjadi di sektor buritan. Kali ini Yamaha menyematkan spatboard baru yang memiliki bentuk lebih kecil dari sebelumnya.

Dapur Pacu Kencang Andalkan Mesin SOHC 4 Valve Fuel Injection

Selanjutnya, kita akan membahas spesifikasi Yamaha Vixion 2015 di sektor dapur pacu. Di sektor ini, Yamaha tak banyak melakukan perubahan. Mesin yang ditanamkan Yamaha pada Vixion 2015 masih sama dengan jenis mesin pada New Vixion Lightning versi lama. Sektor dapur pacu Yamaha Vixion 2015 tetap mengandalkan mesin SOHC 4 valve Fuel Injection berkapasitas 149,8 cc. Mesin yang dilengkapi dengan pendingin cairan itu mampu menyemburkan tenaga maksimum mencapai 16.59 PS pada putaran mesin 8.500 rpm. Selain bertenaga, mesin Yamaha Vixion 2015 ini juga sangat kencang karena memiliki torsi maksimum mencapai 14.5 Nm pada putaran mesin 7.500 rpm. Dari luar, mesin New Vixion 2015 ini juga tampil lebih elegan karena menggunakan crank case atau box mesin berwarna emas. Sama dengan NVL versi lama, spesifikasi Yamaha Vixion 2015 pada sektor mesin juga sudah bersertifikat Euro 3 yang berarti Vixion 2015 ini merupakan kendaraan ramah lingkungan karena emisi gas buangnya telah sesuai standar.

spesifikasi yamaha vixion

Speedometer Digital yang Futuristik dan Memudahkan Pengendara

Setelah membedah sektor mesinnya, sekarang kita akan melihat spesifikasi Yamaha Vixion 2015 di bagian kontrol kemudi. Meski hanya ditempatkan di segmen motor sport kelas pemula, Yamaha Vixion 2015 tetap dibekali teknologi canggih yang memudahkan pengendaranya. Pada sektor kontrol kemudinya, Yamaha menyematkan High Tech Speedometer dengan dukungan teknologi digital interaktif. Selain panel speedometer berteknologi tinggi tersebut, Yamaha Vixion 2015 juga dibekali dengan analog tachometer yang akan memudahkan rider-nya guna mengontrol kondisi mesin saat melaju dalam kecepatan tinggi. Di luar panel speedometer dan tachometer, spesifikasi Yamaha Vixion 2015 di bagian kontrol kemudi juga dilengkapi dengan indikator suhu, penunjuk posisi gigi persneling, serta indikator lampu utama dan lampu sein.

Dimensi Ergonomis dengan Rangka Deltabox yang Kokoh

Selama ini, Yamaha Vxion memang dikenal sebagai motor sport kelas pemula yang memiliki tampilan ‘balap abis’. Kali ini, Yamaha Vixion 2015 tetap mempertahankan penampilan khas Vixion tersebut. Sama dengan Vixion Lightning versi lama, versi Vixion facelift masih menggunakan rangka Deltabox yang memunculkan tampilan gagah dan sporty. Selain itu, dimensi Yamaha Vixion 2015 yang berukuran 2.010 x 705 x 1.030 mm dengan jarak sumbu roda mencapai 1.300 mm akan membuat motor ini mampu berakselerasi sempurna dalam kecepatan tinggi sekalipun. Dengan tinggi jok mencapai 790 mm, sekilas ‘tongkrongan’ Yamaha Vixion 2015 ini memang terlihat lebih tinggi jika dibandingkan dengan produk kompetitor Yamaha di kelas yang sama. Namun, meski spesifikasi Yamaha Vixion 2015 terlihat agak besar dan tinggi, justru itulah yang akan memberikan kestabilan dan kenyamanan saat motor ini melaju dengan kecepatan tinggi.

spesifikasi motor yamaha vixion

Kaki-kaki Gagah dengan Kombinasi Suspensi Depan Teleskopik dan Belakang Monocross

Selain dimensi dan rangka yang kokoh, spesifikasi Yamaha Vixion 2015 di sektor kaki-kaki juga tak kalah gagahnya. Untuk memberikan kenyamanan pada pengendara dan pembonceng, Yamaha menyematkan suspensi teleskopik di sektor depan Yamaha Vixion 2015 ini. Sementara itu, untuk menopang bodi Yamaha Vixion 2015 yang lumayan berat, Yamaha menerapkan teknologi monocross di sektor suspensi belakangnya. Pengendara dan pembonceng Yamaha Vixion 2015 dipastikan semakin nyaman saat berkendara jarak jauh karena Yamaha mendesain jok Vixion 2015 dengan bentuk bertingkat yang elegan dan ekstra nyaman. Selain suspensi kokoh dan jok ekstra nyaman tadi, spesifikasi Yamaha Vixion 2015 di sektor kaki-kaki juga didukung dengan velg 17 inci yang dibalut dengan ban depan berukuran 90/80-17M/C 46P dan juga ban belakang 120/70-17M/ C 58P yang akan menghasilkan handle mantap saat menikung dan berakselerasi pada kecepatan tinggi.

Fitur Lengkap Berteknologi Tinggi

Terakhir, kita akan membahas spesifikasi Yamaha Vixion 2015 di bagian fitur-fitur pelengkapnya. Untuk fitur keamanan, Yamaha menggunakan teknologi double key shuttler pada Yamaha Vixion 2015 ini. Fitur pengunci kendaraan tersebut akan membuat pemilik Vixion bisa tenang saat meninggalkan kendaraannya di tempat-tempat umum. Selain itu, Yamaha Vixion 2015 juga dibekali dengan velg racing R15 Concept yang akan memberikan akselerasi mantap dan putaran ban sempurna. Untuk fitur pengeremannya, spesifikasi Yamaha Vixion 2015 ini dilengkapi dengan teknologi single disc brake dengan cakram hidrolik pada rem belakang yang akan memberikan keamanan ekstra saat motor ini direm secara mendadak.

Yamaha Vixion 2015

Mesin
Tipe 4-stroke, 4 valve SOHC Fuel Injection, liquid cooled
Silinder Silinder tunggal/tegak
Kapasitas 149,8 cc
Diameter x Langkah 57.0 mm x 58.7 mm
Perbandingan kompresi 10.4 : 1
Daya Maksimum 12.2 kW (16,59 PS)/8.500 rpm
Torsi Maksimum 14.5 Nm (1.48 kgf-m)/7.500 rpm
Sistem Starter Elektrik & Kick starter
Sistem Pelumasan Basah
Sistem Suplai BBM Fuel Injection
Kapasitas Oli Mesin Total = 1.15 L
Berkala = 0.95 L
Ganti filter oli = 1 L
Tipe Kopling Basah, kopling manual, multiplat
Tipe Transmisi Return 5-speed (1-N-2-3-4-5)
Dimensi
Panjang x Lebar x Tinggi 1.925 x 705 x 1.030 mm
Jarak Sumbu Roda 1.300 mm
Jarak Terendah ke Tanah 165 mm
Tinggi Tempat Duduk 790 mm
Berat Isi 129 kg
Kapasitas Tangki Bensin 12 L
Rangka
Tipe Diamond, Pressed backbone (Deltabox)
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Lengan ayun, link suspensi monocross
Ban Depan 90/80-17M/C 46P
Ban Belakang 120/70-17M/ C 58P
Rem Depan Cakram hidrolik, single disc brake
Rem Belakang Cakram hidrolik, single disc brake
Kelistrikan
Sistem Pengapian TCI / Transistorized Control Engine (Digital)
Baterai YTZ4V/GTZ4V (MF Battery 3Ah)
Tipe Busi CR8E (NGK) / U24ESR (DENSO)

Harga Yamaha Vixion 2015

Itulah tadi ulasan spesifikasi Vixion versi facelift dari Mas Sena. Sekarang, kita akan membahas kisaran harga Yamaha Vixion 2015 yang sudah resmi dipasarkan pada awal Juni 2015 ini. Tampil sebagai generasi ketiga dari Yamaha Vixion, motor baru Yamaha ini tetap menjaga reputasinya sebagai ‘raja’ motor sport kelas pemula di Indonesia. Mengusung desain bodi baru, Yamaha Vixion 2015 memang tampak lebih sporty dari versi lamanya. Dengan bentuk headlamp dan tail baru serta penggunaan under cover yang menutupi bagian bawah mesinnya, Vixion 2015 ini memang benar-benar terlihat semakin gagah. Meski mengusung desain dan konsep bodi baru, kisaran harga Yamaha Vixion 2015 ini ternyata tak berbeda jauh dengan harga Yamaha Vixion Lightining versi lama. Kisaran harga Yamaha Vixion 2015 juga tak terpaut jauh dengan harga NVL generasi lama karena mesinnya memang masih satu gen.

harga yamaha vixion

Sesuai dengan rilis resmi PT YIMM pada awal bulan kemarin, harga Yamaha Vixion 2015 ini berada pada level Rp 23.550.000 untuk harga OTR Jakarta dan sekitarnya. Jika dibandingkan dengan NVL versi lama, harga Yamaha Vixion 2015 ini juga tak berselisih banyak. Selain itu, banderol harga yang disematkan pada Vixion 2015 juga tak berbeda jauh dengan harga kompetitornya, seperti Honda CB150R Streetfire. Meski antara Vixion dan CB150R mengusung teknologi mesin yang berbeda, namun Yamaha Vixion 2015 ini sedikit lebih unggul jarena desain bodinya yang lebih sporty, tentunya mesin yang sedikit lebih kencang jika dibandingkan dengan produk lansiran Honda tersebut. Selain versi standar, Yamaha juga menghadirkan Vixion 2015 dengan livery MotoGP ala Tim Movistar Yamaha. Harga Yamaha Vixion 2015 versi MotoGP tersebut sedikit lebih mahal dari versi standarnya, yaitu Rp 23.700.000.

harga yamaha vixion terbaru

Harga Yamaha Vixion 2015

Tipe Harga
Yamaha Vixion 2015 Standar Rp 23.550.000
Yamaha Vixion 2015 MotoGP Movistar Team Rp 23.700.000

Awal bulan Juni 2015 ini memang menjadi ‘bulannya’ Yamaha. Seperti diketahui, kemunculan Vixion 2015 ini juga tak berbeda jauh dengan waktu perilisan Yamaha Jupiter MX King serta moge Yamaha MT-25. Dengan harga Yamaha Vixion 2015 yang tak berbeda jauh dengan harga NVL versi lama, Mas Sena memprediksi bahwa motor baru Yamaha ini akan melanjutkan kejayaan Yamaha di kelas entry-level motor sport di Indonesia. Sempat ‘diganggu’ oleh kehadiran Honda CB150R Streetfire di kelas sport 150 cc, namun rasanya Yamaha Vixion 2015 ini akan sedikit lebih unggul jika dibandingkan dengan produk lansiran Honda tersebut. Mengusung teknologi mesin berbeda, namun dengan harga Yamaha Vixion 2015 dan Honda CB150R Streetfire yang tak berbeda jauh pastinya akan menghadirkan opsi beragama bagi pecinta motor sport kelas pemula di Tanah Air. Nah, jika Brosis sudah menentukan pilihan pada New Vixion Lightning 2015 ini, pastinya kisaran harga Yamaha Vixion 2015 di atas tadi tak akan menjadi masalah karena Brosis akan mendapatkan sebuah unit motor sport kelas pemula namun memiliki aura layaknya motor sport kelas premium. Baca juga Harga Yamaha R15 dan Honda CB150R.

Advertisement
Top