Wow…! Alarm Ini Bunyi Saat Pengemudi Mengantuk

Alarm Ini Berbunyi Saat Sopir Mengantuk – Keamanan memang menjadi faktor utama, ketika seseorang berkendara. Tapi, jika kita bicara soal keamanan berkendara, ada banyak sekali faktor yang menentukannya. Tak hanya sekedar faktor pengendara saja, namun keadaan lingkungan pun sangat berpengaruh. Namun memang tidak bisa dipungkiri, bahwa pengemudi atau sopir, menjadi faktor utama yang saat ini menyebabkan banyak terjadi kecelakaan. Biasanya, para pengemudi, memaksakan kondisi untuk tetap memegang kendali kendaraan. Padahal kondisi kelelahan atau ngantuk, sangat mungkin menyebabkan kecelakaan.

Alarm Ini Bunyi Saat Pengemudi Mengantuk

Kadang, kita memang dihadapkan pada sebuah pilihan yang berat. Misalnya saja harus mengemudi di jam-jam ngantuk. Padahal mengemudi terlalu pagi atau malam, kelelahan, atau kombinasi keduanya adalah beberapa sebab seseorang tertidur di balik kemudi. Tapi teknologi ternyata selalu punya cara untuk mengatasi keresahan hidup. Untuk mengatasi pengendara yang tertidur di balik kemudi mobil, beberapa perusahaan mulai mengembangkan alat berupa alarm yang dapat mengantisipasi seseorang tertidur. Sebagian besar konsepnya adalah membangunkan pengemudi jika ia diindikasikan tertidur.

Advertisement

Salah satu teknologi tersebut dikembangkan oleh Harken, sebuah konsorsium teknologi Eropa. Konsorsium tersebut sedang mengembangkan prototipe alarm otomatis yang menyala saat pengemudi mengantuk. Jadi, alih-alih mengagetkan, alarm ini bakal membantu anda “on” kembali saat menyetir. Canggih kan? Lalu, bagaimana alat tersebut bisa mengetahui pengemudinya ngantuk ya?

Untuk mengetahui pengemudi tertidur atau bahkan baru mengantuk, alat ini menggunakan sensor yang dapat memantau detak jantung dan pernafasan pengemudi.

“Irama denyut jantung adalah indikator yang baik untuk memantau konsentrasi dan tingkat terjaga,” kata seorang peneliti ari konsorsium teknologi Harken.

Sejauh ini, konsorsium itu telah menyelesaikan alrm canggih besutannya itu. Menurut Harken, alat ini telah diuji cobakan para beberapa staf internal mereka dengan hasil yang baik. Ke depan, teknologi ini juga akan diuji cobakan ke masyarakat luas. Harken berharap, jika teknologi ini berhasil, sejumlah nyawa bisa diselamatkan dari kecelakaan, akibat kantuk. Baca juga Fitur Keselamatan Pada Mobil dan Pelajaran Safety Untuk Pengemudi Truk dan Bus.

 

 

Top