Mobil Tanpa Sopir Google Alami 11 Kecelakaan

Mobil Tanpa Sopir Buatan Google Alami 11 Kecelakaan – Mobil tanpa awak buatan perusahaan teknologi Google sukses menjalani perjalanan sejauh 2,7 juta kilometer. Meski mampu berjalan hingga jutaan kilometer untuk mengumpulkan informasi dan menguji kinerjanya, namun mobil mungil tanpa pengemudi itu ternyata juga mengalami sejumlah kecelakaan saat melaju di jalanan umum.

mobil-tanpa-sopir-buatan-google-alami-11-kecelakaan

Setelah sukses menempuh perjalanan dalam rangka pengujiannya, Google sebagai perancang mobil tanpa awak tersebut akhirnya membagi informasi mengenai penyebab kecelakaan yang menimpa mobil pintar buatannya. Beberapa waktu yang lalu Google telah mengungkap data-data kecelakaan yang dialami oleh mobil tanpa sopir yang mereka sebut dengan self-driving car tersebut.

Advertisement

Pemimpin proyek mobil tanpa sopir Google, yaitu Chris Umson menyatakan bahwa kecelakaan yang menimpa mobil pintar Google tersebut bukan disebabkan oleh mobil itu sendiri. Lebih lanjut, Umson membeberkan bahwa kecelakaan yang menimpa mobil buatan Google itu kebanyakan disebabkan oleh keadaan di sekitar mobil, termasuk kondisi jalan dan juga lingkungan yang dilaluinya.

Dalam laman resmi perusahaan, mobil tanpa awak buatan Google tersebut telah menempuh jutaan kilometer selama kurang lebih 6 tahun. Dalam jarak tempuh selama 6 tahun tersebut, mobil mungil racikan Google tersebut telah mengalami sekitar 11 kali kecelakaan yang berakibat kerusakan ringan pada tubuh dan mesinnya.

Pada September 2014 kemarin, mobil tanpa sopir buatan Google tersebut mengalami kecelakaan sebanyak tiga kali yang terjadi di negara bagian California. Data ini diungkapkan Google kepada regulator transportasi setempat guna mendapatkan ijin uji coba mobil tanpa sopir di jalan raya.

Dari total 11 kecelakaan yang terjadi, tiga diantaranya dialami mobil tanpa pengemudi tersebut saat dalam keadaan berhenti. Sementara delapan kecelakaan lainnya dialami mobil itu ketika melaju di jalan perkotaan.

Chris Umson juga menyatakan bahwa sampai saat ini Google telah memiliki ptrototipe mobil tanpa sopir sebanyak 20 unit. Keduapuluh unit mobil self-driving itu masing-masing menjalani uji coba sekitar 16.000 kilometer per pekan di jalanan perkotaan. Google sendiri menyampaikan bahwa sensor dan perangkat lunak yang ditanamkan pada mobil itu mampu mengambil tindakan yang sangat cepat guna menghindari kecelakaan atau benturan dengan manusia. Baca juga Prototipe Truk Tanpa Supir Racikan Daimler-Benz Mengaspal di Jalanan Nevada dan Mobil Otonom Google Dilengkapi Airbag pada Bumper.

Top