Dunlop Siapkan Ban Baru untuk Kelas Moto3

Dunlop Siapkan Ban Baru untuk Digunakan Pembalap Kelas Moto3 – Produsen ban resmi balapan kelas Moto3, Dunlop telah menyiapkan ban baru untuk digunakan oleh para rider kelas ketiga di ajang balap motor dunia tersebut. Jelang GP Perancis yang akan berlangsung pada 15-17 Mei 2015 esok, Dunlop telah menyiapkan dua pilihan tipe terbaru dari ban racikan mereka. Dengan adanya pilihan ban baru tersebut, pihak Dunlop berharap balapan kasta ketiga itu akan semakin seru dan menghibur.

dunlop-siapkan-ban-baru-untuk-digunakan-pembalap-kelas-moto3

Seperti dilansir oleh Crash.net pada Rabu (13/5/2015), Dunlop akan menyediakan dua tipe ban yang bisa dipilih sendiri oleh para rider yang berlaga di ajang balapan Moto3. Ban pilihan pertama adalah ban belakang Soft 1 yang menggunakan konstruksi sama dengan tipe ban sebelumnya, namun memiliki senyawa baru yang telah dikembangkan selama kurang lebih 18 bulan terakhir.

Advertisement

Sementara itu, tipe ban pilihan kedua adalah ban Medium 1 yang memiliki konstruksi hampir sama dengan Soft 1 namun memiliki cengkeraman, kekuatan, dan kelebaran yang lebih baik. Tipe ban Soft 1 sendiri memang dirancang guna menciptakan balapan yang lebih atraktif.

Manajer Dunlop Motorsport, Simon Betney menyampaikan bahwa tujuan Dunlop menciptakan ban baru adalah untuk menimbulkan efek lebih sulit bagi rider saat menentukan ban yang akan digunakannya. Betney juga menambahkan bahwa ban tipe medium yang baru merupakan sebuah kemajuan. Sedangkan dengan memilih ban kategori soft, sebuah tim Moto3 akan lebih leluasa dalam menerapkan strategi yang akan digunakan.

Pemilihan Le Mans di Perancis sebagai tempat peluncuran ban baru oleh Dunlop pun sudah melalui pertimbangan yang sangat matang. Pemilihan sirkuit Le Mans ini didasarkan fakta bahwa sirkuit yang terletak di Perancis itu memiliki trek dengan energi yang cukup rendah. Trek dengan energi rendah memang dirasa cocok untuk penggunaan ban lunak pada motor kelas Moto3.

Selain perkenalan ban baru untuk sektor belakang, ajang balap Moto3 GP Perancis juga digunakan sebagai sosialisasi mengenai aturan baru untuk ban depannya. Ban depan pada gelaran Moto3 musim 2015 akan memiliki ukuran baru dengan penampilan yang sedkiti lebih sempit dari ban musim seblumnya. Baca juga Motor Balap Full Spesifikasi MotoGP Dijual dan Lorenzo Raih Podium Pertama di MotoGP Jerez.

Top