Harga Honda Scoopy eSP 2017, Review, Spesifikasi & Gambar

Harga Honda Scoopy dan Spesifikasi – Ada kabar baik buat para pecinta skutik di mana beberapa waktu lalu, PT Astra Honda Motor AHM resmi meluncurkan All New Honda Scoopy eSP terbaru. Skutik imut besutan pabrik asal Negeri Bunga Sakura yang resmi diluncurkan pada 29 Maret 2017 di Gandaria City, Jakarta kemarin ini dihadirkan AHM dengan tampilan gaya baru yang semakin fashionable dan unik. Produk skutik yang dirilis di pasar otomotif Tanah Air sejak Juni 2010 lalu ini memang mengusung desain yang begitu unik dan berbeda dari yang lain. Sehingga, tak heran jika Honda Scoopy eSP ini menjadi skutik yang dipilih oleh lebih dari 2 juta konsumen. Bahkan, untuk model terbarunya ini pun mengusung konsep motor bergaya retro namun tetap memberikan kesan modern. Kombinasi tampilan baru yang disajikan oleh produsen asal Jepang pada Honda Scoopy eSP ini pun akan menampilkan desain bergaya 3 tema, yaitu sporty, stylish, dan playfull. Untuk model barunya ini, Honda Scoopy eSP terbaru nantinya akan dihadirkan dengan beragam fitur modern dan 8 pilihan warna menarik.

Honda Scoopy

Honda Scoopy

Meski dihadirkan dengan tampilan baru dan fitur yang lebih canggih namun untuk spesifikasi yang diusung Honda Scoopy eSP terbaru ini masih tetap mengandalkan desain bodi yang khas bergaya retro yang begitu unik dan imut sebagai identitas khas Scoopy Style. Hanya saja, untuk tampilan desain eksteiornya ini sedikit dipoles dengan konsep retro-modern sehingga akan tampak lebih trendy. Sementara itu, untuk urusan dapur pacunya Honda Scoopy eSP masih menggunakan mesin yang sama di mana mesin berkapasitas 110cc eSP (Enhanced Smart Power) masih menjadi andalan dari skutik buatan pabrik berlogo “H” ini. Sedangkan untuk fitur-fitur yang disematkan pun juga tak berbeda jauh dari varian sebelumnya. Namun, tidak untuk panel indikator Honda Scoopy eSP yang dihadirkan dengan tampilan yang lebih modern berupa panel meter elektrik yang lebih lengkap dan informatif. Tentu, selain desain barunya, fitur yang satu ini pastinya bakal menjadi daya tarik dari varian Honda Scoopy terbaru. Bagi sobat yang ingin tahu lebih dalam lagi, yuk kita simak bersama ulasan Mas Sena pada beberapa segmen di bawah ini terkait spesifikasi dan harga Honda Scoopy eSP terbaru!

Honda Scoopy ESP

Review Honda Scoopy eSP

Desain

Mengusung Konsep Desain Bergaya Retro-Modern yang Fashionable dan Unik

Spesifikasi Honda Scoopy eSP terbaru pada sektor eksterior tampilan fisiknya memang berbeda dan lebih menarik dari varian sebelumnya. Hal ini tak lepas dari konsep gaya desain yang diusung Honda dimana pabrik asal Jepang ini mengusung kombinasi konsep retro-modern yang menyajikan tampilan yang begitu unik dan menarik pada setiap sisi eksteriornya. Keunikan tampilan terbarunya ini pun bisa sobat lihat dari berbagai sektor, baik sisi depan Honda Scoopy eSP, samping, hingga pada bagian sektor belakang. Nah, untuk bagian depan, Scoopy terbaru ini sudah mengandalkan head lamp LED Projector terbaru yang sudah terintegrasi dengan lampu sein dimana untuk desainnya sendiri masih mempertahankan bentuknya yang oval dan imut sebagai salah satu simbol kuat dari Honda Scoopy eSP ini. Untuk melengkapi sektor depannya, Honda Scoopy eSP juga dibekali dengan teknologi reflektor Black Smoke pada bagian proyektor lampu utamanya. Teknologi proyektor ini akan menghasilkan nyala lampu lebih terang namun tetap tidak menyilaukan pengendara dari lawan arah. Di samping itu, untuk sisi sampingnya sendiri tampaknya tak berbeda jauh dengan versi sebelumnya hanya saja desain pada sektor samping bodi yang diperlihatkan Scoopy terbaru ini tampak lebih seimbang dan senada dengan gaya retro -modern yang diusungnya. Kemudian, tak ketinggalan juga bahwa Honda Scoopy eSP ini akan menggunakan velg yang lebih kecil berdiameter 12 inci dan ban tubeless yang berukuran lebih lebar serta jarak terendah (ground clearance) yang lebih tinggi berukuran 143 mm. Sehingga, karakter fashionable pun akan kian terpancar kuat dari skutik ini. Menginjak pada bagian belakang, tampaknya tak berbeda jauh dengan pendahulunya dimana pada spesifikasi Honda Scoopy eSP ini terdapat stop lamp berdesain menarik yang semakin melengkapi keunikan sisi eksterior Scoopy terbaru ini.

Spesifikasi Honda Scoopy

Speedometer

Instrumen Indikator Semakin Sempurna Berkat Panel LCD yang Lebih Lengkap

Menginjak pembahasan berikutnya, Mas Sena akan mengajak kawan-kawan semua untuk mengulas instrumen indikator dari spesifikasi Honda Scoopy eSP terbaru ini. Melihat motor keluaran di era zaman saat ini yang sudah serba modern dan canggih, tampaknya berpengaruh juga pada beberapa fitur yang tersematkan pada skutik terbaru garapan Honda ini. Bagaimana tidak? Salah satu fitur yang tampak canggih dan modern pun bisa dilihat dari panel indikatornya di mana Honda Scoopy eSP sudah mengandalkan panel elektrik berupa layar LCD terbaru yang mampu menampilkan beragam informasi yang akurat dan mudah dipahami pengemudinya. Beberapa panel yang ditampilkan pada instrumen indikator tersebut antara lain seperti odometer dan indikator bahan bakar. Bahkan, turut disematkan juga sebuah fitur baru pada Honda Scoopy eSP yang berupa ECO Indicator yang bisa dijadikan pilihan oleh pengendara dalam mengatur konsumsi bahan bakar maupun performa akselerasi. Tak sampai di situ saja, fitur keamanan berupa anti-theft alarm pun dilengkapi dengan answer back system yang nantinya akan membantu pengendara Honda Scoopy eSP untuk mencegah tindakan pencurian dan mencari lokasi parkir dengan mudah. Di samping itu, ada juga fitur power charger baru yang terdapat di dalam console box dapat dimanfaatkan oleh pengendara untuk pengisian baterai ponsel dengan menggunakan connector charger. Dengan demikian maka bisa disimpulkan bahwa panel indikator pada spesifikasi Honda Scoopy eSP terbaru ini sudah modern, canggih, dan pastinya informatif.

Spesifikasi Honda Scoopy ESP

Suspensi

Kaki-kaki Sudah Didukung Ban Tubeless

Berpindah ke spesifikasi Honda Scoopy eSP di sektor kaki-kaki, Honda memberikan terobosan baru pada Scoopy generasi teranyar ini. Guna memberikan rasa aman dan nyaman pada penggunanya, Honda membekali Honda Scoopy eSP ini dengan ban tubeless pada roda depan dan belakangnya. Penggunaan ban bertipe tubeless ini pastinya akan membuat pengendara Honda Scoopy eSP tak perlu takut ban akan cepat kehabisan angin saat terjadi kebocoran. Untuk lingkar velg-nya, Honda masih menggunakan ukuran yang sama denagn Scoopy versi lama, yaitu ring 14. Velg tersebut dibalut dengan ban depan 80/90 dan juga ban belakang 90/90. Sementara itu, Honda Scoopy eSP juga membawa teknologi sasis yang sama dengan Scoopy FI. Scoopy versi eSP ini masih menggunakan rangka tipe backbone dengan suspensi teleskopik. Spesifikasi Honda Scoopy eSP di sektor kaki-kaki ini akan memberikan keseimbangan yang sempurna saat Scoopy eSP melaju dengan kecepatan tinggi.

Review Honda Scoopy ESP

Dimensi

Dimensi Lebih Ramping dan Ergonomis

Berlanjut ke spesifikasi Honda Scoopy eSP di sektor dimensi tubuhnya, Honda tetap mempertahankan bentuk tubuh yang ergonomis pada skutik barunya ini. Honda Scoopy eSP memiliki dimensi 1.856 x 694 x 1.060 mm dengan bobot mencapai 96 kg. Ukuran tubuh ini akan memberikan stabilitas yang mantap saat mengajak Honda Scoopy eSP bermanuver di jalanan berliku. Selain dimensi yang kokoh dan ergonomis khas motor Honda, pabrikan asal Jepang tersebut juga membekali Honda Scoopy eSP dengan kapasitas tangki yang cukup besar. Kapasitas tangki bahan bakar pada skuter matik ini adalah 15,4 liter. Spesifikasi Honda Scoopy eSP juga dilengkapi dengan bagasi seluas 3,7 liter yang bisa mewadahi barang-barang bawaan Anda.

Harga Motor Honda Scoopy ESP

Mesin

Dapur Pacu Andalkan Mesin 108cc Berteknologi eSP

Beralih pada sektor dapur pacu dari spesifikasi Honda Scoopy eSP ini, Honda memang masih menggunakan mesin yang berkapasitas sama degan Scoopy FI. Honda tetap mengandalkan mesin 4-stroke SOHC berkapasitas 108cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 8,52 PS pada 8,68 Nm. Mesin pada Honda Scoopy eSP tersebut juga memiliki rasio kompresi pembakaran 9,2:1. Tenaga tersebut dihasilkan oleh transmisi otomatis V-matic yang memiliki keunggulan karena mampu menyalurkan power secara lebih halus dan maksimal. Meski mesinnya sama, Honda Scoopy eSP memiliki teknologi berbeda dengan Scoopy FI. Masih menggunakan sistem suplai bahan bakar Programmable Fuel Injection (PGMF-I), Honda menyempurnakan teknologi pada Honda Scoopy eSP dengan menyematkan teknologi Enhanced Smart Power atau eSP. Teknologi eSP pada Scoopy generasi terbaru ini akan membuat motor ini lebih irit namun tetap kencang. Dengan penggunaan teknologi eSP pada spesifikasi Honda Scoopy eSP di sektor dapur pacu, konsumsi bahan bakar ini menjadi lebih irit dengan perhitungan 1/61,9. Sementara itu, skuter matik ini juga mampu berakselerasi menempuh jarak 200 meter dalam 12,98 detik saja dengan kecepatan maksimal 91,6 km/jam.

Fitur

Dilengkapi Fitur-fitur Canggih nan Futuristik

Selain membawa beberapa pembaruan pada spesifikasi Honda Scoopy eSP, di sektor desain dan dapur pacu, Honda pun menambahkan beberapa fitur pelengkap pada motor barunya ini. Selain teknologi baru bernama eSP, Honda juga menyematkan teknologi Honda Smart Techonology pada Honda Scoopy eSP ini. Kombinasi teknologi tersebut akan membuat motor ini semakin irit dan nyaman dikendarai. Kemudian, Honda juga telah membekali Honda Scoopy eSP dengan fitur Answer Back System guna mendeteksi posisi motor saat diparkir. Jadi, teman-teman Mas Sena tak perlu repot-repot keliling tempat parkir saat lupa memarkir Honda Scoopy eSP ini. Selanjutnya, Honda juga melengkapi fitur kemanan pada Honda Scoopy eSP ini dengan teknologi Idling Stop System atau ISS. Teknologi ISS ini akan membuat konsumsi bahan bakar Scoopy eSP semakin efisien. Sebagai penyempurna spesifikasi Honda Scoopy eSP, Honda juga telah menyematkan fitur ACG Starter yang dapat menghidupkan mesin tanpa suara keras atau kasar.

Spesifikasi Honda Scoopy eSP

Mesin
Tipe 4-langkah, SOHC dengan pendinginan udara, eSP
Kapasitas 108,2 cc
Diameter 50 x 55,1 mm
Perbandingan Kompresi 9,5:1
Daya Maksimum 6,4 kW (8,7 PS / 7.500 rpm)
Torsi Maksimum 9,1 Nm (0,93 kgf.m) / 6.000 rpm
Kapasitas Oli Mesin 0,7 L
Tipe Kopling Otomatis, Sentrifugal, Kering
Transmisi Otomatis, V-Matic
Tipe Starter ACG Starter, pedal elektrik
Dimensi
Panjang x lebar x tinggi 1.856 x 694 x 1.060 mm
Jarak Sumbu Roda 1.256 mm
Jarak Bersih ke Tanah 143 mm
Berat Kosong 96 kg
Kapasitas Tangki BBM 3,7 L
Rangka
Tipe Tulang punggung
Tipe Suspensi Depan Teleskopik
Tipe Suspensi Belakang Lengan ayun dengan peredam kejut tunggal
Ban Depan 80/90 – 14 M/C 40P (tubeless)
Ban Belakang 90/90 – 14 M/C 46P (tubeless)
Rem Depan Cakram hidrolik, dengan piston tunggal
Rem Belakang Tromol
Kelistrikan
Tipe Baterai MF battery, 12 V – 5 Ah
Busi NGK MR9C-9N / Denso U27EPR-N9
Pengapian Full Transisterized, Baterai

Harga Honda Scoopy eSP

Dengan segala kecanggihan yang diusung spesifikasi skutik ini, tentu banyak sobat yang bertanya-tanya terkait dengan harga Honda Scoopy eSP ini. Nah, sebelum jauh mengulas banderol, sepertinya perlu untuk sobat pahami kembali bahwa Scoopy terbaru ini memang sebuah skutik unik dan imut yang mengusung konsep bergaya retro-modern. Keunikan tampilannya yang baru tersebut pun juga bisa dilihat pada setiap sisinya, terutama pada sisi depan Honda Scoopy eSP yang memang mendapat banyak perubahan. Sementara itu, untuk departemen permesinannya sendiri masih mengandalkan mesin berkapasitas 110 cc yang sudah terintegrasi dengan ACG Starter dan fitur canggih Idling Stop System (ISS). Meskipun demikian harga Honda Scoopy eSP terbaru ini memiliki selisih yang tidak terlalu jauh dengan versi terdahulunya. Selain itu, beberapa fitur canggih, seperti panel indikator yang lebih modern pun juga dibenamkan sebagai pelengkap ketangguhan spesifikasi skutik buatan Honda ini. Dengan begitu, kira-kira berapa ya harga Honda Scoopy eSP terbaru ini?

Harga Honda Scoopy

Harga Honda Scoopy ESP

Harga Honda Scoopy eSP terbaru ini memang kabarnya akan dibanderol cukup terjangkau meski sedikit mahal dari versi sebelumnya. Pernyataan ini bukan tanpa alibi, pasalnya berdasarkan informasi yang telah Mas Sena lansir dari situs resmi PT AHM, angka yang akan disematkan pada banderol harga Honda Scoopy eSP ini adalah Rp 17.8 juta dengan target penjualan 55.000 unit per bulannya. Sebuah nominal angka yang cukup kompetitif dan terjangkau untuk sekelas skutik unik dan fashionable. Di sisi lain, Scoopy terbaru ini pun nantinya akan menawarkan 8 pilihan warna baru yang lebih fresh dan menarik dengan mengusung tema sporty, stylish, dan playfull. Antara lain untuk tema Playful Honda Scoopy eSP akan dihadirkan 3 pilihan warna, yaitu Playful White Blue, Playful Cream dan Playful White Green. Sementara itu di sisi lain, untuk varian Sporty akan ada 3 warna yang di antaranya Sporty White, Sporty Red dan Sporty Black. Sedangkan untuk varian Stylish akan menawarkan 2 pilihan warna yakni Stylish Matte Brown dan Stylish Black. Pilihan warna tersebut tidak berpengaruh pada fluktuasi harga Honda Scoopy eSP ini.

Harga Honda Scoopy eSP
Sekitar Rp 17.800.000,- (OTR Jakarta)

Perlu diketahui bahwa harga Honda Scoopy eSP terbaru tersebut merupakan banderol OTR untuk wilayah DKI Jakarta saja. Maka, bisa dipastikan di luar wilayah OTR tersebut, harga skutik ini akan berbeda dengan nominal yang sedikit lebih tinggi. Di sisi lain, jika kita melihat angka yang disematkan pada banderol harga Honda Scoopy eSP terbaru ini, selain dibanderol dengan angka yang kompetitif, tampaknya spesifikasi yang dibawanya juga terbilang cukup mumpuni. Tentu saja hal tersebut akan membuat konsumen kepincut. Apalagi dengan berbagai varian warna yang ditawarkan yang semakin membuat Honda Scoopy eSP semakin menawan. Nah, dengan demikian apakah sobat ingin memboyong skuter matik retro buatan Honda ini? Demikian ulasan yang dapat Mas Sena sampaikan mengenai spesifikasi dan harga Honda Scoopy eSP terbaru ini. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca juga Honda Scoopy FI, Honda Beat eSP, dan Honda Vario 150 eSP.

  • amagon

    bisa ga si beli hondra scoopy trus stiker stripenya itu ga dipasang?

Top