Harga Vespa S 125, Review & Spesifikasi Mei 2017

Harga Vespa S 125 dan Spesifikasi – Anda penggemar nuansa klasik khas Italia? Pasti kenal Vespa dong? Jika iya, maka pilihan Anda bersama Mas Sena sudah tepat. Kali ini Mas Sena akan membahas Vespa S 125 yang merupakan produk baru dari pabrikan asal Italia. Perkembangan brand Vespa dan Piaggio di Indonesia memang cukup pesat. Sadar akan hal ini, PT Piaggio Indonesia selaku pemegang hak merk Vespa di Indonesia terus berupaya memberikan update produk-produk terbarunya. Kehadiran Vespa S 125 ini akan menambah deratan varian skuter klasik bernuansa Italiano. Skuter Vespa S 125 ini secara resmi diluncurkan oleh PT Piaggio Indonesia pada Rabu, (13/5/2015) kemarin. Meski mesinnya lebih kecil dari seri Vespa S, namun tetap saja Vespa S 125 ini akan menjadi primadona baru bagi penggemar skutik retro beraroma Italiano.

vespa s 125

PT Piaggio Indonesia sendiri menempatkan Vespa S 125 di segmen entry-level. Itu artinya, motor baru racikan produsen asal Italia ini tak akan memiliki harga semahal produk-produk Piaggio kelas premium. Hadir di kelas entry-level, Vespa S 125 tetap mengusung teknologi mesin dan fitur canggih dalam balutan nuansa klasik yang sangat kental. Dari tampilan luarnya, skuter matik asal Italia ini memiliki dimensi yang lebih kecil jika dibandingkan dengan produk Piaggio lainnnya. Selain bertubuh mungil, Vespa S 125 ini juga membawa teknologi mesin terbaru. Piaggio menyematkan mesin berkapasitas 125cc berpendingin cairan yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 9,92 PS. Untuk ukuran skuter matik, Vespa S 125 ini lumayan kencang. Hmmm.., kira kira skuter berbentuk ‘jadul’ ini memiliki keunggulan apa lagi ya? Nah, buat Anda yang semakin penasaran dengan detail spesifikasi dan harga Vespa S 125 ini, Mas Sena sudah menyiapkan ulasan lengkapnya pada segmen-segmen berikut ini.

motor vespa s 125

Review Vespa S 125

Desain

Desain Klasik yang Elegan dan Timeless

Kita mulai pembahasan spesifikasi Vespa S 125 ini dari penampilan luarnya. Tampilan luar Vespa tipe S ini memang benar-benar bernuansa Italiano yang sangat kental. Aroma klasik Vespa S 125 sudah ‘tercium’ dari penggunaan headlamp dan kedua spion yang berbentuk kotak. Meski terlihat jadul dengan lampu kotak, namun kesan klasik pada skutik ini justru semakin kuat. Selain bentuk lampu dan spion yang klasik, aroma Italia khas Vespa juga nampak pada bodi samping Vespa S 125 ini. Vespa tetap mempertahankan bentuk bodi sisi kanan dan kiri yang terlihat sedikit lebih gambot. Nuansa retro pada spesifikasi Vespa S 125 di sektor desain juga bisa dilihat pada bentuk handle di bagian jok yang berbentuk silinder dengan balutan warna chrome.

Speedometer

Speedometer Bernuansa Retro yang Fungsional

Lanjut ke spesifikasi Vespa S 125 di bagian panel speedometer, kita juga akan menemui nuansa retro yang nampak elegan dan stylish. Piaggio menyematkan panel speedometer berbentuk jadul dengan sudut lengkung di setiap sisinya. Pada panel dashboard Vespa S 125 ini, Brosis Sena bisa melihat indikator kecepatan, penunjuk kapasitas bahan bakar, indikator lampu utama dan lampu sein. Sektor dashboard pada Vespa S 125 ini memang seperti sengaja dibiarkan nampak jadul oleh Piaggio. Bagaimanapun juga, salah satu daya tarik pada spesifikasi Vespa S 125 adalah panel-panel penunjuknya yang bernuansa ‘tempo doeloe’ khas Italia.

spesifikasi vespa s 125

Dimensi

Dimensi Mungil Khas Vespa

Kita mulai pembahasan spesifikasi Vespa S 125 ini dari penampilan luarnya. Tampilan luar Vespa tipe S ini memang benar-benar bernuansa Italiano yang sangat kental. Dengan ukuran tubuh 1770 mm x 690 mm x 1140 mm dan bobot mencapai 105 kg, Vespa S 125 ini tergolong skutik dari keluarga Vespa yang cukup mungil. Bentuk tubuh yang tak terlalu besar namun kokoh ini akan membuat pengguna Vespa S 125 bisa ‘nyelip-nyelip’ di tengah keramaian kota. Pengendara skuter matik ini juga bisa beramanuver dengan mantap karena Vespa S 125 memiliki jarak sumbu roda mencapai 1280 mm. Meski terlihat lumayan pendek, namun skuter ini juga tetap nyaman saat digunakan untuk berboncengan. Oh ya, spesifikasi Vespa S 125 juga mengusung kapasitas tangki BBM yang cukup besar. Piaggio menyematkan tangki berkapasitas 8,5 liter pada varian skutik terbarunya ini.

Suspensi

Kaki-kaki Minimalis Namun Tangguh

Berpindah ke spesifikasi Vespa S 125 di sektor kaki-kaki, kita akan bertemu dengan unit skuter matik yang memiliki kaki-kaki minimais. Pada bagian roda, Piaggio menggunakan ban berukuran 110/70-11. Sedangakan untuk bagian roda belakang, Piaggio menyematkan ban berukuran lebih besar, yaitu 120/70 -10 pada Vespa S 125 ini. Dengan ukuran kaki-kaki yang tergolong mungil, skuter matik ini memang cocok untuk daerah perkotaan. Sektor kaki-kaki pada Vespa S 125 ini juga tergolong kokoh karena menggunakan rangka berjenis baja dengan sistem monoshock. Untuk memberikan kenyamanan kepada pengendaranya, spesifikasi Vespa S 125 juga dibekali dengan suspensi single-side arm pada bagian depan serta suspensi hidraulik di sektor belakang.

spesifikasi motor vespa s 125

Mesin

Dapur Pacu Andalkan Mesin 125cc Berpendingin Cairan

Selanjutnya, kita akan membahas spesifikasi Vespa S 125 di bagian dapur pacunya. Produk baru Piaggio ini mengusung mesin 4-stroke LEm 3 katup berkapasitas 124,55 cc. Mesin pada Vespa S 125 ini mampu menghasilkan tenaga 7,2 kW atau setara dengan 9,6 PS pada putaran mesin 7.750 rpm. Tenaga yang mampu dihasilkan oleh skutik ini termasuk yang paling besar di kelasnya. Selain itu, mesin pada Vespa S 125 ini juga memiliki torsi maksimum mencapai 9,5 Nm pada 6.000 rpm. Jadi, meski tersimpan pada tubuh yang mungil, namun mesin pada skutik ini mampu menghasilkan akselerasi yang kencang dan stabil. Selain bermesin lumayan kencang, Vespa S 125 juga dibekali dengan transmisi otomatis CVT yang akan mempermudah operasionalnya. Karakter mesin pada motor ini juga merupakan mesin ‘stop and go’ yang artinya motor ini memiliki daya yang sangat kuat pada hentakan gas pertama. Selain kencang, spesifikasi mesin pada Vespa S 125 ternyata juga sangat irit karena memiliki perbandingan konsumsi BBM 1 liter dapat menempuh jarak sekitar 52 km.

Fitur

Fitur Kemanan dan Kenyamanan Lengkap

Terakhir, kita akan membahas spesifikasi Vespa S 125 di sektor fitur-fitur keamanan dan kenyamanannya. Piaggio menyematkan perangkat Pillion Footrest yang akan memberikan pijakan cukup kuat sehingga pengendara tidak akan terlalu kelelahan saat berkendara jarak jauh dengan Vespa S 125 ini. Produk bari Piaggio ini juga dibekali dengan desain jok terpisah atau Split-Seat bertingkat yang akan memberikan kenyamanan ekstra pada pengemudi dan pemboncengnya. Vespa S 125 juga telah dilengkapi dengan fitur Electric Start yang akan mempermudah penggunanya saat ingin menghidupkan motor ini. Spesifikasi Vespa S 125 di sektor keamanan dan kenyamanan juga telah dilengkapi dengan sistem pengereman Ventilated Disc di bagian depan serta 140mm Drum Brake di bagian belakang.

Spesifikasi Vespa S 125

Mesin
Kapasitas 125 cc
Tenaga Maksimum 9.92 Bhp @ 7500 rpm
Torsi Maksimum 10.6 Nm @ 6000 rpm
Tipe Mesin 125cc, 3-valve, Aluminium cylinder head, Overhead cam
Roller Rocker Arm with MAP Sensing
Variable spark timimg management
Sistem Pendingin Air Cooling
Gir Automatic
Jumlah Silinder 1
Transmisi
Girboks Continuos Variable Transmission
Kopling Automatic dry centrifugal
Pengereman
Rem Depan 200mm Ventilated Disc
Rem Belakang 140mm Drum
Suspensi
Suspensi Depan Aircraft derived single side arm with ant-dive characteristics
Suspensi Belakang Dual-effect hydraulic shock absorber
Kaki-kaki
Ban Depan 110/70 -11″
Ban Belakang 120/70 -10″
Jenis Ban 3-spoke, Sporty Black, Alloys combination wheels
Dimensi
P x L x T 1770 x 690 x 1140 mm
Berat 105 kg
Jarak Dengan Tanah 155 mm
Jarak Sumbu Roda 1280 mm
Kapasitas Tangki BBM 8.5 litres
Rangka
Tipe Monocoque steel high rigidity structure
Baterai
Tipe Maintenance Free

Harga Vespa S 125

Nah itulah tadi ulasan Mas Sena tentang spesifikasi skuter matik terbaru dari pabrikan asal Italia, Piaggio. Sekaranag kita akan membahas tentang harga Vespa S 125 yang menurut rencana akan mulai resmi dijual pada Mei 2015 ini. Bagaimanapun juga, kehadiran Vespa S 125 ini memang ditujukan untuk para penggemar berat Vespa atau mereka yang memang menyukai semua hal yang bernuansa klasik. Dengan bentuk tubuh yang mungil, skutik terbaru dari Negeri Pizza ini memang sangat pas untuk daerah perkotaan. Selama ini, Piaggio memang seakan menjaga ekslusifitas penggunanya dengan melabeli produknya dengan nominal harga yang cukup tinggi. Nah, kisaran harga Vespa S 125 kali ini pun juga terhitung mahal. Hmm.., kira-kira harga Vespa S 125 di pasaran otomotif Indonesia berapa ya?

harga vespa s 125

harga vespa s 125 terbaru

Sesuai dengan info dari laman resmi PT Piaggio Indonesia, harga Vespa S 125 ini dipatok pada angka Rp. 28,5 juta. Angka yang cukup besar memang. Sebagai informasi, motor sport Yamaha atau Honda kelas 150cc juga memiliki kisaran harga yang hampir sama dengan harga Vespa S 125 ini. Namun lagi-lagi, ini kembali lagi ke masalah selera. Bagi Brosis Sena yang memang penggemar motor-motor bernuansa retro, kehadiran Vespa S 125 ini pasti akan sangat menggiurkan. Selain desain retro yang timless alias tak lekang oleh waktu, kisaran harga Vespa S 125 yang sebenarnya berada di bawah harga produk-produk Piaggio lainnya juga merupakan opsi menarik.

Harga Vespa S 125
Sekitar Rp 28.500.000,- (OTR Jakarta)
Daftar Harga Motor Vespa

Kisaran harga Vespa S 125 di atas juga merupakan harga OTR untuk area Jakarta dan sekitarnya. Ada kemungkinan, harga Vespa S 125 sewaktu-waktu bisa berubah, terutama untuk di daerah. Dalam beberapa waktu terakhir, penjualan produk-produk Piaggio memang semakin meningkat. Dengan menghadirkan Vespa S 125 ini, Piaggio berharap bahwa produk-produknya semakin diterima di pasar otomotif nasional. Meski harga Vespa S 125 termasuk dalam kategori mahal, namun seperti telah Mas Sena singgung di atas tadi, ini kembali lagi ke masalah selera. Nah, buat Brosis Sena yang ingin tampil klasik, produk baru dari Piaggio ini bisa menjadi pilihan yang cocok. Bagaimana, tertarik memlikinya? Baca juga Harga Vespa dan Honda Scoopy eSP.

Top