Harga Suzuki Satria F115 Young Star 2017, Review, Spesifikasi & Gambar

Harga Suzuki Satria F115 Young Star dan Spesifikasi – Suzuki kembali menggebrak dunia otomotif Tanah Air. Setelah sebelumnya meluncuran kendaraan roda dua jenis skuter matik Suzuki Address, kini pabrikan dengan warna khas biru langit tersebut mengenalkan Suzuki Satria F115 Young Star yang merupakan motor bebek underbone kelas pemula. Label ‘Satria F’ pada motor baru ini pasti akan langsung menyita perhatian Brosis Sena semua. Sebelum merilis Suzuki Satria F115 Young Star, nama ‘Satria F’ memang sudah melekat di benak pecinta sepeda motor Tanah Air sebagai raja kelas bebek sport underbone 150cc. Nah, dengan menghadirkan Suzuki Satria F115 Young Star ini, PT 2W Suzuki Indomobil Sales mencoba menghadirkan teknologi terbaik pada Satria F150 untuk diaplikasikan pada unit motor bebek kelas low-end.

suzuki satria f115 young star

PT Suzuki Indomobil Sales sendiri secara resmi telah merilis Suzuki Satria F115 Young Star pada Jumat (15/5/2015) kemarin. Meski hanya ditempatkan pada level motor bebek kelas pemula, tak berarti Suzuki Satria F115 Young Star ini hanya dibekali teknologi ala kadarnya. Sebagai ‘adik’ Suzuki Satria F150, Satria F115 Young Star ini menggunakan mesin SOHC 4-stroke berkapasitas 113cc. Meski level mesin Suzuki Satria F115 Young Star ini berada di bawah Satria FU, namun untuk kelas 115cc mesin tersebut tergolong yang paling kencang. Selain mesin yang cukup kencang tersebut, motor ini juga mengusung teknologi Fuel Injeksi dengan pendingin cairan yang akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit serta mesin lebih awet. Nah, buat Brosis Sena yang penasaran dengan detail spesifikasi dan harga Suzuki Satria F115 Young Star ini, Mas Sena punya ulasan lengkapnya pada segmen-segmen di bawah ini.

motor suzuki satria f115 young star

Review Suzuki Satria F115 Young Star

Desain

Desain ‘Ayam Jago’ yang Sporty

Kita mulai pembahasan spesifikasi Suzuki Satria F115 Young Star dari tampilan luarnya. Sebagai ‘adik’ dari Sang Raja Satria F150, jelas Satria F Young Star ini memiliki rupa yang sangat identik dengan jagon Suzuki di kelas bebek 150cc tersebut. Suzuki Satria F115 Young Star tetap mempertahankan model ‘ayam jago’ yang sudah sangat melekat pada sosok Satria. Kemudian, sisi kemudi motor ini pun juga memiliki desain yang sangat sporty. Sama halnya dengan Satria F150, Suzuki Satria F115 Young Star ini menggunakan stang model jepit atau clip-on. Sedikit perbedaan dengan Satria F150, motor 115cc ini memiliki jok yang lebih rata jika dibanding dengan sang kakak. Jadi, penunggang Suzuki Satria F115 Young Star tak akan ‘nunduk abis’ layaknya rider Satria F150. Dengan posisi yang tak terlalu menunduk, penunggang Satria F115 tak akan mudah lelah saat berkendara jauh. Selain model muka ‘ayam jago’, desain buritan Suzuki Satria F115 Young Star pun juga sangat kental dengan aroma sporty. Spesifikasi Suzuki Satria F115 Young Star di sektor lampu belakang masih mengadopsi desain lampu Satria F150 yang berbentuk lancip dengan model sederhana.

Speedometer

Panel Speedomater Analog yang Simple namun Fungsional

Berpindah ke spesifikasi Suzuki Satria F115 Young Star pada sektor dashboardnya, kita akan bertemu dengan unit motor bebek sport yang dibekali dengan panel speedometer yang sederhana namun tetap fungsional. Panel dashboard pada Suzuki Satria F115 Young Star ini menggunakan perpaduan panel digital dan analog. Dashboard pada Satria F115 ini memiliki model dua bagian yang terpisah. Meski terlihat ketinggalan zaman, namun panel dashboard pada Suzuki Satria F115 Young Star ini tetap fungsional. Pada bagian pertama, panel dashboard pada motor ini terdapat indikator penunjuk kecepatan dan penghitung jarak tempuh. Kemudian, pada bagian lain panel dashboard Suzuki Satria F115 Young Star terdapat indikator penunjuk posisi persneling, lampu utama serta lampu sein. Meski hanya dashboard sederhana, panel indikator pada spesifikasi Suzuki Satria F115 Young Star ini akan sangat membantu pengendaranya.

spesifikasi suzuki satria f115 young star

Dimensi

Dimensi Serupa dengan Satria F150

Sebagai ‘saudara kandung’, ternyata spesifikasi Suzuki Satria F115 Young Star dan Satria F150 juga memiliki ukuran dimensi yang sama. Saudara muda Satria F150 ini memiliki ukuran tubuh 1.910 x 670 x 1.000 mm dengan jarak antar sumbu roda mencapai 1.220 mm serta jarak dengan tanah sekitar 145 mm. Selain itu, Suzuki Satria F115 Young Star juga memiliki bobot sekitar 94 kg. Dengan ukuran tubuh dan bobot sedemikian rupa, maka Suzuki Satria F115 Young Star ini memiliki ‘tongkrongan’ yang mantap dan tak akan ‘menyiksa’ pengendaranya. Selain dimensi yang tak jauh berbeda, rangka utama pada Suzuki Satria F115 Young Star juga memiliki basis rangka yang sama dengan Satria F150. Keduanya menggunakan rangka frame underbone yang akan memberikan handling yang mantap saat melaju kencang. Spesifikasi Suzuki Satria F115 Young Star di sektor desain juga dilengkapi dengan tangki bahan bakar berkapasitas 3,7 liter.

Suspensi

Kaki-kaki Mantap untuk Berakselerasi

Sekarang kita akan membahas spesifikasi Suzuki Satria F115 Young Star di sektor kaki-kaki. Sebagai motor bebek kelas pemula, Satria F115 ini memang tak dibekali dengan teknologi layaknya Satria F150. jika Suzuki Satria F150 suspensi belakang monoshock, maka Suzuki Satria F115 Young Star ini menggunakan suspensi swing arm double shock untuk sektor belakang. Sementara itu, suspensi depan motor 115cc ini mengaplikasikan suspensi teleskopik. Sedangkan untuk roda, Suzuki Satria F115 Young Star menggunakan velg ring 17 dengan balutan ban depan 70/90 serta 80/90 untuk ban belakang. Spesifikasi Suzuki Satria F115 Young Star di sektor kaki-kaki juga mengusung sistem pengereman disc brake pada bagian depan dan juga rem tromol untuk bagian belakang.

spesifikasi motor suzuki satria f115 young star

Mesin

Dapur Pacu 115cc yang Pas untuk Pemula

Saatnya beralih ke spesifikasi Suzuki Satria F115 Young Star di bagian dapur pacu. Seperti Mas Sena singgung di awal tadi, Satria F115 ini merupakan motor model cube atau bebek yang ditempatkan di level pemula. Itu artinya, Suzuki Satria F115 Young Star tak akan membawa mesin segahar kakaknya, yaitu Satria F150. Bebekal mesin yang adaptasi Suzuki Axelo, motor baru Suzuki ini sanggup bisa berlari kencang namun tetap irit. Berbeda dengan Suzuki Satria F150 yang mengusung mesin DOHC 6-speed, maka Suzuki Satria F115 Young Star kali ini dibekali dengan mesin SOHC 4-speed dengan kubikasi sebesar 113cc. Mesin 113cc tersebut memiliki rasio kompresi 9,4:1, yang berarti sudah cukup kencang untuk kelas bebek 115cc. Selain itu, mesin pada Suzuki Satria F115 Young Star juga sudah mengusung teknologi Fuel Injeksi yang akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit. Kemudian, spesifikasi Suzuki Satria F115 Young Star di sektor mesin juga telah dilengkapi dengan pendingin cairan yang akan membuat suhu mesin tidak cepat panas.

Fitur

Teknologi Mesin Modern dengan Fitur Masa Kini

Terakhir, kita akan ‘mengorek’ spesifikasi Suzuki Satria F115 Young Star di bagian fitur-fiturnya. Dari sektor mesin, fitur modern yang ditanamkan Suzuki pada jagoan barunya ini adalah teknologi suplai bahan bakar Fuel Injection yang diatur oleh perangkat elektronik bernama Electronic Control Module (ECM) yang akan membuat Suzuki Satria F115 Young Star ini menjadi lebih irit. Selain lebih irit dalam hal konsumsi bahan bakar, teknologi canggih pada Suzuki Satria F115 Young Star tersebut juga akan menghasilkan emisi gas buang yang ramah lingkungan. Kemudian, Satria F115 ini juga memiliki komposisi piranti mesin yang cukup revolusioner dengan menempatkan spark plug (busi) lebih dekat dengan ruang pembakaran sehingga mampu menghasilkan performa mesin yang sempurna. Jadi, meski kapasitas mesinnya tergolong kecil, namun Suzuki Satria F115 Young Star ini memiliki akselerasi dan tarikan gas yang cukup enteng. Suzuki juga melengkapi spesifikasi Suzuki Satria F115 Young Star dengan teknologi low-friction berupa roller rocker arm yang akan memberikan kenyamanan ekstra kepada pengendaranya.

Spesifikasi Suzuki Satria F115 Young Star

Mesin
Tipe 4 Stroke, Air-Cooled, SOHC
Bore X Stroket 51,0 mm x 55,4 mm
Kapasitas mesin 113 cc
Rasio Kompresi 9,4 : 1
Sistem Bahan Bakar Fuel Injection
Sistem Pendingin AIR-COOLED
Sistem Pelumas Wet Sump
Starter Electric / Kick
Sistem Pengapian Electronic Ingnition
Kapasitas Oli 800ml
Jenis Transmisi 4-Speed, Constant Mesh
Jenis Kompling (Primary) Wet Shoe, Automatic, Centrifugal type
Sasis
Suspensi Depan Telescopic, Coil Spring, Oil Damped
Suspensi Belakang Swingarm Type, Coil Spring, Oil Damped
Ukuran Ban Depan 70/90-17 M/C 38 P, tube type
Ukuran Ban Belakang 80/90-17 M/C 44 P, tube type
Rem Depan Disc Brake
Rem Belakang Teromol
Kapasitas Tangki 3.7L
Dimensi
Panjang X Lebar X T 1.910 mm X 670 mm X 1.000 mm
Wheelbase 1.220 mm
Ground Clearence 145 mm
Bobot 94 kg (Spoke)
Tinggi Tempat Duduk 765 mm

 

Harga Suzuki Satria F115 Young Star

Nah itulah ulasan lengkap Mas Sena tentang spesifikasi si adik Suzuki Satria F150 ini. Sekarang kita akan membahas harga Suzuki Satria F115 Young Star yang telah resmi mengaspal ke jalanan Indonesia sejak minggu lalu. Sebagai kendaraan roda dua kelas pemula, sebenarnya Suzuki Satria F115 Young Star ini memiliki spesifikasi mesin yang cukup kencang. Dengan mesin adaptasi dari Suzuki Axelo, Satria F115 ini mampu melaju cukup kencang dan tetap irit bahan bakar. Kisaran harga Suzuki Satria F115 Young Star juga dipengaruhi oleh teknologi injeksi yang sudah digunakannya. Selain mesin kencang untuk kelas 115cc, harga Suzuki Satria F115 Young Star juga dikatrol oleh tampilan ‘ayam jagonya’ yang sangat sporty khas tunggangan anak muda.

harga suzuki satria f115 young star

harga suzuki satria f115 young star terbaru

Menurut rilis resmi Suzuki Indonesia, harga Suzuki Satria F115 Young Star ini adalah Rp. 16,500.000 untuk tipe standar, serta Rp. 16,800.000 untuk variang Satria F115 dengan livery MotoGP. Kisaran harga Suzuki Satria F115 Young Star ini memang sangat terjangkau di pasaran motor bebek kelas pemula. Meski Suzuki Satria F115 Young Star ini hanya ber-cc 115, namun dengan embel-embel nama ‘Satria’ di tubuhnya jelas motor ini memiliki daya tarik tersendiri bagi publik otomotif Indonesia. Dengan desain keren dan harga Suzuki Satria F115 Young Star yang sangat terjangkau, bisa ditebak bahwa kali ini Suzuki memang sedang fokus untuk menyasar para pengguna otomotif kelas pemula.

Suzuki Satria F115 Young Star

Tipe Harga
Suzuki Satria F115 Young Star Standar Rp. 16,500,000
Suzuki Satria F115 Young Star MotoGP Rp. 16,800,000

Kisaran harga Suzuki Satria F115 Young Star yang sangat terjangkau ini juga akan menjadi pesaing Yamaha Jupiter Z1 di kelas bebek underbone 115cc. Selama ini, Jupiter memang seperti tak mendapat gannguan dari produk lain di kelas 115cc. Nah, dengan kehadiran Suzuki Satria F115 Young Star ini, dipastikan persaingan kelas 115cc di Indonesia akan semakin sengit. Dengan harga Suzuki Satria F115 Young Star yang sangat kompetitif, Mas Sena memprediksi adik Satria F150 ini akan cukup mendapat penggemar di Indonesia. Berbekal desain sporty dan harga Suzuki Satria F115 Young Star yang terhitung miring, motor ini sangat pas bagi para pengendara pemula yang ingin menikmati menunggang kuda besi dengan label ‘Satria’. Baca juga Yamaha Vega RR dan Jupiter Z1.

Top