Tahun 2017, Sirkuit Internasional Baru Segera Hadir di Indonesia

Indonesia Punya Sirkuit Internasional Baru Ditahun 2017 – Kabar menggembirakan datang dari Pemerintah Indonesia yang menyatakan akan membangun sirkuit kelas internasional baru yang lebih berkelas dan lebih memadai dibandingkan dengan sirkuit internasional sebelumnya yakni Sentul International Circuit. Adalah Gubernur DKI Jakarta yaitu Basuki Cahya Purnama atau kerap dipanggil Ahok ini yang memiliki gagasan untuk menciptakan sirkuit baru agar dapat menyelenggarakan event balap kelas internasional seperti MotoGP maupun F1. Ternyata rencana tersebut nampaknya akan segera terwujud karena dikabarkan bahwa Ahok telah bertemu dengan pemilik sirkuit Almeria, Spanyol yakni David Garcia untuk membicarakan proyek pembuatan sirkuit internasional baru yang rencananya memenuhi segala macam standarisiasi FIM (Federation International de Motocyclism). Dengan kondisi tersebut pastinya dana yang akan dikeluarkan oleh Pemerintah Indonesia sangat besar, disebutkan bahwa nilai pembuatan sirkuit internasional baru di Indonesia tembus 2 triliun rupiah.

Indonesia Punya Sirkuit Internasional Baru Ditahun 2017

Sampai saat ini ternyata Ahok telah mempersiapkan segalanya dengan matang, terbukti bahwa ia telah menunjuk pelaksana proyek prestisius ini yang dipercayakan kepada PT Jakpro (Jakarta Propertindo). Meskipun rencana mengenai pembangunan sebuah sirkuit internasional ini semakin nyata namun nyatanya belum diketahui dimana lokasi pembangunan proyek yang sangat dielu-elukan pecinta otomotif di Indonesia ini. Tetapi ada informasi lain yang menyebutkan bahwa pembangunan sirkuit kelas internasional baru ini akan dilakukan di dekat bandara. Secara kondisi geografis tentu saja wilayah Jakarta Utara yang disinyalir memiliki peluang cukup banyak karena terdapat lahan yang luas. Kemudian dekatnya dengan bandara tentu juga akan memberikan sarana transportasi yang lebih mudah dan cepat.

Advertisement

Memang sebelumnya Dorna yang merupakan penyelenggara MotoGP sempat menyebutkan bahwa akses logistik di Indonesia merupakan salah satu kendala utama mereka, yang mana mereka terakhir kali menyelenggarakan event balap kelas capung yaitu Shell Advance Asia Talent Cup yang diselenggarakan di Sentul International Circuit, Bogor, Jawa Barat.

Sekedar informasi saja bahwa Dorna dalam mengelar sebuah balapan pada satu seri harus membawa material logisitik yang seberat 260 ribu kilogram atau 260 ton, yang mana 210 diantaranya merupakan kelengkapan tim balap MotoGP, Moto2 dan Moto3.

Menurut informasi yang ada selain Gubernur DKI Jakarta ini akan membangun sebuah sirkuit internasional baru di Jakarta, ia juga akan membangun fasilitas tambahan seperti Mall dan Hotel. Baca juga Honda Siapkan Bebek Sport 150cc untuk Saingi Yamaha dan Suzuki dan Motor Hasil Perkawinan BMW-TVS Kini Mulai Berkeliaran.

  • rudi

    Knpa gk bangun di bali aj?
    Atau lombok? Setelah rehat mereka bisa bersantai ria dulu menikmati fanorama indonesia..

    • wahyu

      Di Banyuwangi aja

  • Hary Erllan Atmajaya

    Dalam perencanaan saya di Kalimantan ada 2, Lombok 1, Sumatera 3, Pulau jawa 2 dan Jayapura 1

  • rusdi

    kapan ya Indonesia menjadi tuan rumah motoGP ..?? factor utama memang harus memenuhi standar FIM itu baru bias di gunakan, kita sudah di salip dengan Negara tetangga seperti Malaysia, jepang dan baru-baru ini sirkut di Negara sebelah sudah mempersiapkan sirkut untuk masuk di ajang motoGP..
    kira-kira Indonesia kapan dan dimana akan di buat sirkut nya..? Indonesia punya banyak lahan yang luas dan kosong…
    saya berharap dan meminta kepada petinggi-petinggi Negara yang pintar buatlah sirkut bersekala internasional yang di akui FIM untuk memajukan perekonomian Negara dan mengenalkan budaya Indonesia ke Negara_negara sahabat..

  • Lukman

    Sekedar saran saja negara indonesia meripakan negara yang memiliki pulau terbanyak didunia,mengapa tidak mungkin untuk membuat sirkuit disatu pulau untuk khusus ajang balap internasional seperti moto gp. Akan tetapi biaya untuk pembangunannya akan memakan biaya yang sangat besar. Tapi mengingat hal tersebut negara juga dapat mengeruk keuntungan yang besar dari diadakannya moto gp diindonesia. Saya berharap indonesia akan segera membangun sirkuit internasional dan mendaftar sebagai tuan rumah motor gp diwaktu dekat. Amin

  • Orang

    Gila kali ya? Masak pulau kalimantan masih lebar, sulawesi masih luas, kok mau buat sirkuit di jakarta?? Gak banjir tuh sirkuit??

    • nuqen

      Itu namanya udah tau kenyang masih aja nambah makanannya, ibukota gak nyerap air lg, ibukota gak bs nafas lg karna rakus.

  • nuqen

    “Ternyata rencana tersebut nampaknya akan segera terwujud karena dikabarkan bahwa Gubernur telah bertemu dengan pemilik sirkuit Almeria, Spanyol yakni David Garcia untuk membicarakan proyek pembuatan sirkuit internasional baru yang rencananya memenuhi segala macam standarisiasi FIM…”

    Ngakak sampe sinting baca postingan yg lebay dan takabur ini!!!, wkwkwkwkk, kenyataan sekarang bgmn??, Sentul masih dicampakkan FIM dan Dorna krna masih sangat jauh dibawah standar internasional. Nama doang Sentul Internasional Circuit hihihii, dan skarang pontang-panting merehab Sentul tanpa dana APBN karna saking ngototnya tdk mau kehormatannya direbut oleh sirkuit Jakabaring yg berada di Palembang, hikz hikz hikz.

    Utk masalah lintasan sirkuit, semua jg bs menilai mana yg bagus, mulai dr tikungan sampai trek lurusnya, bukan kyk lintasan sepatu roda yah pastinya, wkwkwkk,

    Salah satu harapan kami utk negara tercinta ini ialah agar Indonesia jg bs memiliki apa yg dunia inginkan, amin amin amin !!!

Top