Alasan Kenapa Gir dan Rantai Harus Diganti Secara Bersamaan

Alasan Kenapa Gir dan Rantai Sepeda Motor Harus Diganti Secara Bersamaan – Salah satu komponen paling penting dalam unit sepeda motor adalah gear set yang terdiri dari gir dan rantai. Saking pentingnya, kedua komponen tersebut memang harus dirawat secara berkala. Jika tidak memperoleh perawatan secara baik dan benar, kedua komponen itu akan cepat ‘aus’ dan Anda bisa celaka saat mengendarai sepeda motor.

alasan-kenapa-gir-dan-rantai-sepeda-motor-harus-diganti-secara-bersamaan

Hal-hal yang perlu diketahui dalam perawatan gear set sepeda motor adalah kekencangannya dan masa penggunaan kedua komponen tersebut. Kekencangan dan jarak rentang rantai harus sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh pabrikan. Karena setiap jenis motor memiliki standar kekencangan yang berbeda, ada baiknya Anda mempercayakan setting kekencangan rantai sepeda motor Anda kepada mekanik di bengkel resmi.

Selain kekencangan rantai yang harus diperhatikan, masalah yang sering timbul di komponen gear set sepeda motor adalah masa penggunaan rantai, gir depan dan juga sprocket belakang pada motor Anda. Umumnya, unit rantai dan gir memang memiliki masa penggunaan mengikuti jarak tempuh sepeda motor. Jika sudah terlalu ‘tua’ biasanya rantai akan cepat ‘kendor’ karena sudah tak presisi lagi dengan mata gear-nya.

Beberapa biker menyiasati masalah ini dengan memotong atau mengurangi mata rantainya. Namun sebenarnya ini bukanlah solusi terbaik. GM Motorsport After Sales PT Yamaha Indonesia Motor, M. Abidin menjelaskan, “Sebenarnya antara rantai dan gear sprocket saling memengaruhi. Rantai yang terlalu kendor atau terlalu kencang akan mengurangi usia gir dan rantainya sendiri. Selain itu, kondisi tersebut juga memicu kecelakaan.”

Abidin menerangkan bahwa jika rantai sudah tak presisi lagi dengan lingkar gear dan sprocket memang sebaiknya langsung diganti, tidak dipotong atau dikurangi jumlah mata rantainya. Part pada sektor penggerak motor ini harus diganti secara bersamaan karena semua komponennya saling mempengaruhi.

“Gir pada lingkar sprocket yang sudah lancip juga akan mengurangi usia pemakaian rantai. Rantai berpotensi menjadi rapuh sehingga beresiko putus di jalan. Jalan satu-satunya adalah mengganti semua part pada unit gear set,” jelas Abidin. Baca juga Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Touring dengan Motor dan Ban Falken Produksi Lokal Resmi Dijual.

Top