Ini Dia yang Perlu Diperhatikan Menjelang Touring dengan Motor

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Touring dengan Motor – Touring memang merupakan suatu aktivitas perjalanan panjang menuju suatu tempat tujuan dengan menggunakan kendaraan baik itu motor maupun mobil. Tentu saja aktivitas tersebut juga sangat digemari oleh semua kalangan biker di Dunia. Karena dengan touring secara bersamaan dengan teman, anggota komunitas atau klub akan dapat menghilangkan rasa penat dari aktivitas sehari-hari. Apalagi dengan suguhan pemandangan dan tempat tujuan yang indah tentu akan menghilangkan rasa lelah saat mengendarai sepeda motor. Namun sayangnya ada beberapa biker yang dalam melakukan perjalanan touring terkadang mengalami masalah atau insiden di jalanan. Nah seharusnya sebagai biker harus mempersiapkan dan memperhatikan segala sesuatu sebelum melakukan perjalanan touring terutama dengan motor.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Touring dengan Motor

Pastinya untuk kegiatan touring biasanya dilakukan secara berkelompok, karena dengan hal ini akan membuat anggota touring akan merasa aman karena akan ada yang membantu jika suatu anggota mengalami suatu masalah.

Nah selain itu yang perlu diperhatikan ketika sebelum berangkat touring tentunya mempersiapkan segala halnya dengan matang untuk diri sendiri maupun kendaraan. Mulai dari persiapan fisik, sebelum touring biker harus menjaga kondisi badan dalam keadaan yang fit atau bugar. Biker direkomendasikan untuk tidak menjalankan aktivitas yang berat. Juga yang pasti tidak tidur larut malam yang dapat menimbulkan efek kantuk saat melakukan perjalanan. Lalu yang pasti demi menjaga kondisi tubuh saat dalam perjalanan touring biker harus mengenakan kelengkapan berkendara bagi diri sendiri yang dapat berupa wearpack. Tentunya mulai dari helm, jaket, sepatu, pelindung bagian siku, dengkul dan lain sebagainya. Semakin lengkap wear pack yang digunakan maka semakin rendah resiko terjadinya cedera fatal saat mengalami kejadian yang tidak diinginkan. Setelah mempersiapkan kelengkapan berekendara, biker juga harus berkendara dengan waspada, dan selalu mengutamakan “Safety Riding”. Dalam touring pun biasanya terdiri dari barisan yang panjang. Maka perhatikan jarak dan perhatikan kode yang diberikan oleh biker di depan.

Advertisement

Selain itu, biker juga harus mempersiapkan kondisi motor dalam kondisi prima, baik itu kondisi mesin, ban, rantai, rem, lampu depan, lampu belakang, lampu sein, oli dan bagian penting lainnya. Jika kendaraan dirasa tidak memberikan fungsi yang seharusnya maka segera service di bengkel terpercaya. Jangan paksa kendaraan untuk menempuh perjalanan jarak jauh karena selain merusak kendaraan tentunya juga sangat beresiko bagi sang pengendara. Terakhir tentukan rute perjalanan sebelum melakukan touring dan bawalah uang atau bekal secukupnya. Baca juga YIMM Luncurkan Motor Terbaru Siang Ini dan Motor Sport Fleksibel Untuk Penggunaan Harian.

Top