Penjualan Mobil Bakal Dikuasai Mobil Tanpa Sopir?

40 Persen Pasaran Mobil Bakal Dikuasai Mobil Otonom – Jenis mobil otonom, alias mobil tanpa sopir, memang belum benar-benar resmi diluncurkan ke pasaran. Namun hingga saat ini, mobil canggih itu sudah mengalami banyak uji coba. Mobil otonom pun sudah terbukti mampu menempuh jarah lebih dari 5000 km, lewat Audi SQ5. Dalam perjalanan panjang itu, terbukti bahwa mobil otonom punya tingkat keamanan yang tinggi, walaupun tanpa sopir. Dengan begitu, bisa terbayangkan bukan, jenis mobil ini tak akan lama lagi dijual secara masal.

Penjualan Mobil Bakal Dikuasai Mobil Tanpa Sopir

Bahkan, jika mobil otonom alias mobil tanpa sopir sudah resmi dijual, diperkirakan bakal mampu menguasai sebagian besar pasaran mobil. The Detroit News melansir, analis dari Barclays Plc–perusahaan jasa keuangan multinasional di Inggris, Brian Johnson menyebutkan bahwa mobil otonom bakal sukses besar. Bahkan kesuksesannya akan mampu meraih 40 persen pasaran mobil dunia.  Menurutnya, dengan teknologi otonom alias tanpa sopir sebuah keluarga akan memilih bergantian menggunakan sebuah mobil, karena mereka tak perlu bersusah payah menyetir. Kepraktisan itulah yang akan membuat orang sangat tertarik memakai mobil jenis ini.

Johnson juga menjalaskan, masuknya moibil otonom, juga akan bedampak pada jumlah kepemilikan mobil. Mobil otonom akan membuat tingkat kepemilikan mobil turun hingga setengahnya.

“Preseden telah terjadi sebelumnya,” kata Johnson. “Ketika mobil belum ada, kuda telah memainkan peran penting seperti halnya mobil. Namun, saat kendaraan roda empat itu hadir, maka populasi kuda menurun tajam,” ujarnya.

Advertisement

Kesuksesan mobil otonom kelak, juga dinyatakan oleh Boston Consulting Group. Menurut perusahaan itu,  penjualan mobil otonom bakal terus tumbuh hingga nilainya mencapai US$ 42 miliar atau sekitar Rp 546 triliun pada 2025 mendatang. Bahkan pada 2035 penjualan mobil tanpa sopir itu diperkirakan mencapai 25 persen dari total penjualan mobil secara global.

Semakin jelasnya “nasip”mobil otonom ketika sudah meluncur di pasaran, juga terlihat dari semakin banyaknya pihak yang tertarik dengan mobil otonom. Kabar terbaru menyebutkan, tahun 2016 nanti akan ada 5000 taksi tanpa pengemudi di jalan – jalan kota New York. Hal tersebut mencuat setelah Wali kotanya, De Blasio menandatangani kontrak dengan Google. Baca juga Mobil Tanpa Sopir Buatan Google Alami 11 Kecelakaan dan Mobil Tanpa Sopir Tempuh Ribuan Kilometer.

.

Top