Harga Suzuki Karimun Wagon R AGS 2017, Review, Spesifikasi & Gambar

Harga Karimun Wagon R AGS dan Spesifikasi – Di tengah lesunya penjualan mobil di Tanah Air, tak serta merta diikuti dengan berkurangnya varian-varian baru yang dirilis oleh masing-masing pabrikan. Salah satu pabrikan yang terus optimis menghadapi lesunya industri otomotif Indonesia adalah Suzuki. Memasuki kuartal dua tahun 2015 ini, Suzuki mengenalkan Suzuki Karimun Wagon R AGS yang merupakan varian terkini dari generasi Suzuki Karimun Wagon R. PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) selaku pemegang merk Suzuki di Indonesia kembali meramaikan segmen Low Cost Green Car (LCGC) lewat Suzuki Karimun Wagon R AGS yang hadir dengan fitur-fitur baru. Suzuki Karimun Wagon R sendiri cukup sukses di pasar otomotif roda empat Tanah Air. Mobil LCGC racikan Suzuki tersebut seolah menjadi primadona baru city car yang cocok untuk daerah perkotaan. Kini, dengan kehadiran Suzuki Karimun Wagon R AGS, Suzuki mencoba memberikan gairah baru di tengah lesunya industri otomotif Tanah Air lewat konsep mobil mini yang cocok untuk semua kalangan.

suzuki karimun wagon r ags

Setelah sukses mengemas Karimun Wagon R lewat konsep ‘SUPER Drive’-nya, kini Suzuki membawa inovasi baru lewat Suzuki Karimun Wagon R AGS yang sudah mulai di pasarkan pada bulan Juni ini. Tetap mempertahankan mesin 12 silinder berkubikasi 998 cc, mobil mungil ini akan pas bagi Anda yang tinggal di perkotaan dengan kesibukan tinggi. Selain mempertahankan kapasitas mesin yang cocok di area perkotaan tersebut, Suzuki Karimun Wagon R AGS juga dibekali dengan teknologi baru Suzuki yang diberi nama Auto Gear Shift (AGS). Teknologi transmisi ini akan memungkinkan Anda mengubah sistem transmisi pada Suzuki Karimun Wagon R AGS ini. Yup! mobil Suzuki ini telah menggunakan sistem penggerak ganda, yaitu transmisi manual (MT) dan juga otomatis atau matic (AT). Nah untuk lebih jelasnya, Mas Sena sudah menyiapkan ulasan lengkap mengenai detail spesifikasi dan harga Suzuki Karimun Wagon R AGS pada segmen-segmen di bawah ini.

karimun wagon r ags

Review Suzuki Karimun Wagon R AGS

Eksterior

Bodi Mungil yang Semakin Elegan

Kita mulai mengulas spesifikasi Karimun Wagon R AGS dari tampilan luarnya. Kali ini, Suzuki tak banyak melakukan ubahan pada mobil LCGC andalannya ini. Dari depan, mobil ini tampak memiliki ‘wajah’ yang lebih elegan jika dibandingkan dengan Suzuki Karimun Wagon R generasi sebelumnya. Wajah Suzuki Karimun Wagon R AGS nampak lebih stylish dengan konsep headlamp kotak di dua ujung yang disatukan oleh aken krom dan logo Suzuki di tengahnya. Front grill Suzuki Karimun Wagon R AGS kali ini juga nampak lebih mewah dengan dua lampu tambahan berbentuk bulat yang terletak di sudut bawah. Untuk bagian bodinya, Suzuki tetap setia dengan bentuk ‘semi kubus’ dengan lengkungan lembut pada mobil mungil ini. Pada spesifikasi Suzuki Karimun Wagon R AGS di bagian buritan, Suzuki juga tetap menggunakan desain lampu utama belakang pada posisi berdiri. Sekilas, Wagon R AGS ini memang nampak lebih elegan dan stylish.

Interior

Kabin Ekstra Lega dengan Interior Berkelas

Berpindah ke spesifikasi Karimun Wagon R AGS di sektor interior, kita akan menemukan unit mobil mini namun dilengkapi dengan interior yang cukup mewah. Mobil LCGC andalan Suzuki ini memiliki kapasitas 5 orang dengan ruang kabin yang cukup luas. Berbeda dengan LCGC lainnya yang akrab dengan kesan ‘sesak’, Suzuki Karimun Wagon R AGS jauh dari kesan tersebut karena memiliki ruangan yang luas dan memberikan kenyamanan ekstra bagi penumpangnya. Selain ruang yang cukup lega, Suzuki Karimun Wagon R AGS juga memiliki konsep interior yang cukup mewah. Untuk setiap bangkunya, Suzuki menggunakan ‘high quality leather’ yang dipastikan sangat nyaman. Pada sektor ruang kemudi, Suzuki Karimun Wagon R AGS juga membawa kemewahan dalam tampilan sederhananya. Dashboard pada mobil ini dipenuhi oleh panel speedometer, posisi gigi untuk transmisi manual, serta indikator penunjuk bahan bakar. Di sebelahnya, ada unit hiburan berupa perangkat audio serta panel pengatur suhu AC. Spesifikasi Suzuki Karimun Wagon R AGS di bagian interior juga menyediakan ruang bagasi yang cukup luas. Bahkan satu unit sepeda lipat pun bisa muat ke bagasi mobil ini.

spesifikasi suzuki karimun wagon r ags

Dimensi

Dimensi Minimalis yang Cocok untuk Perkotaan

Selain mempertahankan bentuk bodi dengan tampilan lebih elegan, spesifikasi Karimun Wagon R AGS pada sektor dimensi atau rangka juga masih mengadaptasi konsep Karimun Wagon R generasi lama. Mobil empat pintu ini memiliki ukuran tubuh 3.635 x 1.475 x 1.670 mm dengan bobot kosong mencapai 835 kg. Rangka Suzuki Karimun Wagon R AGS dibangun dengan suspensi MacPheron untuk bagian depan serta suspensi ‘coil spring’ untuk suspensi belakang. Sementara itu, untuk sistem pengereman Suzuki menggunakan sistem vertilated disc untuk rem depan dan rem drum untuk bagian belakang. Kemudian untuk bagian kemudi, Suzuki Karimun Wagon R AGS dibekali dengan sistem kemudi ‘Rack and Opinion’ yang akan mempermudah pengemudi saat berkendara. Pada spesifikasi Suzuki Karimun Wagon R AGS juga memiliki jarak poros antar roda mencapai 2.400 mm yang akan memudahkan pengemudinya untuk bermanuver.

Mesin

Berkendara Makin Mudah dengan Sistem Auto Gear Shift

Sekarang saatnya kita membahas spesifikasi Karimun Wagon R AGS di sektor dapur pacu. Kali ini, Suzuki tetap mengandalkan mesin DOHC 12 katup berkapasitas 998 cc untuk menggerakkan mobil mungil ini. Mesin 3 silinder pada Suzuki Karimun Wagon R AGS tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 68 PS pada 6.200 rpm serta torsi maksimal mencapai 90 Nm pada 3.500 rpm. Jadi, meski tertanam pada mobil yang cukup kecil ternyata mesin Karimun Wagon R AGS tersebut merupakan mesin yang tangguh dan responsif. Selain itu, mesin Suzuki Karimun Wagon R AGS juga tipe mesin yang irit konsumsi bahan bakar karena sudah menggunakan teknologi Electronic Control Unit (ECU) dan juga Transmission Control Modul. Teknologi pada Suzuki Karimun Wagon R AGS ini mampu memberikan perpindahan gigi dalam waktu yang optimal untuk memberikan kenyamanan berkendara layaknya transmisi otomatis dan lebih hemat bahan bakar layaknya transmisi manual. Keunggulan lain pada spesifikasi Suzuki Karimun Wagon R AGS adalah sistem Auto Gear Shift yang akan memberikan kemudahan bagi Anda untuk memilih berkendara dalam mode ‘manual transmission’ atau ‘automatic transmission’.

spesifikasi karimun wagon r ags

Fitur

Fitur Keamanan Lengkap

Setelah mengulas bagian eksterior serta mesinnya, sekarang kita akan membahas spesifikasi Karimun Wagon R AGS di sektor fitur-fitur hiburan serta keamanannya. Untuk menjamin keamanan pengemudianya, Suzuki menyematkan unit seat-belt di bagian bangku kemudinya. Selain itu, Suzuki Karimun Wagon R AGS juga telah dilengkapi dengan sistem Immobilizer yang menggunakan sistem pengunci signal yang terhubung ke bagian ECU mesinnya. Lalu, Suzuki Karimun Wagon R AGS juga dilengkapi pula dengan child proof rear door locks pada pintu belakang mobil. Sementara itu, sistem ‘keyless enntry’ menjadi pelengkap dari spesifikasi Suzuki Karimun Wagon R AGS di bagian fitur keamanan dan kenyamanan.

Spesifikasi Suzuki Karimun Wagon R AGS

Mesin
Tipe K10B, DOHC
Isi Silinder 998 cc
Jumlah Katup 12
Jumlah Silinder 3 silinder 12-valve engine
Diameter x Langkah 73 x 79,5 mm
Perbandingan Kompresi 10
Daya Maksimum 68/6.200 PS/rpm
Torsi Maksimum 90/3.500 Nm/rpm
Sistem Bahan Bakar Multi-point Fuel Injection
Dimensi
Panjang x Lebar x Tinggi 3.635 x 1.475 x 1.670 mm
Jarak Poros Roda 2.400 mm
Jarak Pijak Depan 1.295 mm
Jarak Pijak Belakang 1.290 mm
Jarak Terendah 165 mm
Radius Putar Maksimum 4.6 m
Transmisi
Perbandingan Gigi Akhir MT (Manual) : 4.388 / AGS (Matic) : 4.705
Bodi
Berat Bersih 835 kg
Berat Kotor 1.350 kg
Rangka
Sistem Kemudi Rack & Opinion, EPS
Suspensi Depan MacPheron strur with coil spring
Suspendi Belakang 3 links rigid with coil spring
Rem Depan Ventilated Disc
Rem Belakang Drum
Uuran Velg/Ban 175/65 R14
Kapasitas
Tempat Duduk 5
Tangki Bahan Bakar 35 liter

Harga Suzuki Karimun Wagon R AGS

Nah, itulah tadi ulasan Mas Sena tentang mobil mungil racikan Suzuki ini. Sekarang, kita akan mengulas mengenai kisaran harga Karimun Wagon R AGS yang sudah mulai dipasarkan di Indonesia mulai minggu ini. Sebagai mobil LCGC, sebenarnya Karimun Wagin R AGS ini termasuk mobil LCGC kelas atas. Hal ini bisa dilihat dari interior Suzuki Karimun Wagon R AGS yang cukup ‘mewah’ untuk ukuran LCGC. Selain itu, desain mobil ini juga cukup menarik jika dibandingkan dengan LCGC lainnya semisal Toyota Agya atau Daihatsu Ayla. Kisaran harga Suzuki Karimun Wagon R AGS juga dipengaruhi oleh teknologi-teknologi baru yang dibawa oleh mobil ini. Seperti sudah Mas Sena singgung di atas tadi, mobil ini dibekali dengan teknologi Auto Gear Shift yang akan memberikan kemudahan bagi pengemudinya. Hmmm, dengan teknologi canggih semacam itu, kira-kira harga Suzuki Karimun Wagon R AGS ini berapa ya?

harga suzuki karimun wagon r ags

harga karimun wagon r ags

Sesuai dengan segmentasinya, yaitu mobil ‘low cost’, kisaran harga Karimun Wagon R AGS ini memang bisa dibilang masih terjangkau untuk masyarakat kelas menengah. Suzuki pun merilis Suzuki Karimun Wagon R AGS dalam empat pilihan tipe yang bisa disesuaikan dengan karakter konsumennya. Untuk tipe paling murah, Karimun Wagon R AGS tersedia dalam tipe GL yang berbanderol Rp. 113,000,000. Sementara itu, harga Suzuki Karimun Wagon R AGS tipe GX dan GS jauh lebih mahal karena berada pada kisaran harga Rp. 120,000,000 hingga Rp. 121,500,000. Sedangkan harga Suzuki Karimun Wagon R AGS yang paling mahal jatuh pada tipe Dilago dengan banderol mencapai Rp. 122,000,000.

Harga Karimun Wagon R AGS

Tipe Harga
Suzuki Karimun Wagon R AGS GL Rp 113,000,000
Suzuki Karimun Wagon R AGS GX Rp 120,000,000
Suzuki Karimun Wagon R AGS GS Rp 121,500,000
Suzuki Karimun Wagon R AGS Dilago Rp 122,000,000

Dengan kisaran harga Karimun Wagon R AGS yang beragam tersebut, konsumen Suzuki akan dimanjakan oleh unit mobil-mobil yang sesuai dengan karakter dan tentunya isi kantong. Jika dibandingkan dengan harga LCGC produksi pabrikan lain, sebenarnya harga Suzuki Karimun Wagon R AGS ini sangat kompetitif. Berbekal harga yang cukup kompetitif ini, generasi terbaru dari keluarga Karimun Wagon R ini kami prediksi akan mengulangi seri-seri Wagon R sebelumnya. Salah satu keunggulan Suzuki Karimun Wagon R AGS ini pastinya adalah teknologi Auto Gear Shift yang akan memberikan pengalaman unik mengendarai mobil mini tangguh bermesin manual atau berkendara elegan dengan mobil mungil bermesin matic. Nah, bagaimana? Siap menebus harga Suzuki Karimun Wagon R AGS yang memiliki bodi mungil berdesain mewah ini? Baca juga Suzuki Karimun Wagon GS dan Suzuki Celerio.

  • firmansyah

    mobil wagon r ini luar biasa bensinya irit banget seperti motor matic

  • rheza

    serius irit..saya pake dari bandung – karawang (tol cileunyi – karawang barat) sekitar 120 km total dihitung dari rumah sampai ke rumah (one way) , cuma abis 1 strip bensin….

  • suprie

    brother…info dong yg jual gril wagon r (ada logo S) seperti gambar karimun warna coklat, klo ada yg tau info k : 087833747999
    Thanks

Top