Apa Biang Overheat Pada Kendaraan?

Banyak Hal yang Bisa Sebabkan Overheat – Anda pernah mendengar istilah overheat? Atau jangan-jangan malah begitu akrab dengan yang satu ini, karena sering mengalaminya? Pengalaman overheat, memang begitu menjengkelkan untuk para pengguna kendaraan. Gejala awal yang dialami, mesin akan terasa ‘batuk-batuk’. Setelah itu, akan terasa kehilangan tenaga. Hal tersebut disebabkan karena kombinasi panas dan tekanan ruang mesin yang melebihi batas octane BBM kendaraan kita. Mesin pun akan mendadak mati, diikuti dengan kap mesin yang mengepulkan asap. Nah, jika anda aktif mengendarai mobil, alangkah baiknya jika anda mengetahui apa saja biang terjadinya overheat. Dengan begitu, setidaknya anda bias mengantisipasi terjadinya overheat. Penasaran? Mas Sena punya bahasannya untuk anda.

biang penyebab overheat

Cairan radiator sering jadi biang keladi

Mungkin, anda adalah salah satu dari sejuta umat, yang kadang lalai dalam mengecek cairan pendingin pada radiator. Jangan salah, hal itu menjadi biang utama overheat kendaraan.  Anda hanya perlu memeriksa apakah volumenya cukup. Bila terjadi kekurangan, maka ada baiknya menyesuaikannya sesuai standar. Hal ini jadi sangat penting, karena jika air radiator  sering sekali habis, maka akan menimbulkan karat dan lubang. Dengan begitu, komponen radiator mobil anda bias bocor. Jangan lupa kjuga untuk memeriksa selang pada radiator. Bagian ini, kadang menjadi masalah pada mobil-mobil berumur.

Bagaimana kondisi Thermostat pada mobil anda?

Thermostat adalah sebuah komponen yang berfungsi menstabilkan arus air yang berputar. Praktis, bila ini tidak berfungsi dengan baik atau rusak, maka air akan bermasalah dan berujung pada suhu mesin yang tidak stabil dan bisa mengakibatkan overheating.

Sirkulasi air radiator terganggu karena water pump

Advertisement

Sirkulasi air pada radiator, menjadi hal yang sangat penting. Maka otomatis, water pump alias pompa, juga menjadi bagian yang vital. Selain berfungsi sebagai pompa, water pump memiliki peran dalam sirkulasi air ke mesin untuk proses pendinginan.Rusaknya water pump bisa disebabkan umur dari komponen itu sendiri. Terlebih lagi komponen yang terendam air bisa menimbulkan karat. Oleh sebab itu, ada baiknya melakukan pengurasan radiator secara berkala. Pastikan pula air yang diisi ke radiator berkualitas. Baca juga Mobil Kepresidenan, Pastinya Bukan Mobil Sembarangan dan Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Touring dengan Motor.

 

Top