Agar Rantai Motor Tak Mudah Putus

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan, Agar Rantai Motor Tak Mudah Putus – Bro and Sist pernah mengalami rantai sepeda motor lepas atau bahkan putus, saat berkendara? Wah…semoga saja tidak ya. Karena hal tersebut sangat membahayakan keselamatan pengendara. Bicara soal rantai motor yang kendur bahkan utus, Budi Santoso, mekanik Autohall Motor Bekasi, Jawa Barat, menganjurkan untuk lakukan perawatan rantai secara berkala. Kotoran dan lumpur yang menempel, sangat mungkin membuat rantai berkarat dan menimbulkan problem. Belum lagi soal teganggan rantai. Apabila terlalu kencang, sangat mungkin putus saat dibawa berkendara. Bro snd Sist tidak mau itu terjadi kan? Nah, kali ini mas Sena bakal membantu anda, untuk mengetahui hal-hal penting soal rantai motor. Dengan begitu, maka rantai motor anda menjadi tak akan mudah putus. Hal-hal apa saja yang dimaksud? Yuk ikuti mas Sena!

agar rantai motor tak putus

Setel rantai dengan posisi yang benar

Melakukan setel rantai, memang menjadi hal yang begitu penting, untuk melindungi dari putus rantai. Tapi perlu Bro and Sist ketahui, bahwa penyetelan rantai bukan berarti harus dikencangkan atau hanya dikendurkan. Yang lebih penting untuk diperhatikan adalah pengunci rangkaian ban dan pelek yang perlu diluruskan. Biasanya, penyetelan ini dilakukan setelah motor menempuh jarak kurang lebih 1.000 kilometer atau minimal sebulan sekali. Selain menyetel rantai secara teratur, harus diperhatikan juga posisi rantai yang benar. Yang satu ini tak bisa diremehkan, karena posisi rantai juga sangat berpengaruh akan ketahanan rantai motor. Jika posisinya miring, maka dengan sendirinya rantai itu juga akan menggesek bagian yang lain dan terkikis. Jangan biarkan rantai motor mengeluarkan suara-suara yang bising.

Bersihkan kotoran yang menempel pada rantai

Seperti yang sudah sedikit mas Sena singgung di bagian awal tadi, membersihkan kotoran pada rantai, akan membantu rantai motor tetap dalam kondisi baik. Dengan begitu, akan membantu juga meminimalisir putusnya rantai. Kotoran yang biasanya melekat pada rantai terdiri dari debu, tanah, atau pasir . Walaupun kelihatannya kecil, namun patikel-partikel itu bisa mengikis rantai motor secara perlahan-lahan. Kotoran yang lama mengendap, akan menimbulkan karat. Bersihkan rantai tersebut dengan minyak, atau semprotkan cairan khusus untuk rantai motor. Minimal, membersihkan rantai dilakukan sebulan sekali.

Aturan memotong rantai motor

Untuk mengatasi rantai kendur, cara praktis yang bisa dilakukan adalah memotong satu mata rantai. Namun, usahakan jangan lebih dari satu kali, sebab gerakan rantai akan menjadi kurang maksimal. Pabrikan motor biasanya sudah memperhitungkan jarak gir dan rantai motor. Baca juga Alasan Kenapa Gir dan Rantai Sepeda Motor Harus Diganti Secara Bersamaan dan Banyak Hal yang Bisa Sebabkan Overheat.

Top