Ini Dia Penyebab Merosotnya Penjualan Motor di Indonesia Menurut Yamaha

Penyebab Merosotnya Penjualan Motor di Indonesia Menurut Yamaha – Telah kita ketahui bersama bahwa penjualan sepeda motor keseluruhan di Indonesia sepanjang bulan Januari hingga April 2015 ini memang mengalami penurunan yang cukup signifikan. Bagaimana tidak penurunan penjualan kendaraan roda dua ini mencapai 25 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2014 lalu. Memang penurunan penjualan motor di Indonesia disebabkan oleh berbagai hal. Salah satu petinggi produsen sepeda motor Jepang yang ada di Indonesia pun juga mengatakan demikian, yaitu Dyonisius Beti, selaku Vice Presiden PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), yang mengatakan serangkaian faktor memang memicu penurunan daya beli sepeda motor oleh masyarakat Indonesia.

Penyebab Merosotnya Penjualan Motor di Indonesia Menurut Yamaha

Dikatakan oleh salah satu petinggi YIMM tersebut menyatakan bahwa beberapa faktor penurunan penjualan motor memang disebabkan oleh pengaruh perekonomian di Tanah Air. Mulai dari kenaikan BBM yang sudah terjadi pada akhir tahun lalu, kemudian kenaikan harga beras, harga gas, dan turunnya pendapatan ekonomi menengah kebawah sampai merosotnya harga komoditas dari luar Jawa.

Advertisement

Bahkan menurut Dyon, ketika harga BBM naik pada akhir tahun 2014 lalu otomotis juga memicu kenaikan tarif pada sektor lainnya sehingga berujung menaiknya harga barang-barang dan kebutuhan pokok lainnya. Meskipun harga BBM sempat turun namun efek berantai yang disebabkan oleh kenaikan sebelumnya tetap terjadi. Akibatnya jelas bahwa anggaran rumah tangga akan berbagai kebutuhan pun ikut meningkat. Dari kondisi tersebut maka jelas mempengaruhi daya beli sepeda motor di Indonesia.

Selain kondisi ini juga dialami di Indonesia, ternyata kondisi ini juga dialami oleh beberapa negara di Eropa serta Asia lainnya.

Lebih lanjut lagi dikatakan oleh petinggi YIMM tersebut bahwa kondisi ini ternyata dipengaruhi oleh sektor perikanan, dimana nelayan makin sulit karena adanya kebijakan Kementerian Kelautan dan Perikanan yang melarang penangkapan ikan secara ilegal yang merusak. Memang kebijkan tersebut sangat berdampak baik bagi Laut Indonesia. Tetapi sayangnya Pemerintah Indonesia tidak memberikan jalan keluar yang solutif bagi nelayan sehingga daya daya beli masyarakat yang selama ini merupakan calon pembeli potensial sepeda motor di Indonesia juga menurun. Baca juga Yamaha NMAX 125 Produksi Indonesia Hadir di Eropa dan PGM V8, Superbike Gahar dari Australia.

Top