Gas Pilihan Bahan Bakar Alternatif untuk Sepeda Motor

Gas Pilihan Bahan Bakar Alternatif untuk Sepeda Motor – Tidak stabilnya harga bahan bakar minyak beberapa waktu belakangan ini memang membuat bingung masyarakat Indonesia. Apalagi saat ini harga bahan bakar minyak sudah mulai kembali diharga normal yang mana harganya terus melambung. Tentu saja dengan kondisi tersebut mencekik masyarakat bagi yang memiliki ekonomi lemah. Maka dari itu demi menghemat pengeluaran, bahan bakar alternatif pun dicari dan dikembangkan. Saat ini yang sangat populer adalah bahan bakar gas yang dapat dimanfaatkan sebagai tenaga penggerak sepeda motor. Ternyata teknologi konversi bahan bakar gas pada sebuah sepeda motor sebagai tenaga penggerak tersebut diciptakan oleh sekelompok mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Dimana mereka telah menciptakan sebuah alat konverter (Converter Kits), yang merupakan alat untuk mengubah gas LPG menjadi bahan bakar kendaraan bermotor. Kelompok tersebut terdiri dari Angger Gufita, Yadi Prabowo Mukti, serta Muhammad Faturahman Baehaqi dibawah bimbingan dosen, Mujiyono dan Didik Nurhadiyanto.

Gas Pilihan Bahan Bakar Alternatif untuk Sepeda Motor

Salah satu anggota kelompok tersebut yakni Angger Gufita menjelaskan bahwa latar belakang pembuatan alat ini karena beberapa waktu belakangan ini konsumsi bahan bakar minyak (BBM) semakin besar untuk kendaraan bermotor. Sedangkan untuk produksi dari BBM di Indonesia sendiri kian menurun. Belum lagi dengan harga bahan bakar minyak yang tidak stabil dan cenderung meningkat. Maka itu dikembangkanlah bahan bakar alternatif gas dari LGP 3 kg ini.

Di D.I Yogyakarta sendiri memang pemandangan sepeda motor yang membawa gas LGP khususnya gas LGP Hijau 3 Kg bukan hal yang mengejutkan karena saat ini sudah cukup banyak masyarakat yang memilih untuk menggunakan bahan bakar alternatif untuk kendaraan bermotor mereka khususnya sepeda motor.

Untuk sistem kerjanya sendiri dari alat konverter bahan bakar gas tersebut akan mencampur gas dan udara dengan kadar yang tepat untuk diteruskan sebagai tenaga yang dapat dibakar sempurna di ruang pembakaran sepeda motor. Biasanya tabung gas yang sering disebut gas melon ini diletakkan di belakang sepeda motor, dan konverternya diletakkan di dekat mesin.

separator

Dari pemanfaatan gas LPG 3 kg tersebut pun dapat menekan pengeluaran akan konsumsi bahan bakar sepeda motor karena dengan 1 kg gasnya dapat menempuh jarak sekitar 80 km. Sehingga untuk kapasitas LPG 3 kg penuh dapat menempuh jarak 240 km. Sangat irit bukan?

Sebenarnya teknologi konversi bahan bakar gas ini juga dikembangkan dan diciptakan oleh beberapa pihak di wilayah lain di Indonesia. Baca juga Honda PCX 150 dengan Warna Baru Bisa Dipesan di PRJ 2015 dan Yamaha R25 Segera Dipasarkan di India.

Top