Becak Bermotor “Tuk Tuk” Bakal Beroperasi di Jalanan Amerika

Becak Bermotor Khas Asia Akan Beroperasi di AS – Apakah bro dan sis pernang mendengar alat transportasi umum yang bernama “Tuk Tuk”? Ya, alat transportasi ini merupakan sebuah kendaraan roda tiga yang berupa becak bermotor yang dapat dijumpai di beberapa negara di kawasan Asia. Mulai dari Bangkok (Thailand), New Delhi (India), serta Beijing (Tiongkok). Ternyata alat transportasi yang sebenarnya merupakan ciri khas dari Thailand ini bakal menembus ruas jalanan di wilayah di Amerika Serikat. Saat ini diketahui bahwa produsen pembuat becak “Tuk Tuk” ini telah mengizinkan mendirikan sebuah pabrikan baru di Negeri Paman Sam. Tetapi meskipun pabrikan tersebut akan membuat dan menjajakan “Tuk Tuk” di negeri paman sam dengan bentuk yang sama, namun ternyata alat transportasi umum yang bakal beroperasi di Amerika Serikat ini akan mengandalkan sumber tenaga dari motor listrik. Tentunya dengan memanfaatkan tenaga listrik akan membuat penumpang semakin nyaman, sekaligus minim dari polusi udara.

Becak Bermotor Khas Asia Akan Beroperasi di AS

Sesuai informasi yang dilansir dari laman Fox News, Minggu (24/5/15), alat transportasi kendaraan roda tiga dengan sumber tenaga listrik ini memiliki nama eTuk. eTuk sendiri bakal di produksi pada sebuah pabrikan yang berbasis di Denver, Amerika Serikat, yang telah meminta izin Tuk Tuk Amsterdam untuk membuat becak listrik tersebut.

Dilain pihak, ternyata pendiri perusahaan tersebut menyatakan bahwa dengan menggunakan sumber tenaga listrik, akan semakin ramah lingkungan. Diketahui juga bahwa alat transportasi ini nantinya akan dijual kepada invdividu maupun perusahaan penjual makanan.

Untuk harganya sendiri, Direktur Penjualan dan Pemasaran eTuk, Michael Fox, menyatakan bahwa Tuk Tuk bertenaga listrik buatannya tersebut dibanderol dengan rentang harga mulai dari $ 16.950 sampai 25.000 atau setara dengan Rp 220  sampai 325 juta. Dimana rentang harga yang cukup jauh tersebut akan memiliki banderol harga berbeda sesuai dengan fitur yang tersedia.

separator

Hanya saja, becak ini ternyata tidak bisa beroperasi sembarangan di jalanan umum. Hal tersebut dikarenakan oleh faktor keamanan masih menjadi perdebatan di negeri paman sam tersebut. Sehingga, jika sudah mulai beroperasi maka hanya dapat digunakan di pinggiran kota atau wilayah penghubung antara pinggiran kota dengan stasiun atau terminal bus, sebagai mobil golf, atau untuk layanan antar barang.

Tetapi yang pasti, saat ini Ketua Colorado Public Utilities Commission telah memberikan izin becak bertenaga listrik untuk beroperasi di wilayah-wilayah pinggiran kota Amerika Serikat. Lebih lanjut lagi apa pun peruntukannya, jika sudah mulai beroperasi maka harus memperhatikan aspek keamanan dan keselamatan. Menariknya lagi ternyata juru bicara komisi tersebut mengatakan bahwa pihaknya juga akan mengembangkan layanan untuk Tuk Tuk bertenaga listrik tersebut. Dimana akan memberikan kenyamanan bagi penumpang alat transportasi ini. Baca juga Gas Pilihan Bahan Bakar Alternatif untuk Sepeda Motor dan GM Tolak Mentah Rayuan Fiat Crysler.

Top