Harga Kawasaki Athlete Pro, Review & Spesifikasi Mei 2017

Harga Kawasaki Athlete Pro dan Spesifikasi – Persaingan pasar otomotif roda dua di Indonesia tak hanya terjadi pada kelas motor gede atau skuter matik saja. Meski sekarang sepeda motor tipe ‘cub’ atau bebek mulai jarang dilirik, tak berarti pabrikan otomotif lantas menghentikan produksi motor jenis bebek. Setelah Yamaha punya Jupiter Z1 dan Suzuki baru saja merilis Satria F115 Young Star, kini giliran Kawasaki mengenalkan Kawasaki Athlete Pro yang diplot untuk menempati kelas bebek pemula di pasar otomotif roda dua Tanah Air. Selama ini, Kawasaki memang terlihat lebih berfokus pada kelas sport 250cc lewat Ninja Series-nya. Namun dengan kehadiran Kawasaki Athlete Pro kali ini, pabrikan asal Jepang tersebut memberi sinyal bahwa mereka tetap serius menggarap kelas bebek sport Tanah Air. Produk baru bernama Kawasaki Athlete Pro sendiri merupakan generasi ketiga dari keluarga motor bebek ‘ayam jago’ Kawasaki Athlete yang sebelumnya telah diproduksi oleh PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI).

kawasaki athlete pro

Tujuan PT KMI menghadirkan Kawasaki Athlete Pro sudah sangat jelas, yaitu menghidupkan kembali kelas bebek sport pemula di Indonesia. Sebelumnya, nama Kawasaki Athlete memang tak bisa dibilang sukses di Indonesia. Produk motor bebek sport Kawasaki itu tak sanggup menandingi Yamaha Jupiter Z series dan Suzuki Shogun 125 pada awal kemunculannya. Kini, dengan tampilan baru bernama Kawasaki Athlete Pro, pabrikan yang identik dengan warna kebesaran hijau tersebut siap bertarung lagi dengan para kompetitornya di kelas bebek sport pemula. Meski belum membawa mesin Fuel Injection, namun Kawasaki Athlete Pro tetap menawarkan performa tangguh lewat mesin SOHC 2 valves berkapasitas 125 cc. Dengan bantuan kopling manual, motor ini termasuk dalam motor yang memiliki ‘tarikan’ cukup ganas untuk level bebek sport pemula. Selain membawa mesin yang lebih bertenaga, tampilan fisik Kawasaki Athlete Pro pun juga lebih menarik dan semakin sporty. Nah, buat Brosis yang sudah penasaran dengan motor ini, Mas Sena punya ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Kawasaki Athlete Pro pada segmen-segmen di bawah ini. Simak ya!

motor kawasaki athlete pro

Review Kawasaki Athlete Pro

Desain

Desain Sporty dan Lebih Agresif

Baiklah, kita awali pembahasan spesifikasi Kawasaki Athlete Pro dari tampilan fisiknya. Pada generasi ketiga dari keluarga Athlete ini, Kawasaki benar-benar membuat ubahan revolusioner pada tampilan fisik Kawasaki Athlete Pro ini. Jika sebelumunya Kawasaki Athlete memiliki tubuh yang nampak ‘ceking’ dan kesannya ringkih, namun pada generasi terbaru Athlete ini Kawasaki menghadirkan sosok motor bebek sporty dengan tampilan ‘macho’. Tetap menghadirkan desain ‘ayam jago’, Kawasaki Athlete Pro ini tampil lebih gagah dengan bentuk headlamp baru hasil adaptasi dari moge Kawasaki. Bentuk bodi tengah sampai unit cover engine pun juga nampak lebih agresif dengan aksen runcing disetiap sudutnya. Revolusi pada Kawasaki Athlete Pro juga nampak pada sektor buritan. Kali ini, Athlete Pro tampil dengan lampu belakang lebih kecil yang semakin menguatkan aroma ‘racing’. Pembaruan spesifikasi Kawasaki Athlete Pro juga jelas nampak lewat penggunaan knalpot baru yang bentuknya lebih besar dengan desain ala motor gede Kawasaki Ninja 250.

Speedometer

Speedometer Futuristik ala Kawasaki Ninja

Selanjutnya, kita akan membahas spesifikasi Kawasaki Athlete Pro di bagian dashboard atau papan speedometer-nya. Meski memiliki konsep desain sama dengan Kawasaki Athlete generasi lama, namun kali ini Kawasaki Athlete Pro tetap menawarkan sesuatu yang baru. Sekilas, speedometer pada Athlete Pro ini mirip dengan panel speedometer motor sport Kawasaki Ninja, meski merupakan versi sederhananya. Speedometer Kawasaki Athlete Pro terbagi menjadi dua bagian. Panel pertama yang berbentuk bulat berisi indikator kecepatan serta batas kecepatan maskimal. Sedangkan pada sisi lainnya, spesifikasi Kawasaki Athlete Pro pada panel dashboard berisi indikator bahan bakar, posisi gigi atau persneling, serta indikator lampu sein.

spesifikasi kawasaki athlete pro

Dimensi

Dimensi Masih Mengadaptasi Athlete versi Lama

Jika desain luarnya telah mendapat pembaruan yang benar-benar revolusioner, tak demikian halnya dengan spesifikasi Kawasaki Athlete Pro di bagian dimensi tubuhnya. Kali ini, Kawasaki tetap mempertahankan dimensi tubuh Kawasaki Athlete Pro yang masih mengadaptasi Kawasaki Athlete generasi pertama. Unit motor baru lansiran Kawasaki ini masih menggunakan rangka berukuran 1,920 x 650 x 970 mm dengan sistem underbone. Sebenarnya, meski Kawasaki Athlete dari awal terlihat ‘ceking’, namun rangka tubuhnya merupakan rangka yang cukup kuat. Selain mempertahankan rangka dasarnya, Kawasaki Athlete Pro juga memiliki jarak sumbu roda yang sama dengan generasi lamanya, yaitu 1240 mm. Dengan jarak sumbu roda yang pas tersebut, pengguna Kawasaki Athlete Pro bisa bermanuver dengan gesit dalam kondisi sedang melaju kencang. Bobot motor ini juga tak terlalu berat karena hanya berbobot sekitar 104 kg. Kemudian, spesifikasi Kawasaki Athlete Pro di sektor dimensi tubuh juga masih mengadaptasi kapasitas tangki bahan bakar yang sama dengan generasi lamanya. Tangki bahan bakar pada Athlete Pro ini mampu menampung sebanyak 5,2 liter BBM.

Suspensi

Kaki-kaki Lebih Kokoh

Sekarang saatnya kita membahas spesifikasi Kawasaki Athlete Pro di sektor kaki-kaki. Pada dasarnya, Kawasaki pun juga masih mengadaptasi sistem kaki-kaki dari generasi Athlete keluaran lama. Hanya saja, kali ini ada sedikit pembaruan pada Kawasaki Athlete Pro ini. Pada sektor depan, Kawasaki tetap menyematkan roda dengan lingkar velg 17 inci berbalut ban 70/90. Tipe ban ini juda masih sama dengan ban Kawasaki Athlete generasi pertama. Selanjutnya, untuk sektor belakang Kawasaki Athlete Pro dibekali dengan velg ring 17 inci dan dibalut ban berukuran 80/90. Sementara itu, untuk memberikan keamanan kepada pengendaranya, Kawasaki menyematkan rem Petal Single Disc dengan cakram berdimensi 230 mm di bagian depan. Sementara itu, rem belakang pada spesifikasi Kawasaki Athlete Pro menggunakan rem single disc dengan diameter cakram lebih kecil, yaitu 185 mm.

spesifikasi motor kawasaki athlete pro

Mesin

Dapur Pacu Lebih Gahar dengan Kopling Manual

Selanjutnya, kita akan membedah spesifikasi Kawasaki Athlete Pro di sektor utamanya, yaitu bagian dapur pacunya. Mesin yang digunakan Kawasaski pada generasi terbaru Athlete ini pada dasarnya merupakan adaptasi mesin Athlete generasi lama dengan sedikit upgrade untuk menunjang performanya. Kawasaki Athlete Pro tetap menggunakan mesin 4-speed SOHC 2 valves berkapasitas 125 cc. Meski belum mengadopsi mesin injeksi, namun mesin pada Kawasaki Athlete Pro ini telah dibekali dengan karburator KEIHIN PB20 yang mampu menyemburkan tenaga maksimal mencapai 9,65 PS pada 8000 rpm. Jadi, meski bukan teknologi tercanggih, namun mesin pada Kawasaki Athlete Pro ini tetaplah bertenaga dan dijamin kencang. Selain itu, dengan adanya pendingin udara di dalamnya, mesin pada Kawasaki Athlete Pro ini tak akan mudah panas meski gasnya digeber secara terus menerus. Kemudian, salah satu pembaruan yang disematkan Kawasaki pada unit motor barunya ini adalah penggunaan tipe kopling manual. Yup! Saat ini motor sport memang terasa kurang jika masih menggunakan kopling semi-otomatis. Nah kali ini, spesifikasi Kawasaki Athlete Pro di sektor dapur pacu sudah mengadaptasi sistem kopling manual yang dipastikan akan memberikan tarikan cukup ‘galak’ pada motor ini.

Fitur

Fitur Sekelas Motor Sport Kawasaki

Terakhir, kita akan membahas spesifikasi Kawasaki Athlete Pro di bagian fitur-fitur pendukungnya. Sebenarnya, kali ini Kawasaki memang tak terlalu menjejali motor barunya ini dengan fitur-fitur canggih layaknya unit motor masa kini. Minimnya fitur pada Kawasaki Athlete Pro ini memang disesuaikan dengan tipe motornya, yaitu ‘sport usage’. Namun meski begitu, ada beberapa bagian pada Kawasaki Athlete Pro yang merupakan hasil pengembangan dari Athlete generasi lama. Salah satunya adalah suspensi belakang yang terasa lebih empuk dan terlihat kokoh. Untuk suspensi belakang Kawasaki Athlete Pro, pabrikan asal Jepang tersebut memang menggunakan komposisi baru dengan sistem swing-arm yang lebih kokoh. Selain itu, spesifikasi Kawasaki Athlete Pro kali ini juga telah menggunakan basis rangka dan desain ala moge Kawasaki Z series yang membuat penampilannya menjadi semakin gagah dan sporty.

Spesifikasi Kawasaki Athlete Pro

Mesin
Tipe 4-stroke, SOHC 2 valves, single cylinder
Dimensi Bore & Stroke 53,0 x 50,6 mm
Kubikasi 125 cc
Rasio Kompresi 9,8 : 1
Sistem Bahan Bakar Carburator, KEIHIN PB20
Sistem Pendingin Air-cooled
Sistem Pelumasan Forced lubrication (wet sump)
Sistem Pengapian Magneto DC-CDI
Busi NGK C6HSA (reg) / ND U20FS-U (opt)
Transmisi
Tipe Chain Drive / 4-speed return
Tipe Kopling Wet multi disc
Rangka
Tipe Underbone
Suspensi
Suspensi Depan Telescopic fork
Suspensi Belakang 26 mm Swing-arm
Kaki-kaki
Ban & Velg Depan 70/90 – 17 M/C 38P
Ban & Velg Belakang 80/90 – 17 M/C 44P
Pengereman
Rem Depan 230 mm Petal Single Disc
Rem Belakang 185 mm Petal Singel Disc
Dimensi
Panjang x Lebar x Tinggi 1,920 x 650 x 970 mm
Jarak Sumbu Roda 1240 mm
Jarak ke Tanah 150 mm
Tinggi Jok 770 mm
Berat Bersih 104 kg
Kapasitas Tangki 5.2 L
Performansi
Daya Maksimum 9,65 HP / 8000 rpm
Torsi Maksimum 0,94 Kgf.m / 6500 rpm

Harga Kawasaki Athlete Pro

Nah itulah ulasan Mas Sena mengenai spesifikasi si motor bebek rasa Ninja produksi Kawasaki. Sekarang kita akan membahas harga Kawasaki Athlete Pro yang kemunculannya sempat mengagetkan para pecinta otomotif di Indonesia. Dibilang mengagetkan karena PT Kawasaki Motor Indonesia merilis Kawasaki Athlete Pro tanpa disertai gembar-gembor seperti pabrikan lain yang akan menghadirkan unit motor tipe terbaru. Jika dilihat secara sekilas dari tampilan luar, generasi ketiga Kawasaki Athlete ini memang nampak lebih sporty. Chasing yang membalut Athlete Pro pun juga nampak lebih agresif. Karena merupakan versi upgrade, kisaran harga Kawasaki Athlete Pro pun dipastikan akan sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan Kawasaki Athlete generasi lama. Meski tetap mengusung mesin yang sama, namun salah satu kelebihan Athlete Pro ini adalah sudah digunakannya sistem kopling manual. Nah, dengan spesifikasi mesin sama namun tampilan lebih keren, kira-kira harga Kawasaki Athlete Pro ini berapa ya?

harga kawasaki athlete pro

harga kawasaki athlete pro terbaru

Sesuai dengan rilis resmi dari PT Kawasaki Motor Indonesia yang Mas Sena terima, banderol harga Kawasaki Athlete Pro ini berada pada kisaran Rp 17,1 jutaan. Harga itu lebih mahal sekitar Rp 200 ribu dengan Kawasaki Athlete generasi lama. Meski hanya membawa pembaruan pada tampilan luar serta penggunaan kopling manual, namun kehadiran Kawasaki Athlete Pro ini kami prediksi akan mendapat perhatian tersendiri dari penggemar otomotif Tanah Air. Kemunculan generasi terbaru dari Kawasaki Athlete ini juga seperti ‘comeback’ Kawasaki di kelas bebek sport pemula. Dengan tampilan lebih gahar serta kisaran harga Kawasaki Athlete Pro yang cukup terjangkau semua kalangan masyarakat Indonesia, rasanya produk baru ini akan mampu menebus kegagalan Kawasaki Athlete generasi pertama. Banderol harga Kawasaki Athlete Pro kali ini juga sangat kompetitif jika dibandingkan dengan harga para kompetitornya, seperti Yamaha Jupiter Z1 dan juga Suzuki Satria F Young Star.

Harga Kawasaki Athlete Pro
Sekitar Rp 17.100.000,- (OTR Jakarta)

Kisaran harga Kawasaki Athlete Pro yang sangat terjangkau tadi juga bisa menjadi opsi menarik bagi Brosis yang memang menginginkan unit sepeda motor bebek kencang dengan tampilan yang tak ‘pasaran’. Selain itu, dengan harga Kawasaki Athlete Pro yang tak berbeda jauh dengan kompetitornya, generasi baru Athlete ini Mas Sena prediksi akan mampu menarik minat konsumen otomotif Tanah Air di level bebek sport pemula. Salah satu keunggulan yang dibawa oleh Kawasaki Athlete Pro adalah kapasitas mesin yang lebih besar, yakni 125 cc. Apalagi, dengan promosi yang dilakukan Kawasaki dengan ‘menjual’ Athlete Pro sebagai ‘motor bebek rasa Ninja’ Mas Sena memperkirakan unit motor baru Kawasaki ini akan mampu ‘menggoyang’ dominasi Yamaha Jupiter Z series di kelas bebek sport pemula. Paket desain keren dan harga Kawasaki Athlete Pro yang cukup terjangkau pastinya akan menjadi pilihan menarik bagi Brosis yang ingin mencoba sensasi berkendara menggunakan motor bebek dengan performa layaknya motor sport. Baca juga Suzuki Satria F115 Young Star dan Yamaha Jupiter Z1.

  • Farich

    indicator bensinnya berubah apa masih tetep waktu tinggal 1 liter nyala ?

  • mahsun

    aq suka bagian monosoch kususnya dan body skrg lebih macho

  • Anynomous

    Coba kalo ada indikator bensinnya lebih sipp

  • Alif altino

    Mantep tpi paling saya mau cobine Athlete dgn Pronya.

  • Luqman Romadhon Avril

    Suka bodi nya yahuuu tapi ko’ mesin tidur nggak berdiri?

Top