Harga TVS Dazz DFI 2017, Review, Spesifikasi & Gambar

Harga TVS Dazz DFI dan Spesifikasi – Seperti sudah diberitakan sebelumnya, PT TVS Company Motor Indonesia selaku pemegang merk dagang sepeda motor TVS di Indonesia memang semakin agresif berekspansi di pasar otomotif Tanah Air. Lewat unit-unit motor murah namun berkualitas, salah satu pabrikan asal India tersebut berhasil menunjukkan eksistensinya di industri otomotif Indonesia. Kali ini, yang menjadi jagoan baru pabrikan asal Bollywood tersebut adalah TVS Dazz DFI yang merupakan generasi terbaru dari skuter matik andalan TVS, yakni Dazz. Kamis (28/5) kemarin, mengambil tempat di Jakarta, TVS secara resmi meluncurkan TVS Dazz DFI di pangsa pasar skuter matik kelas entry-level. Meski brand TVS belum sekuat merk-merk asal Jepang, namun TVS memastikan bahwa unit skuter matik barunya ini membawa keunggulan mesin dan fitur yang tak kalah canggihnya. Berbekal mesin 110 cc, TVS Dazz DFI ini dipastikan akan semakin meramaikan pangsa pasar otomotif Indonesia.

tvs dazz dfi

Seperti kebanyakan produk skuter matik kelas entry-level, TVS Dazz DFI memang tak mengusung mesin berkapasitas terlalu besar. Namun, penggunaan mesin yang tak terlampau besar ini karena memang tujuan utama dari TVS Dazz DFI ini adalah menonjolkan sisi kenyamanan dan kepraktisan. Basis mesin pada Dazz DFI ini memang masih sama dengan mesin Dazz generasi pertama. Namun, kali ini TVS menyematkan teknologi baru pada unit motor barunya ini. Sebagai generasi penerus Dazz versi lama, TVS Dazz DFI 2015 ini sudah dibekali dengan mesin berteknologi Digitech-R serta Fuel Injection. Fitur-fitur canggih yang sudah ada pada Dazz versi lama pun juga masih dipertahankan. Kali ini, TVS Dazz DFI tetap mempertahankan fitur macam phone charging, low-friction engine, serta ban tubeless. Nah, buat Brosis yang sudah penasaran dengan skuter matik asal India ini, Mas Sena punya ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga TVS Dazz DFI pada segmen-segmen di bawah ini.

motor tvs dazz dfi

Review TVS Dazz DFI

Desain

Desain Minimalis dengan Lekukan Bodi Stylish

Kita awali pembahasan spesifikasi TVS Dazz DFI dari sektor desainnya. Skuter matik buatan TVS ini tetap mempertahankan desain kompak dan minimalis yang selama ini telah menjadi ciri khas TVS Dazz. Bodi TVS Dazz DFI memiliki ukuran 1875 x 670 x 1050 mm dengan bobot mencapai 93 kg. Selain ukuran bodi yang cukup mungil, skuter matik asal India ini memiliki jarak as roda mencapai 1.240 mm sehingga akan mempermudah pengendaranya untuk melakukan manuver. Secara umum, desain tubuh TVS Dazz DFI generasi terbaru ini memang masih identik dengan TVS Dazz versi lama, tanpa ada banyak perubahan. Meski minim pembaruan pada desainnya, namun kali ini TVS Dazz DFI membawa suasana lebih segar berkat livery atau corak warna yang baru. TVS membalut All New Dazz DFI ini dengan empat pilihan warna meliputi Fresh Orange, Passion Orange, Flying Blue serta Candy Pink. Corak baru pada spesifikasi TVS Dazz DFI di bagian desain luar ini tentunya akan membuat motor ini semakin sedap dipandang dan menjadi pusat perhatian di jalanan.

Speedometer

Panel Speedometer Sederhana namun Fungsional

Selanjutnya kita bergerak ke spesifikasi TVS Dazz DFI di bagian panel dashboardnya. Desain panel dashboard pada TVS Dazz DFI ini memang masih terlihat sederhana seperti TVS Dazz generasi lama. Meski nampak sangat sederhana, namun panel indikator pada dashboard Dazz DFI ini cukup user friendly dan pastinya informatif. Pada panel utama, dashboard TVS Dazz DFI menampilkan indikator speedometer atau panel penunjuk kecepatan. Di bagian lain, terdapat panel jarak tempuh, indikator bahan bakar, penunjuk lampu utama, serta panel indikator lampu sein. Dengan tampilan sederhana pada spesifikasi TVS Dazz DFI di bagian dashborad, hal ini akan memudahkan pengendaranya saat ingin mengetahui kondisi sepeda motornya.

spesifikasi tvs dazz dfi

Dimensi

Dimensi Ramping dengan Kesan Elegan

Kemudian, spesifikasi TVS Dazz DFI di sektor dimensi tubuh juga tetap mempertahankan bentuk minimalis dengan akses lekukan yang cukup stylish. Seperti sudah Mas Sena singgung di awal tadi, ukuran tubuh TVS Dazz DFI memang masih mengadaptasi ukuran tubuh TVS Dazz versi lama yang mengusung bentuk bodi kompak namun tetap nyaman di kendarai. Dengan bobot hanya sekitar 93 kg, TVS Dazz DFI akan nampak ramping sehingga akan sangat mengasyikkan saat dibawa menyusuri jalan-jalan sempit di perkotaan. Selain bentuk bodi ramping dan jarak antar sumbu roda yang pas, spesifikasi TVS Dazz DFI juga semakin sempurna dengan penggunaan tangki bahan bakar berkapasitas 5,1 liter. Dengan tangki yang cukup besar, jarak tempuh motor ini pun juga lebih jauh jika dibandingkan dengan skutik-skutik lainnya.

Suspensi

Kaki-kaki Tangguh, Aman dan Nyaman

Selanjutnya, kita akan membahas spesifikasi TVS Dazz DFI di bagian kaki-kakinya. Pada unit motor barunya ini, TVS memang menyematkan komponen-komponen yang pas dan seimbang. Karena memiliki dimensi bodi yang cukup kecil, maka TVS pun juga menempatkan sistem suspensi yang aman dan nyaman pada TVS Dazz DFI ini. Untuk suspensi depan, TVS menggunakan teknologi Telescopic Shock Absorber yang akan memberikan handling sempurna serta sistem kemudi yang mudah dikendalikan. Sementara itu untuk suspensi belakang, TVS Dazz DFI mengusung teknologi Single Shock Absorber yang akan memberikan kenyamanan ekstra pada pemboncengnya. Untuk bagian roda, spesifikasi TVS Dazz DFI dibekali dengan velg 14 inci yang dibalut dengan ban depan berukuran 80/90 serta ban belakang berukuran 90/80.

spesifikasi motor tvs dazz dfi

Mesin

Dapur Pacu Canggih dengan Teknologi Digitech R dan DFI

Beralih pada spesifikasi TVS Dazz DFI di sektor dapur pacu, kita akan mengulas mesin racikan TVS yang ternyata cukup tangguh dan pastinya irit. Untuk generasi baru Dazz ini, sebenarnya TVS masih menggunakan basis mesin yang sama dengan TVS Dazz versi lama. TVS Dazz DFI tetap mengusung mesin SOHC 4 langkah berkapasitas 109,65 cc. Mesin tersebut mampu menghasilkan daya maksimum mencapai 6,4 kW pada 75000 rpm serta torsi sebesar 8,7 Nm pada 5500 rpm. Namun, kali ini TVS memberikan sentuhan teknologi baru pada mesin TVS Dazz DFI ini. TVS menyematkan mesin CVT berpendingin udara yang telah dibekali dengan teknologi Digital Fuel Injection. Selain itu, spesifikasi TVS Dazz DFI di sektor dapur pacu juga mengusung teknologi Digitech R yang akan membuat mesin pada motor ini bertenaga namun tetap irit konsumsi bahan bakar.

Fitur

Fitur Modern untuk Kesempurnaan Berkendara

Terakhir, kita akan membedah spesifikasi TVS Dazz DFI di bagian fitur-fitur keamanan dan juga keselamatannya. Sebagai unit sepeda motor kelas entry-level, namun ternyata TVS membekali TVS Dazz DFI dengan fitur-fitur canggih yang tak bisa ditemukan pada produk lain. Salah satu fitur canggih tersebut adalah fitur Secure Key dan juga fitur Parking Brake Lock yang akan menjaga keamanan TVS Dazz DFI saat ditinggalkan oleh pemiliknya. Selain itu, skutik baru racikan TVS ini juga sudah menggunakan dua ban tubeless di masing-masing rodanya. Fitur canggih lainnya yang ada pada spesifikasi TVS Dazz DFI adalah fitur I-Charge di bagian deck-nya yang bisa Brosis manfaatkan untuk men-charge unit smartphone atau gadget milikmu.

Spesifikasi TVS Dazz DFI

Mesin
Tipe 4-tak SOHC, Digitech R
Bore x Store 53,5 x 48,8 mm
Kapasitas Mesin 109,65 cc
Sistem Pendingin Air Cooled
Sistem Bahan Bakar Digital Fuel Injection (DFI Logic)
Daya Maksimum 8,7 bHp (6,4 kW/7500 rpm)
Torsi Maksimum 8,7 Nm/5500 rpm
Dimensi
P x L x T 1.875 x 670 x 1050 mm
Jarak Sumbu Roda 1240 mm
Jarak ke Tanah 115 mm
Berat 93 kg
Kapasitas Tangki Bensin 5,1 L
Kelistrikan
Starter Electric & Kick Starter
Battery Maintenance Free 12V 3,5 Ah
Tipe Busi UR4KC
Kaki-kaki
Ban Depan 80/90 – 14 M/C Tubeless
Ban Depan 90/80 – 14 M/C Tubeless
Rem Depan Cakram 200 mm
Rem Belakang Drum 130 mm
Suspensi Depan Telescopic Shock Absorber
Suspensi Belakang Single Shock Absorber

Harga TVS Dazz DFI

Itulah tadi ulasan Mas Sena mengenai produk baru yang dirilis oleh PT TVS Motor Company Indonesia pada Kamis (28/5) kemarin. Sekarang kita akan membahas kisaran harga TVS Dazz DFI yang konon katanya sangat terjangkau. Sebelum Mas Sena membeberkan harga resmi TVS Dazz DFI, kami akan memberikan sedikit kesimpulan dari apa yang telah kita bahas tadi. Dari sektor mesin, meski hanya dibekali dengan mesin 110 cc, namun Dazz DFI ini telah dibekali dengan mesin berteknologi injeksi yang membuatnya menjadi lebih irit dan tetap kencang. Kemudian, kisaran harga TVS Dazz DFI juga akan dipengaruhi oleh adanya fitur canggih macam I-Charging yang ada pada motor ini. Nah, kira-kira harga TVS Dazz DFI ini berapa ya?

harga tvs dazz dfi

harga tvs dazz dfi terbaru

Benar saja, ternyata kisaran harga TVS Dazz DFI ini sangatlah terjangkau sekali. Sesuai dengan rilis resmi TVS Indonesia pada Kamis kemarin, TVS membanderol TVS Dazz DFI dengan harga OTR Jakarta Rp 12,600,000. Banderol harga yang dikeluarkan TVS tersebut memang masuk dalam kategori sangat murah dan bisa dijangkau oleh semua kalangan. Kisaran harga TVS Dazz DFI tersebut hanya terpaut sekitar Rp 700 ribuan dengan harga TVS Dazz versi karburator. Selain itu, banderol harga yang disematkan pada Dazz DFI ini juga jauh lebih murah jika dibandingkan dengan produk-produk skuter matik asal Jepang lainnya. Meski brand TVS belumlah sekuat brand sepeda motor asal Jepang, namun dengan kisaran harga TVS Dazz DFI yang sangat murah tadi tentunya ini akan menjadi pertimbangan tersendiri bagi calon pembelinya.

Harga TVS Dazz DFI
Sekitar Rp 12.600.000,- (OTR Jakarta)

Banderol harga TVS Dazz DFI di atas menurut Mas Sena memang sudah sangat sesuai dengan spesifikasi mesin dan juga fitur yang ada pada motor asal India tersebut. Meski masih kalah secara branding, namun dengan tawaran harga TVS Dazz DFI yang cukup murah serta dibekali dengan fitur canggih seperti I-Charging, Mas Sena memprediksi motor ini akan mendapat tempat tersendiri di pasar otomotif Indonesia. Kehadiran TVS Dazz DFI ini juga semakin menunjukkan keseriusan TVS yang meyasar pangsa pasar kelas menengah ke bawah di Indonesia dengan merilis produk-produk berharga murah namun tetap berkualitas. Buat Brosis yang memiliki mobilitas tinggi, harga TVS Dazz DFI yang cukup terjangkau ini pastinya menjadi sebuah opsi menarik. Baca juga Yamaha Mio M3 dan Honda Beat eSP.

  • Liqiu

    Waw Amazing Meisya jadi pengen beli hehe

  • Asen Tamba

    Susah Dialernya.

Top