Garuda UNY Kibarkan Merah Putih pada Lomba Mobil Mahasiswa di Korea Selatan

UNY Raih Juara dan Gelar pada ISGC di Korea Selatan – Meskipun Indonesia merupakan salah satu negara konsumtif akan kebutuhan alat transportasi. Namun tidak lantas Indonesia ketinggalan akan pengembangan otomotif dunia. Terbukti saat ini mulai banyak alat transportasi baik itu kendaraan roda dua, empat dan lain sebagainya yang diciptakan serta dikembangkan di Indonesia. Tak hanya itu saat ini pun di Indonesia mulai ditemukan dan dikembangkan alat transportasi baru yang modern oleh kalangan pelajar Indonesia. Salah satunya yakni mahasiswa di sebuah universitas ternama di D.I Yogyakarta. Bahkan beberapa saat lalu beberapa mahasiswa tersebut yang tergabung dalam Tim mahasiswa dari Universitas Negeri Yogyakarta berhasil mengibarkan Merah Putih di lomba International Student Green Car Competition (ISGC) yang diselenggarakan di Korea Selatan. Tim mahasiswa tersebut memiliki nama Garuda UNY Racing Team (GURT) berhasil keluar sebagai menjadi juara umum dan mendapat gelar Best of the Best di kategori mobil Hybrid dari hasil karya mobil yang mereka ciptakan.

UNY Kibarkan Merah Putih pada Lomba Mobil Mahasiswa di Korea Selatan

Sekedar informasi tim GURT tersebut memang satu-satunya wakil Indonesia yang berhasil menjadi juara pada kompetisi yang berlangsung di Songsan-Myun, Hwasung-si, Gyeonggi-Do, Korea Selatan mulai tanggal 29 Mei sampai 30 Mei lalu. Bahkan dengan hasil karya mobil yang mereka ciptakan dan mereka kembangkan tersebut mereka berhasil mengungguli jumlah perolehan poin dari rival terberat sekaligus juara bertahan tahun lalu, MDS Cruza. Dengan kemenangan tersebut sang Ketua Umum GURT 2015 untuk ISGCC, Yusuf Mulyadi membuat dirinya langsung bersujud syukur setelah tim mahasiswa asal UNY ini berhasil mengharumkan Indonesia di Negeri Gingseng tersebut.

Advertisement

Ajang kejuaraan kompetisi mobil ramah lingkungan yang ikuti oleh mahasiswa dari berbagai negera ini memang terdiri dari beberapa agenda dan kegiatan. Mulai dari hari pertama yakni Jumat (29/05/2015) yang memperlombakan manuver dalam manuverability race tim GURT tersebut berhasil menjadi nomor satu. Selanjutnya di kompetisi acceleration race mereka berhasil menduduki posisi 2nd winner acceleration. Dengan hasil tersebut, mereka berhasil mendapatkan poin 594 dari total poin 600 yang sempurna.

Kemudian di hari ke-2 ISGCC, tim Garuda UNY mendapatkan tantangan berupa kondisi cuaca yang kurang menguntungkan pada hari tersebut karena hujan turun sehingga membuat track yang digunakan basah dan cukup licin yang membahayakan bagi kendaraan.

Tetapi HYVO 101 yang merupakan kendaraan ramah lingkungan dari tim Garuda UNY tetap melaju dengan baik dan mampu menyelesaikan finish di urutan ke-2. Dengan hasil tersebut membuat tim Garuda UNY berhak untuk menjadi juara umum pada 2015 ISGCC dalam kategori mobil hybrid. Meskipun finish di urutan ke-2, tapi hasil perhitungan poin yang diakumulasikan dalam 3 uji kendaraan pada perlombaan tersebut menempatkan HYVO 101 sebagai peringkat pertama di kategori kendaraan hybrid. Baca juga All New Daihatsu Xenia Segera Dirilis Dalam Waktu Dekat dan Mazda Indonesia Tambah Lima Dealer Baru untuk Meningkatkan Penjualan.

Top