Harga Yamaha MT-25 2017, Review, Spesifikasi & Gambar

Harga Yamaha MT 25 dan Spesifikasi – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sepertinya semakin menunjukkan agresivitas tinggi di pasar otomotif Tanah Air. Pabrikan berlogo ‘Garpu Tala’ itu seolah tak memberi kesempatan bagi para kompetitor untuk mengusik dominasinya. Setelah sukses dengan YZF-R15 di segmen low-end motor sport, kemudian di susul YZF-R25 di kelas medium motor sport, kali ini Yamaha kembali menghadirkan unit kuda besi baru yang merupakan versi naked dari R25. Jagoan baru PT YIMM kali ini adalah Yamaha MT-25 yang beberapa bulan terakhir menjadi salah satu komoditi terpanas di kalangan pecinta otomotif Indonesia. Desas-desus mengenai kehadiran Yamaha MT-25 sebenarnya telah mengemuka sejak Maret 2015 silam. Kala itu, banyak pihak yang ramai memperbincangkan unit baru motor sport Yamaha yang ber-genre naked bike tersebut. Kini, setelah lama hanya menjadi ‘kabar burung’, PT YIMM akhirnya secara resmi akan merilis Yamaha MT-25 untuk pasar otomotif nasional. Menurut rencana, seremoni resmi PT YIMM guna menyambut MT-25 ini akan dilangsungkan pada 6 Juni 2015 mendatang.

Seperti telah diinformasikan sebelumnya, Yamaha MT-25 ini merupakan turunan dari Yamaha YZF-R25. Yamaha R25 sendiri sukses mendobrak dominasi Kawasaki Ninja 250 Series di segmen motor sport kelas menengah. Berbekal mesin gahar dan desain ala MotoGP, kakak Yamaha MT25 itu menjadi lawan seimbang bagi Si Hijau Kawasaki Ninja 250. Kini, setelah R25 berhasil meggoyang dominasi Ninja 250, PT YIMM selaku pemegang merk dagang Yamaha di Indonesia mencoba menghadirkan sosok Yamaha MT-25 yang merupakan versi naked dari R25. MT-25 sendiri merupakan varian menengah dari Yamaha MT Series, selain MT-09 dan juga MT-07. Dengan basis mesin yang hampir sama dengan R25, MT-25 ini memiliki performa tangguh dan tarikan mantap layaknya sang saudara tuanya itu. Yamaha membekali Yamaha MT 25 dengan mesin DOHC 8-Valves berkapasitas 249cc. Mesin tersebut mampu menyemburkan tenaga sebesar 26,5 kW pada 12.000 rpm dan juga menghasilkan torsi 22,6 Nm pada 10.000 rpm. Meski tak sekencang R25, namun tetap saja dapur pacu Yamaha MT-25 ini merupakan salah satu yang paling gahar di kelasnya. Tak hanya sampai di situ saja, Yamaha juga masih memiliki segudang teknologi canggih dan juga fitur modern yang disematkan pada unit motor barunya ini. Hmmm, kira-kira motor ini punya apa lagi ya? Nah, buat Brosis yang sudah tak sabar ‘membedah’ Si R25 Naked ini, Mas Sena sudah menyiapkan ulasan lengkap mengenai detail spesifikasi dan harga Yamaha MT-25 pada segmen-segmen di bawah ini. Yuk, kita ulas bareng-bareng!

yamaha mt25

Review Yamaha MT-25

Desain

Motor Sport Naked dengan Desain Bodi Agresif

Kita awali pembedahan spesifikasi Yamaha MT-25 dari bagian desain luarnya. Apakah Brosis pernah melihat Yamaha MT-125 atau MT-09 versi Eropa? Jika sudah pernah melihat kedua sosok naked bike tersebut, maka bayangan Brosis tentang bentuk tubuh Yamaha MT25 tak akan berbeda jauh dengan dua varian MT Euro Series tersebut. Dari depan, tampang MT-25 benar-benar memperlihatkan aura ‘street fighter abis’. Yamaha mendesain headlight MT-25 dengan bentuk trapesium bersudut lancip dan tegas. Jika lampu utama Yamaha MT-25 menyala di tengah kegelapan, tampang motor ini akan menunjukkan aura misterius, agresif, namun tetap terlihat mewah. Berpindah kes desain samping, motor tipe naked bike terbaru racikan Yamaha ini memiliki bentuk bodi ala naked bike premium Yamaha MT-09. Dengan 3D shrouds yang memiliki bentuk tajam, bodi Yamaha MT-25 semakin terlihat gahar dan sporty. Selain itu, bentuk tangki MT-25 yang lumayan bongsor, semakin menambah kesan agresif yang terpancar dari MT-25 ini. Sementara itu, desain buritan pada spesifikasi Yamaha MT-25 ini memiliki desain lampu belakang minimalis yang dikombinasikan dengan tail yang simpel namun berkarakter kuat.

Speedometer

Speedometer Khas Motor Balap Mirip Yamaha R25

Bergerak ke sektor dashboard pada spesifikasi Yamaha MT-25 ini, kita akan menengok papan panel informasi yang disematkan oleh Yamaha pada unit motor barunya ini. Karena merupakan produk satu gen, Yamaha pun ditengarai akan menggunakan basis speedometer R25 pada Yamaha MT-25 ini. Jika hal ini benar, maka konsep desain panel speedometer MT-25 pun juga akan memiliki 3 bagian layaknya R25. Pada bagian pertama, akan terdapat panel penunjuk kecepatan dan juga panel tachometer analog. Sementara itu, panel dashborad Yamaha MT-25 di bagian tengah yang berbentuk hexagonal akan ditempati oleh panel indikator jam, kondisi mesin serta panel penunjuk suhu mesin. Sedangkan pada bagian paling ujung, panel dashboard Yamaha MT-25 akan diisi oleh indikator posisi gigi netral, indikator lampu utama serta indikator lampu sein. Selain itu, layaknya pada Yamaha YZF-R25, spesifikasi Yamaha MT-25 pada bagian panel dashboard juga dilengkapi dengan indikator mode berkendara. Dengan desain panel dashboard yang modern dan user friendly, dipastikan MT-25 ini akan menghadirkan sensasi berkendara yang seru dan menyenangkan.

spesifikasi yamaha mt-25

Dimensi

Dimensi Moge Didukung dengan Rangka Kokoh

Sekarang saatnya kita bahas spesifikasi Yamaha MT-25 di sektor dimensi rangkanya. Dimensi tubuh MT-25 ini sebenarnya tak jauh berbeda dengan YZF-R25 karena kedua unit motor sport 250cc racikan Yamaha tersebut merupakan produk satu gen. Bentuk tubuh Yamaha MT 25 memiliki ukuran 2.090 x 720 x 1.135 mm dengan bobot isi mencapai 165 kg. Ukuran tubuh MT-25 ini sebenarnya terhitung cukup bongsor untuk ukuran orang Indonesia. Jadi, Brosis harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk menunggangi Yamaha MT-25 ini. Sasis MT-25 pun juga masih mengusung basis rangka YZF-R25 dengan menggunakan rangka Diamond yang memancarkan kesan ‘berotot’. Selain itu, bentuk bodi utama Yamaha MT-25 pun semakin terlihat gahar karena tak terbungkus fairing layaknya YZF-R25. Spesifikasi Yamaha MT-25 di bagian dimensi juga mengusung kapasitas tangki BBM yang juga berukuran hampir sama dengan R25. Tangki MT-25 ini mampu menampung bahan bakar sebanyak 14 liter.

Suspensi

Basis Desain Kaki-kaki Adaptasi dari YZF-R25

Basis YZF-R25 pun juga diaplikasikan Yamaha pada spesifikasi Yamaha MT-25 di bagian kaki-kaki. Kali ini Yamaha tetap mengusung suspensi teleskopic fork 41 mm pada bagian depan MT-25. Sementara itu, suspensi belakang Yamaha MT-25 mengandalkan suspensi monocross yang telah terbukti kuat dan mampu menghasilkan handling mantap serta akselerasi mumpuni. Sementara itu, untuk bagian roda, Yamaha menyematkan velg 17 inci pada kedua kaki-kaki Yamaha MT25 ini. Pada roda depan, velg 17 inci dibalut dengan ban 110/70. Sedangkan ban berukuran 140/70 membalut roda Yamaha MT-25 bagian belakang. Pada sektor pengereman, Yamaha menerapkan teknologi semi floating disc pada sektor depan. Sistem pengereman semi floating disc sebelumnya juga telah diaplikasikan pada Yamaha R25. Sedangkan untuk rem belakang, Yamaha menyematkan rem berteknologi single disc brake. Sayang sekali, sampai saat ini pihak YIMM belum memberikan informasi resmi apakah spesifikasi Yamaha MT-25 ini akan dibekali dengan sistem ABS yang telah ada pada R25 versi terbaru.

spesifikasi motor yamaha mt 25

Mesin

Dapur Pacu Gahar dengan Mesin DOHC 8-Valve 250cc

Beralih ke sektor dapur pacu pada spesifikasi Yamaha MT-25, sekali lagi kita akan dipertemukan dengan komponen-komponen mesin gahar khas Yamaha. Pada mesin MT-25 ini, Yamaha masih menggunakan basis mesin yang sama dengan R25. Yamaha MT-25 mengusung mesin DOHC 4 langkah dengan kubikasi 249 cc. Mesin berpendingin cair tersebut mampu menyemburkan daya maksimal mencapai 26,5 kW pada 12.000 rpm dan juga torsi sebesar 22,6 Nm pada putaaran mesin 10.000 rpm. Jadi, meski Yamaha MT-25 ini merupakan turunan dari R25, namun power dan juga torsinya tak kalah dengan motor sport full fairing tersebut. Selain itu, mesin yang digerakkan oleh transmisi manual 6 percepatan itu juga telah dibekali dengan teknologi Fuel Injection (FI) serta Transistorized Control Ignition (TCI). Dengan kedua teknologi canggih pada mesin Yamaha MT 25 tersebut, motor ini mampu menghasilkan performa kencang dan bertenaga namun tetap irit konsumsi bahan bakar. Selain itu, spesifikasi Yamaha MT-25 di bagian dapur pacu juga telah dibekali dengan Liquid Cooling Sistem atau sistem pendingin cair yang akan membantu menjaga stabilitas suhu MT-25 agar tidak cepat panas.

Fitur

Fitur Canggih Khas Motor Sport Yamaha

Terakhir, kita akan membahas spesifikasi Yamaha MT-25 di bagian fitur-fitur pendukungnya. Sebagai motor sport modern, Yamaha juga membekali unit motor barunya ini dengan segudang fitur canggih guna memberikan kenyamanan kepada pengendaranya. Dari bagian tubuhnya, Yamaha MT-25 mengusung bentuk split-seat terpisah yang akan memberikan kenyamanan ekstra pada pengemudi dan pemboncengnya. Jadi, meski Yamaha MT-25 ini merupakan tipe motor sport, namun Yamaha tetap memperhatikan sisi kenyamanan dan ergonomi pengendaranya. Kemudian, Yamaha juga menyematkan panel shift gear lamp pada dashboard Yamaha MT25 yang akan membantu pengendaranya untuk mengetahui posisi gigi. Terakhir, spesifikasi Yamaha MT-25 di bagian fitur pendukung disempurnakan oleh teknologi lampu DRL berjenis LED di bagian headlamp-nya.

Spesifikasi Yamaha MT-25

Mesin
Tipe 4-tak, DOHC 8-Valves, 249 cc
Sistem Pendingin Liquid Cooled
Sistem Bahan Bakar Fuel Injection System
Sistem Pelumasan Wet
Sistem Starter Electric Starter
Torsi Maksimum 22,6 Nm/10.000 rpm
Daya Maksimum 26,5 kW/12.000 rpm
Perbandingan Kompresi 11,6 : 1
Bore x Stroke 60 mm x 44,1 mm
Transmisi Manual 6 Speed
Girboks 6 gir
Kopling Wet Multi Plate
Bodi
P x L x T (mm) 2.090 x 720 x 1.135 (mm)
Tinggi Jok 780 mm (30.7 inci)
Berat Isi 165 kg
Kapasitas Tangki 15 L
Kaki-kaki
Suspensi Depan Telescopic Fork (41 mm)
Suspensi Belakang Monocross
Rem Depan Semi floating disc
Rem Belakang Single disc brake
Ban Depan 110/70 – 17″54h
Ban Belakang 140/70 – 17M/C (66s)
Kelistrikan
Baterai Maintenance Free (7.4 Ah GTZ8V)
Fitur
Tipe Tachometer Analogue
Speedometer Digital
Lampu Utama Halogen Bulb Type (12V DC)

Harga Yamaha MT-25

Nah, itulah tadi ulasan lengkap Mas Sena tentang produk baru dari pabrikan asal Jepang, Yamaha. Sekarang saatnya membahas kisaran harga Yamaha MT-25 yang proses pemesanannya sudah bisa dilakukan hari ini pada gelaran Pekan Raya Jakarta 2015 di Ibu Kota Jakarta. Tampil sebagai versi naked dari R25, Yamaha MT-25 juga mengusung basis mesin dan juga desain saudara tuanya tersebut. Dari sisi desain tubuh, penampakan bodi MT-25 ini memang cocok bagi Brosis yang menggemari unit motor sport ‘telanjang’ alias naked, tanpa fairing. Kisaran harga Yamaha MT 25 juga dipengaruhi oleh basis mesin yang masih mengadaptasi mesin R25. MT-25, yang secara resmi akan dirilis pada 6 Juni 2015 mendatang, mengusung mesing DOHC 8-valves 4 tak berkapasitas 249cc. Meski power-nya tak sekencang R25, namun tetap saja MT-25 ini masuk dalam kategori motor berkecepatan tinggi. Dengan, basis mesin dan juga desain adaptasi dari YZF-R25, kira-kira harga Yamaha MT-25 ini berapa ya?

harga yamaha mt-25

harga yamaha mt 25 terbaru

Tampil di kelas sport menengah, harga Yamaha MT-25 memang akan lebih mahal dari varian lain di segmen low-end. Dari informasi yang Mas Sena dapatkan, banderol harga untuk MT-25 ini adalah sekitar Rp 46.000.000,-. Sebuah harga yang sangat mahal memang, namun masih kompetitif bila dibandingkan dengan produk lain di kelas 250cc. Jika dibandingkan dengan saudaranya, yakni Yamaha YZF-R25, kisaran harga Yamaha MT-25 ini malah lebih murah, dimana R25 dibanderol dengan harga di level Rp 53 jutaan. Perbedaan harga antara MT-25 dengan R25 ini memang lumrah mengingat keduanya berbeda genre, meski basis mesin yang digunakan masih sama, yaitu 250cc. Meski, motor sport dengan versi naked belum begitu diminati di Indonesia, namun kami memperkirakan bahwa Yamaha MT-25 kali ini akan menjadi primadona tersendiri di kalangan pecinta kecepatan di Indonesia. Apalagi, strategi pasar yang ditempuh oleh YIMM kerap menuai sukses di masyarakat. Jadi, harga Yamaha MT-25 yang dibandrol 46 juta tersebut memang sangatlah sesuai dengan spesifikasi yang dibawanya.

Harga Yamaha MT-25
Sekitar Rp 46.000.000,- (OTR Jakarta)
Daftar Harga Motor Yamaha

Catatan :

  • Harga motor Yamaha MT-25 diatas merupakan harga OTR DKI Jakarta
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Yamaha MT-25

Banderol harga Yamaha MT-25 ini juga sangat kompetitif dengan produk di level yang sama, seperti Kawasaki Ninja ZX250 atau sang kakak, Yamaha YZF-R25. Mengusung teknologi mesin ala MotoGP dan didukung oleh kuatnya brand Yamaha di Indonesia, rasanya Yamaha MT-25 ini akan mengulangi kesuksesan sang kakak, R25, yang berhasil mendobrak pasar motor sport kelas 250 cc yang lama dikuasai oleh Kawasaki. Selain itu, selama ini pengguna Yamaha memang dikenal sangat fanatik dan cukup setia pada produk pabrikan Garpu Tala tersebut. Jadi, kisaran harga Yamaha MT-25 yang cukup mahal tadi rasanya tak akan menjadi masalah bagi mereka yang memang menggemari unit motor gede kelas menengah. Nah, buat Brosis yang memang pecinta naked motor sport, bisa menyiapkan dana untuk menebus harga Yamaha MT-25 yang terhitung standar untuk motor kelas 250 cc tadi. Baca juga Kawasaki Z250 SL dan Yamaha R25.

  • lilik bendil

    berapa silinder gan??

    • Seattle

      4 silinder mas bro

    • Mas Sena

      2 Silinder mas bro

      • eyangss46

        Sip

  • I’one Andri Widyawati

    Ga ada yg satu silindernya gan…?

    • Yuni

      Ada gan, yamaha Xabre/mt-15 1silinder 150cc

  • Jeffrie P Baedowi

    Mantap…

  • Roja’an Hidayatullah

    Yamaha semakin didepan.

  • Arifin Rifin

    i love YAMAHA

  • JOKO FEBRI

    nunggu taun depan.. uangnya buat merried dulu hahahaahahahh

    • Marco Ruis

      Merried ma motor nya sj…

  • Adamgus

    Overall bagus, headlampnya itu loh yg agak-agak…. ga kayak mt series, malah kayak byson.

  • indra agus s

    Kurang macho..masih sperti r25 ..
    Nunggu facelift ganti knalpot, headlamp..tangki kurang gahar..penutup radiator biar gk kelihatan kurus..

  • aconk tea

    Kalo pake USD pasti tambah mantaaappp,,

    • cantrikbengkel

      Setuju pk usd lebih garang

Top