Strategi Unik Piaggio : Jualan Vespa di Toko Baju

Piaggio Manfaatkan Toko Baju untuk Jualan Vespa – Indonesia, memang menjadi pasar yang luar biasa, bagi produsen sepeda motor asal Genoa – Italia itu, Indonesia punya pasaran potensial untuk produk mereka. Bro and Sist bisa melihat sendiri, betapa banyaknya komunitas Vespa yang ada di Indonesia. Semakin memantapkan dirinya untuk merangseg pasaran motor Indonesia, Piaggio ternyata memiliki strategi penjualan yang unik. Pihak perusahaan mendongkrak penjualan Vespa, dengan menjual spesies tersebut di toko baju. Wow…!

piaggio jual vespa di toko baju

Strategi yang satu ini memang bisa dibilang “out of the box”. Di luar diler konvensional, agen pemegang merek Vespa dan Piaggio ini menggunakan gerai produkfashion untuk menjajakan sepeda motor. Jadi, tak perlu heran jika Bro and Sist melihat penjualan motor unik ini di took-toko baju atau sepatu.

Adalah The Goods Dept, yang ditunjuk secara resmi untuk menjadi mitra pemasaran Piaggio Indonesia. Terletak di lantai satu mal Pacific Place SCBD, Jakarta Selatan, The Goods Dept menyediakan satu spot di bagian pojok kanan untuk display produk Vespa. Spot tersebut didesain unik  dengan latar panel kayu berwarna biru dan kunin, lengkap dengan beberapa memorabilia khas Vespa. Maka di titik tersebut, berdiri dengan cantiknya, skutik terbaru Vespa S 125.

Pemilihan The Goods Dept sebagai mitra pemasaran, pastinya juga didasari alasan tertentu. Menurut Managing Director Piaggio Indonesia Marco Noto La Diega, The Goods Dept dipilih sebagai mitra pemasaran lantaran memiliki konsep dan segmen pasar yang sama, yakni kaum muda kelas menengah urban. Selain itu, pajangan skutik di antara produk fashion, diyakini bisa merangsang minat konsumen. Dengan kata lain, konsumen baju atau sepatu The Goods Dept bisa jadi terpancing untuk kemudian membeli skutik Vespa atau Piaggio yang dipajang di sana. 

separator

The Goods Dept pun memperpanjang daftar gerai penjualan Piaggio Indonesia, yang saat ini memiliki 33 diler di 14 kota. Namun, kata La Diega, The Goods Dept tidak bisa disebut diler lantaran tidak menyediakan layanan purnajual, onderdil, maupun aksesori produk otomotif. “Gerai ini hanya perpanjangan tangan kami untuk berinteraksi dengan konsumen,” ujarnya.

So, mulai bulan Mei 2015 kemarin, Bro and Sist bisa memesan varian-varian Vespa dan Piaggio di The Goods Dept. Nantinya, manajemen The Goods Dept meneruskan pemesanan tersebut ke beberapa diler Vespa di Jakarta. Pembayaran pun bisa dilakukan dengan dua cara, yakni tunai dan kredit. So, kini Vespa bisa lebih mudah diperoleh dan semakin dekat dengan kaum muda Indonesia. Baca juga Vespa dan Piaggio Yakini Masa Depannya di Indonesia dan Piaggio Kombinasikan Dealer dengan Bistro ala Italia.

Top