Suzuki Patenkan Motor Bertenaga Hidrogen

Suzuki Selesaikan Prototipe Motor Berbahan Bakar Hidrogen – Perkembangan dunia otomotif memang selalu memunculkan inovasi-inovasi baru yang revolusioner. Setelah lebih dari satu dekade bereksperimen, akhirnya Suzuki menyelesaikan proyek motor elektrik yang menggunakan hidrogen sebagai bahan bakar utamanya. Untuk menunjukkan keseriusannya dalam kampanye hemat energi dan mengurangi konsumsi BBM, kini Suzuki pun telah mengajukan hak paten untuk unit motor elektriknya tersebut.

suzuki-selesaikan-prototipe-motor-berbahan-bakar-hidrogen

Seperti dilansir oleh Australian Motorcycle pada Jumat (5/6) kemarin, pabrikan otomotif asal Jepang tersebut telah mendaftarkan hak paten untuk motor elektrik yang dilengkapi dengan tangki hidrogen tersebut. Tangki hidrogen pada motor elektrik racikan Suzuki tersebut dilindungi oleh struktur silinder yang terintegrasi dengan bagian bodinya.

Advertisement

Dalam skema gambar paten yang diajukan oleh Suzuki, nampak jelas bagaimana proses distribusi hidrogen dari tabung menuju kotak berwarna biru. Pada kotak berwarna biru itulah hidrogen diolah menjadi energi listrik yang kemudian akan disalurkan ke bagian baterai. Baterai itulah yang nanti akan menyemburkan tenaga untuk menggerakkan mesinnya.

Suzuki sendiri menanamkan unit baterai yang bisa diisi ulang jika sedang tidak digunakan. Sementara itu, semua komponen pengolah hidrogen dan juga baterai ditempatkan di bagian tengah motor agar memberikan efek sentralisasi massa serta untuk meningkatkan handling.

Suzuki mengklaim bahwa penggunaan energi hidrogen guna menghasilkan tenaga listrik ini lebih baik jika dibandingkan dengan motor listrik bertenaga baterai biasa. Selain itu, sistem bahan bakar hidrogen menawarkan kemungkinan pengisian bahan bakar yang lebih cepat.

Proyek pengembangan motor elektrik bertenaga hidrogen ini merupakan wujud nyata Suzuki dalam mendukung penghematan energi. Selain itu, Suzuki juga menyatakan bahwa gas buang hasil pembakaran motor hidrogen ini adalah berupa uap air sehingga lebih ramah terhadap lingkungan.

Pengembangan motor elektrik bertenaga hidrogen ini dilakukan Suzuki lewat kerjasama dengan Intelligent Energy, sebuah perusahaan asal Inggris. Sebelumnya, Suzuki juga telah mematenkan beberapa motor konsep dengan teknologi sama pada tahun 2007 dan 2010. Motor konsep bertenaga hidrogen buatan Suzuki tersebut antara lain adalah Crosscage dan juga Burgman. Baca juga Piaggio Manfaatkan Toko Baju untuk Jualan Vespa dan Bunyi-bunyian dari Rem ABS, Tanda Rem Berfungsi Baik.

Top