YCR Jadi Ajang Riset dan Pengembangan di Ajang Balap Motor Indonesia

YCR Jadi Ajang Riset dan Pengembangan di Ajang Balap Motor Indonesia – Salah satu produsen motor asal Jepang yang ada di Indonesia, yakni Yamaha Indonesia memang menghadirkan kompetisi khusus motor Yamaha untuk pembalap Indonesia yang bernama Yamaha Cup Race (YCR). YCR sendiri pada musim 2015 ini baru saja diselenggarakan di sirkuit Lanud Tabing, Padang, Sumatera Barat, pada Minggu (7-6/2015) lalu yang menyisakan beberapa hal menarik. Salah satunya adalah inisiasi untuk terus memperkuat riset dan pengembangan motor Yamaha di Indonesia. Menariknya tujuan tersebut bukan hanya berguna untuk kepetingan balap motor Yamaha di Indonesia, melainkan juga untuk mengembangkan pasar sepeda motor di Tanah Air.

YCR Jadi Ajang Riset dan Pengembangan di Ajang Balap Motor Indonesia

Menurut Supriyanto yang selaku Manager Motorsport Yamaha Indonesia, YCR bukan hanya sekedar ajang balap yang mencari pembalap tercepat atau pemenang. Tetapi Yamaha Indonesia membawa misi pengembangan motor balap injeksi melalui ajang ini. Sebenarnya hal ini pun telah dilaksanakan beberapa tahun belakangan ini.

Selain hal tersebut, dengan dihadirkannya ajang YCR ini diharapkan agar pembalap maupun mekanik dapat mempersiapkan diri untuk naik kelas di ajang balap yang lebih tinggi. Sehingga dengan kondisi tersebut mereka akan tidak asing dengan teknologi terbaru. Saat ini era motor injeksi memang begitu populer, namun sangat disayangkan masih ada beberapa pembalap serta mekanik di Indonesia yang belum mengerti cara kerja sistem injeksi.

“Kami berharap, pembalap dan mekanik tidak hanya faham tentang injeksi, tetapi berkaitan tentang regulasi internasional yang nantinya akan mengarah ke sana. Meskipun belum tahu kapan pastinya, tapi kami ingin para pembalap sudah lebih dulu faham akan hal tersebut. Sehingga jika nanti regulasi sudah mulai diberlakukan pembalap dan mekanik sudah siap,” ujar Supriyanto melalui Metrotvnews, Senin (8/6/2015).

“Untuk mewujudkan itu semua kami mempunyai program yang diberi nama Yamaha Riding Academy. Tujuannya untuk memberikan pelatihan dan mengedukasi pembalap serta mekanik. Ini merupakan bagian dari riset dan pengembangan (R&D) kami,” tambahnya.

Memang selain tim pabrikan Yamaha yang mengembangkan teknologi injeksi, ada pula tim lokal lainnya yang turut serta mengembangkan yakni melalui BRT (Bintang Racing Team). Bahkan produk BRT pun telah digunakan oleh beberapa tim yang berlaga di YCR sejak tahun lalu. Baca juga Optimisme Tim Balap Indonesia di ARRC Sentul dan Lewis Hamilton Juarai F1 GP Kanada.

Top