Cara dan Tips Merawat Motor Matic

Motor Matic merupakan salah satu kendaraan roda dua yang setiap tahunnya mengalami peningkatan angka penjualannya. Mulai dari produk Honda, Yamaha dan Suzuki yang memproduksi berbagai macam sepeda motor matic. Dengan banyaknya pengguna motor matic tentu membutuhkan perawatan khusu. Merawat motor matic bisa dibilang lebih sulit dari pada motor bebek karena motor matik mempunyai kekurangan tersendiri. Pemakaian motor matic bisa menjadi tolak ukur tingkat kesulitan untuk merawatnya, tidak bisa memuat beban yang berat adalah kekurangan motor matic.

tips merawat motor matic

Advertisement

Terjadinya bermacam masalah motor matic membuat kami ingin membantu pengendara untuk mempermudah merawatnya. Kesulitan untuk merawat motor matic menjadi kendala, ketika mengendarainya membuat Anda tidak nyaman. Sepeda motor matic sanangat nyaman ketika digunakan pada jalanan macet, jalanan menanjak dan kondisi saat hujan karena memiliki posisi rem ditangan sehingga mempermudan Anda saat melakukan pengeriman mendadak. Berikut ini adalah cara dan tips merawat motor matic yang kami dapatkan dari berbagai macam sumber di internet dan mekanik otomotif.

Tips Merawat Motor Matic

  1. Tips pertama yaitu memanasi mesin terlebih dahulu jika Anda ingin memakai motor yang biasanya pagi, lakukan hal tersebut nminimal  5-10 menit, setelah selasai motor Anda siap untuk dipakai.
  2. Tips dan cara merawat motor matic berikutnya  adalah mengondisikan kecepatan gas saat mulai menjalankan motor. Saat kecepatan motor dalam kondisi cepat jangan secara tiba-tiba menurunkan gas karena dapat merusak mesin.
  3. Tips yang ketiga yaitu mengecek kondisi tangki mesin, mengecek speedometer motor Anda jika jarum mulai mendekati warna merah usahkan langsumh mengisi bensi. Jangan membiarkan kondisi tangki bensin kosong karena dapat merusak mesin ketika sering mogok bensin.
  4. Cara merawat motor matik keempat adalah rutin mengganti oli, jika Anda mulai melakukan perjalanan 1000 KM dan mengganti oli transmisi motor maksimal ketika motor sudah mencapai 5000 KM.
  5. Tips merawat motor matic berikutnya yaitu memeriksa kondisi Aki dan Busi, jika salah satu benda ini ada yang rusak maka mengakibatkan motor Anda mogok.
  6. Periksa Roler dan Ventbeld
    Selalu perhatikan Roler dan ventbelt motor matic anda, jika sudah dalam keadaan tidak layak pakai, maka usahakan menggantinya dengan yang baru secara orisinil
  7. Periksa ruang transmisi dan mengganti Oli Shockbreaker, ketika di dalam ruang transmisi usahkan anda mengecek dan perhatikan, biasanya di dalam ruang transmisi sering masuk kotoran dan debu, usahakan anda bersihkan setelah motor mencapai 4000 Km. Berikutnya mengganti oli shockbreaker setiap motor mactic Anda mencapai 10000 KM, dengan cara ini membuat motor matic nyaman saat dipakai dan mesinnya awet.

Tips tambahan dari kami adalah melakukan pergantian ban saat mulai terlihat tipis karena ban yang tipi dapat  membahayakan anda saat melewati tikungan dah pada kondisi hujan.  Melakukan perawatan kendaraan seperti sepeda motor matic berfungsi untuk memberikan kenyamanan saat memakai, mesin jadi awet dan menghindari terjadinya kerusakan. Semoga tips diatas membantu Anda pengguna motor matic, kunjungi juga artikel kami lainya yang menyediakan berta dan informasi Otomotif. Pada pertemuan sebelunya kami membrikan informasi mobil tercepat di dunia yang bisa anda temukan di situs kami.

  • Ayae Mimi

    Q mo txa knp rem blkng matic q g prnh bs pkem mlai baru

    • andi

      Karena tidak pakai rem cakram, coba klo di ganti rem cakram. Bisa pakem tu rem..haha

Top