Hindari Isi Bensin Setengah Tangki

Stop Isi Bensin Setengah Tangki…! – Anda pemilik kendaraan? Kapan anda mngisi ulang bahan bakar pada kendaraan anda? Biasanya, para pengguna dan pemilik kendaraan (mobil maupun motor), baru akan mengisi bahan bakar, jika tangki mulai kosong. Yang menjadi tandaadalah, jarum indikator bahan bakar hamper menyentuh garis akhir atau empty (E). Jika anda adalah salah satu dari sejuta umat yang sering melakukan kebiasaan tersebut, sebaiknya minimalisir hal itu mulai dari sekarang. Hal itu dikarenakan, mengisi bensin hanya setengan atau bahkan kurang dari itu, akan turut andil merusak kendaraan.

hentikan mengisi bensin setengah tangki

Memang banyak faktor, mengapa seseorang memilih untuk mengisi bahan bakar kendaraannya hanya setengah tangki saja. Budget adalah salah satu faktornya. Namun ternyata hal tersebut bakal merugikan anda. Bagaimana tidak, mengisi bahan bakar hanya setengah tangki atau bahkan kurang, akan menimbulkan karat pada tangki kendaraan. Memang ada pabrikan yang telah menggunakan bahan plastic untuk tangkinya. Namun timbulnya karat masih sangat mungkin, karena sifat dari bahan bakar yang mudah menguap.

Jadi semakin banyaknya ruang kosong pada tangki, maka akan besar pula jumlah uap yang ada karena bahan bakar. Dengan begitu, potensi karat pun akan lebih besar lagi. Jangan sampai anda harus “kebobolan” karena karat memenuhi tangki kendaraan, yang ujung-ujungnya berpengaruh pada performa kendaraan.  Banyaknya karat dan kotoran pada tangki bahan bakar, ternyata membuat filter dan pompa bahan bajar (rotak) harus bekerja lebih keras dan menimbulkan panas. Akbatnya, rotak bisa mati sendiri. Tidak mau kehilangan uang untuk sekedar ke bengkel,  karena hal sepele kan?

Untuk itu mas Sena sarankan agar anda meminimalisir ruang kosong pada tangki bahan bakar. Sebisa mungkin maksimalkan pengisian bahan bakar kendaraan anda.  Mengisi penuh tangki bahan bakar, juga berhubungan dengan posisi parker lho. Jika anda akan meninggalkan kendaraan atau memarkir kendaraan di tempat terbuka, pastikan untuk mengisi full tangki bensin kendara anda. Hal ini dikarenakan, kendaraan yang diletakkan ditempat tertutup yang lembab atau tempat terbuka yang panas akan mempercepat proses penguapan bahan bakar. Baca juga Berantas Peredaran Oli Palsu dan Ganti Oli Mobil Sendiri di Rumah.

Top