Honda RC213V-S Ternyata Tak Sama Persis dengan RC213V MotoGP

Honda RC213V-S Bukan Replika Motor Prototype Honda di MotoGP – Pada hari, Kamis (11/6/2015) ini dikabarkan bahwa hyperbike Honda terbaru yakni Honda RC213V-S akan resmi debut dan diluncurkan di Catalunya, Spanyol. Dari informasi yang beredar sebelumnya menyebutkan bahwa motor Honda terbaru ini diklaim memiliki spesifikasi yang sangat mirip dengan tunggangan Marc Marquez dan Dani Pedrosa di MotoGP. Bahkan diinformasikan juga bahwa motor Honda ini telah diuji di jalanan dengan pembalap andalan Honda asal Jepang yakni Hiroshi Aoyama.

Honda RC213V-S Bukan Replika Motor Prototype Honda di MotoGP

Tetapi ternyata hal tersebut dikatakan oleh pihak Honda menyatakan bahwa motor Honda tersebut tidak benar-benar memiliki spesifikasi yang identik dengan motor prototype andalan Honda Racing Corporation (HRC) di ajang balap motor bergengsi yakni MotoGP.

“Honda sendiri sebenarnya tidak menyebut motor ini replika MotoGP, karena memang bukan replika. Tapi ini mendekati spesifikasinya, seperti sasis, lengan ayun, roda, suspensi, crankcase, tangki bahan bakar, cover tangki, throttle body dan jok mirip dengan tunggangan Marquez,” ujar Dave Hancock yang merupakan petinggi Honda Eropa seperti dirilis dari laman MCN.

Hancock pun menambahkan bahwa beberapa bagian di Honda RC213V untuk MotoGP memang tidak dimiliki oleh Honda RC213V-S. Diantaranya adalah katup pneumatic dan gearbox khusus untuk ajang balap motor paling bergengsi dimuka bumi tersebut. Bagian lainnya yakni pada bagian part internal mesin pun memiliki spesifikasi yang berbeda. Seperti connecting rods, kemudian desain piston yang dibuat untuk motor spesifikasi legal jalanan.

separator

Selain itu pada bagian mesinnya yang memiliki konfigurasi V4 dengan sudut kemiringan 90 derajat yang sanggup menghasilkan tenaga maksimal mencapai 240 Hp dikatakan bahwa memiliki material yang berbeda yakni bagian crankcase yang terbuat dari alumunium. Sementara untuk versi MotoGP menggunakan bahan Magnesium. Selain itu masih banyak lagi bagian lainnya yang berbeda dengan Honda RC213V.

Namun, meskipun begitu ada beberapa bagian yang sama persis dengan Honda RC213 versi balap MotoGP. Mulai dari sasis, lengan ayun, sebagian kontrol elektronik, suspensi, bodi dan beberapa bagian lainnya.

Dengan kondisi tersebut maka sebuah motor Honda RC213V-S ini memiliki banderol yang sangat mahal. Baca juga AHM Makin Percaya Diri dengan 6 Sport Bike Terbarunya dan Honda Smart Adventure Resmi Berakhir.

Top