Kesan Pertama Honda CBR1000RR SP : Sadis, Bro!

Honda CBR1000RR SP Siap Merajai Jalanan Indonesia – Motor sport Honda edisi terbaru yang ditunggu-tunggu para pecinta kecepatan akhirnya datang juga. Pekan lalu, PT Astra Honda Motor akhirnya merealisasikan janjinya untuk menghadirkan generasi keduabelas kendaraan super sport kebanggaan Honda, CBR1000RR SP. Mengusung tema “The Ultimate Handling Machine”, motor sport legendaris asal Negeri Matahari Terbit ini memang menyajikan apa yang selama ini dicari oleh para penggila kecepatan tinggi di jalanan Indonesia, yaitu motor bertenaga super dengan handling mantap saat bermanuver.

honda-cbr1000rr-sp-siap-merajai-jalanan-indonesia

Sejak pertama kali dilahirkan pada dekade 90-an, motor sport Honda CBR memang langsung menjadi primadona di lintasan jalan raya. Generasi awal CBR adalah CBR900RR yang pertama kali dirilis pada tahun 1992. Kala itu, Honda CBR900RR mengusung mesin 4 silinder yang proyek pengembangannya dimulai pada tahun 1989. Setelah itu, evolusi Honda CBR versi sport terus berkembang hingga kini lahirlah generasi keduabelasnya, Honda CBR1000RR SP.

Advertisement

Honda CBR1000RR SP generasi ke-12 ini mengusung mesin berkapasitas 999,8 cc 4 silinder inline 16 katup berpendingin cairan. Honda menyematkan teknologi Programmed-Dual Sequential Fuel Injection (PGM-DSFI) pada unit moge barunya ini. Teknologi PGM-DSFI ini merupakan teknologi paten milik Honda yang mengandalkan 2 injektor pada setiap saluran ruang bakar untuk menyuplai bahan bakar ke sektor mesin. Teknologi PGM-DSFI sendiri dikenadalikan oleh ECM secara akurat.

Mesin pada generasi terbaru Honda CBR1000RR SP ini mampu memuntahkan tenaga 133 kW/12.250 rpm dan torsi maksimum mencapai 114 Nm/10.500 rpm.

Sebelum ‘turun mengaspal’ ke jalan raya, versi lama Honda CBR1000RR yang dirilis pada tahun 2012 pun sangat banyak digunakan di berbagai ajang balap internasional. Salah satu keunggulan Honda CBR1000RR adalah penggunaan rangka Diamond Aluminium Composite Twin Spar yang ringan namun kuat serta membuat motor mudah dikendalikan. Nah, untuk CBR1000RR SP ini Honda menggunakan basis rangka yang sama dengan Honda CBR1000RR.

Selain rangka adaptasi Honda CBR1000RR, generasi baru Honda CBR1000RR SP ini juga mengadaptasi beberapa fitur motor balap Honda di ajang MotoGP, sperti teknologi Assist Slipper Clutch ala Honda RC212V serta suspensi OHLINS tipe teleskopik inverted. Dengan teknologi ala MotoGP tersebut, HondaCBR1000RR SP pun siap menghadirkan sensasi berkendara level tinggi kepada penunggangnya. Baca juga PT Astra Honda Motor Ingin Datangkan Honda Gold Wing dan CRF ke Indonesia dan Motor Listrik Zero Resmi Hadir di Indonesia.

Top