Wait…! Mengangkat Moge yang jatuh Ada Aturannya lho…!

Aturan Mengangkat Moge Yang Jatuh – Bro and sist pernah coba mengendarai motor gede alias moge? Atau malah anda memang salah satu pemilik moge? Apa sih yang menjadi alasan untuk memilih jenis motor gede? Biasanya, pemilik motor gede adalah mereka yang tertarik akan bodi besar, yang dipadukan dengan tenaga yang gahar.

Aturan Mengangkat Moge Yang Jatuh

Namun apakah Bro and Sist pernah berpikir, bagaimana ketika moge—terutama tipe sport touring seperti Harley Davidson jatuh atau rebah? Terbayang kan, bagaimana beratnya untuk “membangunkan” lagi ke posisi semula (posisi berdiri)? Wait…! Ternyata ada aturan untuk mengangkat moge yang terjatuh atau rebah. Jika Bro and Sist menggunakan teknik yang salah untuk mengangkat kembali moge yang ambruk,  maka justru akan membuat Bro and Sist mengalami cidera. Lalu, teknik seperti apa yang benar untuk mengangkat moge yang ambruk?

Wakil Ketua (Harley Davidson Club Indonesia) HDCI Chapter Bogor, Teuku Badrudin Syah, menjelaskan bahwa, saat mengangkat moge yang rebah tidak boleh bertumpu pada tangan. Hal tersebut justru bakal menimbulkan cedera engsel. Selain itu, Teuku juga menyebutkan bahwa Bro and Sist tidak boleh asal main tarik (angkat), karena bisa menyebabkan terjadinya cedera pinggang. Untuk menghindari hal tersebut, maka sebaiknya mengangkat moge yang rebah dengan bertumpu pada punggung. Jadi, posisi saat mengangkat adalah membelakangi motor dan mengangkat dengan mengandalkan otot paha dan betis.

Teuku melanjutkan, posisi tangan tetap ada pada grip. Sementara itu, posisi badan kita setengah jongkok. Tangan kanan pegang setang, tangan kiri pegang besi di bawah jok secara perlahan dorong badan kita ke arah belakang. Pasti kita mudah mengangkatnya. Jika Bro and Sist ada pada posisi seorang diri saat mendapati moge rebah, sebaiknya sebelum mengangkat motor beristirahat dulu sejenak agar tenang dan jangan panik.

Di Indonesia sendiri, pasaran moge mulai menggeliat lagi. Selain existing brand moge di pasar Indonesia seperti Ducati, Harley Davidson, dan Kawasaki, sejumlah merek asing belakangan turut merangsek pasar Tanah Air. Salah satunya merek Triumph dari Inggris. Baca juga SIM Motor Akan Diklasifikasikan Berdasar Kelompok Mesin dan Harley Davidson Recall 46 Ribu Motornya. Baca juga

 

Top