Ketahuilah Masa Kadaluarsa Ban Kendaraan Anda

Ban Juga Memiliki Expiret Date – Kendaraan merupakan serangkaian system, yang saling mendukung antara komponen satu dengan komponen lainnya. Maka jika ada pertanyaan “komponen apa yang paling penting pada kendaraan?”, hampir bisa dipastikan jika jawabannya begitu susah. Karena setiap komponen akan berpengaruh pada komponen lain. Dengan begitu, maka semua bagian menjadi penting, termasuk ban.

masa kadaluarsa ban

Ban menjadi sangat penting, terutama mengenai kaitannya dengan arah dan laju kendaraan. Maka jangan remehkan hal-hal yang terkait dengan ban, termasuk masa kadaluarsanya. Benar sekali…! Ban ternyata memiliki expiret date alias masa pakai. Namun, hal itu mungkin menjadi sesuatu yang tak begitu kita ketahui. Biasanya  baik atau tidaknya, boleh atau tidaknya ban digunakan, hanya kita nilai dari kondisinya yang terlihat secara fisik. Padahal, jika para pemilik kendaraan cuek-cuek saja pada ban kendaraannya,  bahkan nekat memakai ban kadaluarsa, akibatnya bisa begitu fatal. Nah, doal masa kadaluarsa ban, mas Sena punya info menariknya untuk anda, yang pastinya sangat bermanfaat.

Advertisement

Bicara masa pakai, ternyata ban memiliki masa kadaluarsa sepanjang enam tahun. Cukup panjang memang. Namun bila sudah lebih dari masa pakai tersebut, maka kondisinya sudah tak laik lagi. Ban yang sudah kadaluarsa karetnya sudah getas, sehingga mengakibatkannya mudah retak dan pecah. Untuk menghindarkan anda dari pemilihan ban yang sudah kadaluarsa, ternyata caranya tak begitu rumit.

Hal yang perlu anda perhatikan saat memilih ban adalah kode produksi yang ada. Pada ban, kode produksi akan tertera di permukaan samping ban.Setiap pabrikan tentunya punya jumlah kode digit tersendiri untuk menandai produknya, biasanya jumlah karakternya ada 5-8 digit. Namun, ada standar internasional yang bisa menjadi acuan. Menurut standar internasional, , empat digit angka dari belakang menunjukkan minggu dan tahun ban diproduksi.

Contohnya, bila ban yang akan anda beli memiliki kode ‘YYY1113’, dapat dapat diartikan ban tersebut diproduksi minggu ke-11 tahun 2013. Itu berarti, jika masa kadaluarsanya adalah enam tahun, saat ini ban masih bisa digunakan. Mutunya masih baik.Tapi bila pada ban tertulis kode ‘CJJ5101’, maka sudah pasti tak lagi layak digunakan karena diproduksi pada minggu ke-51 tahun 2001. Yuk, lebih teliti lagi…! Baca juga Ban Tanpa Udara Dari Bridgestone dan Pentingnya Tutup Pentil Pada Ban.

Top