MotoGP Catalunya 2015, Milik Duo Yamaha!

MotoGP Catalunya 2015, Milik Duo Yamaha – Ajang balap motor paling bergengsi di dunia yakni MotoGP musim 2015 ini telah menyelesaikan seri ke-7 yang diselenggarakan di sirkuit Catalunya, Spanyol pada hari, Minggu (13/6/2015) kemarin. Dimana di kelas para raja yakni MotoGP, kembali duo Yamaha menguasai podium pertama dan kedua MotoGP Catalunya 2015. Di podium pertama ditempati oleh pembalap asal Spanyol yang memiliki julukan “X-Fuera” yakni Jorge Lorenzo. Lalu kemudian dibuntuti oleh rekan setim Lorenzo yakni Valentino Rossi ditempat kedua dan Dani Pedrosa ditempat ketiga. Dengan kemenangan tersebut maka memberikan statistik bahwa pembalap andalan tim Movistar Yamaha MotoGP tersebut mendapatkan 4 kemenangan secara berturut-turut. Diikuit dengan prestasi bagus yang juga dicetakkan oleh Valentino Rossi maka membuat Yamaha kokoh di klasemen konstruktor sementara MotoGP 2015.

MotoGP Catalunya 2015, Milik Duo Yamaha

Jalannya race MotoGP Catalunya 2015 sendiri dipimpin oleh duo Suzuki Ecstar yakni Aleix Espargaro dan Maverick Vinasales dengan menunggangi GSX-RR ternyata belum bisa berbicara banyak. Terbukti mereka langsung diburu oleh Jorge Lorenzo dan pembalap papan atas lainnya. Pada lap awal Jorge Lorenzo sukses menyodok ke posisi pertama kemudian diikuti oleh Marquez dan Dovizioso. Belum sampai pertengahan lap, Marc Marquez yang sangat bernafsu mendapatkan podium pertama harus menelan akibatnya karena terlambat melakukan pengereman sehingga harus melebar yang mana akhirnya harus masuk ke gravel dan terjatuh lalu tidak bisa melanjutkan balapan. Bahkan pada saat kejadian tersebut hampir saja ban depan Marc Marquez menyengol ban belakang Jorge Lorenzo, untung saja Marquez memilih melebar. Selang 2 lap kemudian giliran adik Aleix Espargaro yakni Pol Espargaro yang harus terjatuh karena begitu panasnya sirkuit dan mungkin juga karena kehilangan traksi saat melebar. Di lap ke-6 giliran pembalap di posisi kedua yakni Andrea Dovizioso yang harus rela tidak menyelesaikan balap. Praktis posisi ini ditempati oleh Valentino Rossi yang sempat fight melawan beberapa pembalap didepannya. Dani Pedrosa yang menunggangi Honda RC213V tentu lebih unggul dibandingkan dengan Aleix Espargaro yang menunggangi Suzuki GSX-RR sehingga posisi ke3 diambil pada lap ke-7. Setelah itu posisi ini tidak berubah, bahkan tercatat bahwa jarak antara Lorenzo dan Rossi sempat menjauh namun masih dipimpin oleh Lorenzo hingga garis finish.

Dengan kondisi lintasan yang sangat panas pun mengharuskan beberapa pembalap rela kehilangan poin karena tak bisa menyelesaikan balap. Selain Pol Espargaro, Marc Marquez ,Andrea Dovizioso dan Aleix Espargaro masih ada pembalap lain yakni Cal Cruthclow, Nicky Hadyen, Yony Hernandez dan Marco Melandri.

Dengan hasil tersebut maka Valentino Rossi masih memimpin klasemen sementara MotoGP 2015 dengan raihan 138 poin. Kemudian dilanjutkan dengan Jorge Lorenzo di tempat kedua yang minus 1 poin dari Rossi. Lalu Andrea Iannone menggusur Andrea Dovizioso ditempat ketiga dengan 94 poin. Baca juga Duo HRC Tampil Dominan Disesi Tes Bebas MotoGP Catalunya dan Honda RC213V-S Bukan Replika Motor Prototype Honda di MotoGP.

Top