Trouble pada Rem Otomatis, Acura Recall 20 Ribu Mobil

Rem Otomatis Timbulkan Masalah Pada Ribuan Mobil Acura – Keamanan memang menjadi faktor utama yang harus sangat diperhatikan. Maka tak salah, jika berbagai pihak terkait terus melengkapi kendaraan-kendaraan yang ada, untuk berbagai system keamanan. Bicara soal system keamanan, belum lama ini Dewan Keselamatan Federal Amerika Serikat, merekomendasikan agar semua mobil harus dilengkapi dengan system rem otomatis. Sistem pengereman otomatis menggunakan kamera dan radar laser untuk memperlambat atau menghentikan mobil jika ada hambatan di depan mobil, pun saat pengemudi tidak melihat keadaan tersebut. National Highway Transportation Safety Administration (NHTSA) mengatakan bahwa sistem itu, akan bisa selamatkan ribuan nyawa. Ya…! Angka kecelakaan lalu lintas saat ini, memang masih begitu tinggi.

Trouble Rem Otomatis Acura Recall 20 Ribu Mobil

Alih-alih menerapkan kebijakan tersebut, Acura—anak perusahaan Honda, justru harus me-recall ribuan mobil besutannya. Sistem rem otomatis pada mibil-mobil mewah tersebut, bekerja tidak semestinya. Sistem yang ada justru malah mengaktifkan rem, pada saat mobil tidak harus dihentikan. Ini tentunya juga menjadi hal yang membahayakan, karena mobil akan berhenti mendadak dan tidak terkontrol.

Masalah system pengereman otomatis yang tidak pada tempatnya itu pun, membuat Acura menarik hampir 20 ribu dari 48 ribu kendaraan produksinya antara tahun 2014-2015. Adalah mobil-mobil seperti  SUV MDX dan sedan RLX dan model lainnya, yang harus kembali masuk ke pabrik produksi, untuk mendapatkan perbaikan.

Menanggapi hal tersebut, juru bicara Acura–Chris Martin mengatakan bahwa masalahnya mungkin saja terjadi saat mobil mengubah jalur. Pihak Acura mengklaim akan memperbaiki masalah ini, melalui pembaruan perangkat lunak. Akibat dari kesalahan system rem otomatis itu, diketahui telah terjadi satu kecelakaan di Jepang. Kecelakaan tersebut terjadi pada model yang berbeda, tetapi dengan sistem pengereman otomatis yang sama.

separator

Selain Acura, NHTSA juga sedang menyelidiki sembilan keluhan dengan masalah yang sama pada Jeep Grand Cherokee produksi 2014. Hingga saat ini, system rem otomatis, memang telah banyak digunakan oleh pabrikan otomotif. Tingginya teknologi yang digunakan, membuat pembeli harus merogoh kocek, bahkan hingga ribuan dolar. Namun nyatanya, mereka memang cukup tertarik, dengan alasan keamanan pada mobil mewahnya. Baca juga Pencurian Mobil Menurun dan Cegah Pencurian Mobil dengan Eyelock.

 

Top