ITS Bakal Segera Pamerkan Motor Listrik Ala Mereka

Motor Listrik Terbaru Karya ITS – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, memang salah satu institute yang aktif menyumbangkan karya-karya bagunya untuk bangsa. Terbaru, teman-teman dari ITS bakal segera emamerkan hasil karya terbaru mereka di bidang otomotif. Mereka akan hadir dengan kendaraan roda dua bertenaga listrik. Adalah ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015, yang bakal jadi temat mereka mempertunjukkan karya anak bangsa itu. IIMS 2015 sendiri, bakal dihelat Agustus mendatang.

ITS Segera Pamerkan Motor Listrik

Ternyata, motor listrik yang dibuat oleh teman-teman ITS, memiliki dua jenis yang berbeda. Ketua tim riset kendaraan listrik ITS, Muhammad Nur Yuniarto mengatakan, sepeda motor listrik tersebut merupakan target jangka pendek kampus.

“Sepeda motor listrik yang akan dipamerkan di IIMS 2015 adalah sepeda motor listrik jenis skuter dan sepeda motor listrik jenis klasik,” kata Muhammad Nur.

Teknologi kendaraan listrik, ternyata sudah bukan hal yang asing untuk para mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Bahkan mereka sudah memiliki banyak koleksi kendaraan listrik. Reputasi ITS sebagai penghasil kendaraan listrik, memang sudah tersohor.

Di antara berbagai jenis hasil karya kampus di bidang otomotif, tercatat hasil karya Joni Hermana dan tim, yakni Ezzy 1 dan Ezzy 2. Kendaraan tersebut  mampu melaju dengan kecepatan 150 kilometer per jam. Keduanya menggunakan motor listrik berbeda. Ezzy 1 menggunakan motor Axial dan Ezzy 2 motor jenis Radial. Sebagian besar komponen mobil listrik tersebut menggunakan kandungan lokal. Hanya saja motor penggeraknya masih diimpor. Untuk Ezzy 1 didatangkan dari Inggris sedangkan Ezzy 2 dari China.

Advertisement

Tak sebatas pada motor listrik saja, ITS bahkan sudah berhasil menciptakan produk bus listrik, dengan sumber energi dari sinar matahari. Wow…! Untuk project yang satu ini, ITS mengeluarkan biaya hingga Rp1,5 miliar. Bahkan jika ditotal dengan biaya penelitian, jumlah yang dikeluarkan jauh lebih besar lagi. Yang membuat produksi bus listrik ITS itu begitu besar, adalah baterai dan perangkat listriknya. Energi dari sinar matahari disimpan dalam kapasitor, yang terhubung ke baterai. Baterai juga bisa diisi di perangkat listrik konvensional. Baca juga Jika Motor Listrik Zero Lewati Genangan Air dan Warga Bulgaria Ubah Ducati Hypermotard Jadi Motor Bertenaga Listrik.

 

Top