Harga Honda CB500X, Review & Spesifikasi Maret 2017

Harga Honda CB500X dan Spesifikasi – Setelah dibuat terpana dengan empat varian moge Honda edisi terbaru, kita masih akan menerima ‘hidangan penutup’ dari pabrikan asal Jepang tersebut. Sebagai ‘menu’ terakhir, PT Astra Honda Motor (AHM) menghadirkan dua unit motor tipe tourer alias motor penjelajah. Salah satu jenis motor itu adalah Honda CB500X yang akan segera kita ulas kali ini. Berebeda dengan motor Honda di kelas 650 cc yang hadir dalam dua varian, yaitu sport dan touring, kali ini pabrikan asal Negeri Matahari Terbit itu mengenalkan dua unit motor 500 cc yang semuanya merupakan jenis moge adventure. PT AHM menghadirkan Honda CB500X guna menyaingi dua kompetitornya di kelas adventure-sport bike, yaitu Kawasaki dengan Kawasaki Versys 650 serta Suzuki dengan Suzuki V-Storm 650. Meski dari kapasitas mesinnya kalah, namun bukan berarti Honda CB500X ini inferior jika dibandingkan dengan dua ‘seteru abadi’ Honda tersebut.

honda cb500x

Berbeda dengan keempat moge premium lainnya yang menyasar kaum berduit, kali ini PT AHM menempatkan Honda CB500X di kelas moge level pemula dengan spesifikasi mesin kelas menengah serta harga yang tak semahal moge premium. Honda CB500X hadir dengan bekal mesin DOHC 471 cc 8 katup dua silinder yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 35 kW pada putaran mesin 8.500 rpm. Sebagai moge adventure kelas pemula, mesin pada Honda CB500X tersebut cukup bertenaga dan tangguh untuk melibas segala medan petualangan. Layaknya motor adventure lainnya, Honda CB500X pun juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih dan fungsional. Nah, buat Brosis yang berjiwa petualang dan sudah tak sabar ‘mengorek’ spesifikasi dan harga Honda CB500X ini, Mas Sena sudah menyiapkan ulasan lengkapnya pada segmen-segmen di bawah ini.

motor honda cb500x

Review Honda CB500X

Desain

Desain Kental Aroma Adventure

Spesifikasi Honda CB500X pada bagian desain bodi memiliki aroma adventure yang sangat kental. Hal ini dapat dilihat dari penggunaan kaca visor bagian depan yang menjulang tinggi ala motor reli Dakar. Visor kaca pada bagian muka Honda CB500X tersebut berpadu manis dengan desain lampu utama yang berbentuk V-shape. Sekilas lampu utama pada Honda CB500X ini memiliki basis model yang sama dengan Honda CB650F. Bergerak ke bagian samping, dua windshield poda Honda CB500X ini memiliki bentuk runcing yang menyatu dengan tangki yang berdimensi lebih pendek jika dibandingkan dengan tangki CB650F. Desain tubuh Honda CB500X ini memang disesuaikan dengan genre motornya, yaitu motor untuk keperluan touring off-road dan on-road jarak jauh. Pada bagian bawah motor ini, Honda menyematkan engine cover berbahan fiber yang dikombinasikan dengan bahan metal untuk melindungi blok mesinnya. Sedangkan pada bagian jok, Honda CB500X mengusung desain jok menyatu dengan aksen bertingkat untuk memberikan kenyamanan pada pengendara dan pemboncengnya. Sama seperti moge Honda lainnya, spesifikasi Honda CB500X pada desain buritan juga memiliki bentuk minimalis dengan lampu meruncing dan tail menggantung.

Speedometer

Panel Dashboard Serba Digital

Selanjutnya kita akan membahas spesifikasi Honda CB500X pada bagian panel dashboardnya. Kali ini Honda mendesain panel dashboard pada CB500X dengan bentuk sederhana namun tetap user friendly dan fungsional. Panel dashboard Honda CB500X merupakan panel LCD yang memiliki bentuk cembung setengah lingkaran, mirip dashboard mobil. Pada layar utamanya ada panel penunjuk kecepatan atau speedometer dan juga total jarak tempuh. Bagian ujung kanan dashboard Honda CB500X diisi oleh indikator lampu sein dan juga indikator lampu utama. Sementara itu, sisi ujung kiri atas ditempati oleh indikator lampu sein serta indikator temperatur mesin dan bahan bakar. Sedangkan bagian tengah dashboard Honda CB500X diisi oleh indikator penunjuk posisi gigi. Desain panel dashboard pada spesifikasi Honda CB500X ini memang nampak sederhana, namun tetap bisa membantu pengendaranya untuk mengetahui kondisi motor saat bepergian jauh.

spesifikasi honda cb500x

Dimensi

Dimensi Sempurna untuk Menjelajah Segala Medan

Layaknya moge berjenis petualang lainnya, spesifikasi Honda CB500X pada bagian rangka juga dibangun dengan menggunakan basis rangka yang ringan namun tetap kokoh. Kali ini, Honda tetap menggunakan basis rangka diamond dengan pipa baja sebagai bahannya. Rangka diamond pada Honda CB500X ini menyokong dimensinya yang memiliki ukuran 2.095 x 830 x 1.290 mm. Dimensi bodi Honda CB500X ini membuatnya menjadi salah satu moge dengan tubuh paling panjang di antara enam moge terbaru Honda. Selain bentuk tubuh yang cukup panjang tadi, Honda CB500X juga memiliki bobot yang lumayan berat, yaitu 196 kg. Meski bertubuh cukup berat, namun motor ini tetap mudah untuk ‘dijinakkan’ karena memiliki jarak sumbu roda mencapai 1.421 mm. Sebagai moge jenis adventure, jelas CB500X ini memerlukan konsumsi bahan bakar yang cukup besar. Untuk itu, spesifikasi Honda CB500X dilengkapi dengan tangki BBM yang mampu menampung sebanyak 17 liter bahan bakar.

Suspensi

separator

Kaki-kaki Tangguh Didukung Suspensi Mantap

Berpindah ke bagian kaki-kaki, kita akan menengok seberapa kuat spesifikasi Honda CB500X pada bagian suspensi dan juga pengereman. Karena memiliki bobot tubuh yang cukup berat, Honda CB500X pun dibekali dengan suspensi yang sangat tangguh. Untuk bagian depan, Honda menyematkan suspensi teleskopik dengan fork berdiameter 41 mm. Sedangkan suspensi belakang Honda CB500X mengusung sistem Pro-link swingarm dengan material pipa baja dan didukung oleh sistem single shock yang akan memberikan kenyamanan ekstra kepada pemboncengnya. Kemudian, untuk menjamin keamanan pengendaranya, Honda CB500X didukung dengan sistem pengereman canggih dan pastinya aman. Pada bagian depan, Honda menggunakan sistem pengereman wavy disc dengan piston dan kaliper ganda. Rem depan pada Honda CB500X ini akan memberikan cengkeraman ekstra kuat saat rider-nya menghentikan motor secara mendadak. Sedangkan untuk bagian belakang, CB500X mengusung teknologi single wavy disc dengan piston tunggal. Spesifikasi Honda CB500X pada bagian kaki-kaki disempurnakan dengan penggunaan sepasang ban khusus adventure, yaitu ban depan berukuran 120/70ZR – 17MC serta ban belakang berukuran 160/60ZR – 17MC.

spesifikasi motor honda cb500x

Mesin

Mesin DOHC 2 Silinder yang Tangguh dan Bertenaga

Kini saatnya membahas spesifikasi Honda CB500X pada bagian dapur pacunya. Sebagai varian ‘termurah’ diantara enam moge terbaru rilisan Honda, ternayata unit Honda CB500X ini tak serta merta hanya dibekali dengan mesin ‘sembarangan’. Dapur pacu CB500X ini sangat bertenaga karena menggunakan mesin DOHC 8 katup dua silinder yang memiliki kapasitas 471,0 cc. Mesin pada Honda CB500X ini mampu memuntahkan tenaga maksimal mencapai 35 kW pada 8.500 rpm serta torsi sebesar 43 Nm pada 7.000 rpm. Mesin pada Honda CB500X ini digerakkan oleh transmisi manual enam percepatan dengan kopling tipe basah. Selain bertenaga, mesin CB500X ini juga tak seboros moge-moge dari pabrikan lainnya karena Honda telah menggunakan teknologi PGM-FI untuk menginjeksi bahan bakarnya. Selain itu, spesifikasi Honda CB500X pada sektor dapur pacu juga dilengkapi dengan sistem pendingin cairan guna menjaga kestabilan suhu mesin saat berkendara jarak jauh.

Fitur

Fitur Khusus untuk Petualang Sejati

Terakhir, kita akan membahas spesifikasi Honda CB500X pada bagian fitur-fitur pelengkapnya. Karena merupakan moge jenis adventure, Honda pun menyematkan beberapa fitur khas petualang pada Honda CB500X ini. Salah satu fitur tersebut adalah Adjustable Wind Screen yang dilengkapi dengan visor yang bisa diatur posisisnya. Honda CB500X juga dibekali dengan fitur Long Travel Suspension yang akan memberikan kenyamanan tingkat tinggi kepada pengendara dan pemboncengnya saat menempuh perjalanan jauh. Honda juga menyematkan fitur Loawer Protector Cowl sebagai pelindung blok mesinnya, Untuk sektor keamanan, Honda membekali Honda CB500X dengan teknologi ban Dual Purpose Tire yang tangguh untuk menjelajah segala medan, baik off-road maupun on-road. Spesifikasi Honda CB500X juga dibekali dengan fitur keamanan HISS dan juga ABS yang telah digunakan pada unit moge Honda lainnya.

Spesifikasi Honda CB500X

Mesin
Tipe DOHC Parallel Twin Cylinders 4-stroke 8-valve
Kapasitas 471,0 cc
Karburasi PGM-FI (Programmed Fuel Injection
Bore x Stroke 67 x 66,8 mm
Rasio Kompresi 10,7 : 1
Tenaga Maksimum 35 kW/8.500 rpm
Torsi Maksimum 43 Nm/7.000 rpm
Tipe Starter Electric Starter
Sistem Pendingin Liquid Cooled
Kapasitas Oli 3,2L
Tipe Kopling Wet Multiplate with Coil Spring
Rangka
Tipe Diamond frame, steel pipe
Dimensi
P x L x T 2,095 mm x 830 mm x 1,290 mm
Jarak Sumbu Roda 1,421 mm
Jarak dengan Tanah 170 mm
Tinggi Jok 810 mm
Berat Kotor 196 kg
Sudut Kemiringan 26.5°/108.0 mm
Kapasitas Tangki BBM 17,0 Liters
Suspensi
Suspensi Depan Telescopic with 41 mm Fork
Suspensi Belakang Steel Square Pipe Swingarm with Pro-link system and Single Shock with 9 Position Spring-Preload Adjustability
Pengereman
Rem Depan Twin-Piston Caliper with single 320 mm Wavy Disc (2-Channel Type of ABS/Anti-lock Braking System)
Rem Belakang Single Piston Caliper with 240 mm Single Wavy Disc (2-Channel Type of ABS/Anti-lock Braking System)
Kaki-kaki
Roda Depan 120/70ZR – 17MC (On-Off Pattern)
Roda Belakang 160/60ZR – 17MC (On-Off Pattern)
Fitur
Headlights 60/55 W x 1 Light
Baterai 12 V/8.6 AH
Keamanan HISS (Honda Ignition Security System)

Harga Honda CB500X

Nah, sekarang saatnya membahas kisaran harga Honda CB500X  yang konon merupakan salah satu varian ‘termurah’ di antara enam unit  moge baru lansiran Honda. Meski ditempatkan sebagai moge level pemula, namun Honda CB500X ini tetap mengusung spesifikasi mesin tangguh dan juga fitur canggih. Untuk dapur pacu CB500X kali ini, Honda mengusung mesin 4-stroke DOHC dua silinder 8 katup yang dilengkapi dengan pendingin cairan. Mesin tersebut sangat bertenaga karena mampu memuntahkan daya maksimal mencapai 35 kW pada putaran mesin 8.500 rpm. Jadi, meski banderol harga Honda CB500X merupakan salah satu yang termurah, namun tetap saja motor ini memiliki ketangguhan dan tenaga yang tak kalah dengan moge Honda lainny. Kalu begitu, kisaran harga Honda CB500X ini berapa ya?

harga honda cb500x

harga honda cb500x terbaru

Sesuai dengan rilis resmi PT AHM, banderol harga Honda CB500X ini adalah sekitar Rp 135 juta on the road (OTR). Harga tersebut adalah harga Honda CB500X untuk pasaran Jakarta dan sekitarnya. Banderol harga yang dibawah Rp 300 juta tersebut memang tak semahal moge Honda lainnya yang menyentuh angka Rp 500 jutaan, Kehadiran Honda CB500X ini juga akan menjadi lawan seimbang bagi Kawasaki Versys 650 dan Suzuki V-Storm 650 di kelas moge adventure. Kisaran harga Honda CB500X ini juga tak terpaut jauh dengan harga produk Kawasaki dan juga Suzuki tersebut.

Harga Honda CB500X
Rp. 135.000.000,-
Daftar Harga Motor Honda

Catatan :

  • Harga motor Honda CB500X diatas merupakan harga OTR Jakarta
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Honda CB500X

Dengan banderol harga Honda CB500X yang tak semahal CB650F atau CBR650F, PT AHM memang menyasar mereka yang baru saja ‘terjun’ di dunia motor gede. Kisaran harga Honda CB500X ini memang sangat cocok bagi peunggang moge level pemula karena harganya tak semahal moge premium Honda lainnya, seperti CBR1000RR SP atau Honda NM4 Vultus. Selain harga yang cukup ‘terjangkau’ bagi penggemar moge pemula, spesifikasi mesin Honda CB500X pun juga merupakan spesifikasi kelas menengah yang membuat motor ini akan mudah dikendalikan oleh rider motor gede pemula. Nah, buat Brosis yang baru saja bergabung dengan komunitas moge, rasanya harga Honda CB500X yang tak sampai Rp 200 juta ini merupakan sebuah pilihan yang sangat menarik. Baca juga Honda CB500FHonda CBR650FHonda CB650FHonda NM4 Vultus dan CBR1000RR SP.

Top