Harga Honda CB500F, Review & Spesifikasi Januari 2017

Harga Honda CB500F dan Spesifikasi – Kehadiran enam unit moge baru lansiran Honda memang telah membuat semua mata terpana. Mulai dari Honda CBR1000RR SP sebagai varian tertinggi hingga unit motor sport adventure Honda CB500X, semuanya berhasil menarik perhatian para pecinta kuda besi di Tanah Air. Nah kali ini, kita akan membahas varian terakhir dari seri motor gede Honda yang membuat heboh publik pecinta otomotif Indonesia. Pada review kali ini, Mas Sena akan mengulas Honda CB500F yang merupakan varian terakhir dari enam unit moge premium yang baru saja didatangkan oleh PT Astra Honda Motor. Walaupun hadir sebagai sajian penutup, namun Honda CB500F ini tetap menawarkan ketangguhan mesin dan desain menawan layaknya varian moge yang lain. Hadir sebagai unit urban bike yang cocok untuk pengguna yang tinggal di daerah perkotaan, Honda CB500F dibekali dengan mesin tangguh dan handling mantap khas motor gede produksi Honda.

honda cb500f

Sesuai dengan namanya, Honda CB500F memang membawa basis rangka dan mesin Honda CB500X. Bedanya, jika Honda CB500X merupakan unit motor berjenis sport cruiser khusus untuk petualangan jarak jauh, kali ini Honda CB500F mengusung desain kompak ala motor street fighter masa kini yang pas untuk penggunaan di daerah perkotaan. Tetap dibekali dengan mesin DOHC paralel dua silinder 8 katup, Honda CB500F akan memberikan sensasi berkendara dengan nyaman dan mantap kepada penunggangnya. Selain itu, dengan bodi Honda CB500F yang sedikit lebih rendah dari CB500X akan memberikan kemudahan kepada pengendaranya untuk bermanuver dan berakselerasi di tengah jalanan kota yang ramai. Secara performa pun, CB500F ini tak kalah gahar dengan saudara kandungnya, yaitu Honda CB500X. Nah, kalau begitu motor ini punya kelebihan apa lagi ya? Untuk lebih jelasnya, Mas Sena sudah menyiapkan ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Honda CB500F pada segmen-segmen di bawah ini.

motor honda cb500f

Review Honda CB500F

Desain

Penampilan Macho dengan Basis Moge Street Fighter

Advertisement

Jika diamati sekilas, spesifikasi Honda CB500F pada bagian desain ini memang memiliki rupa yang identik dengan Honda CB650F, namun dengan ukuran tubuh yang lebih kecil. Pada bagian muka, desain Honda CB500F tetap mengusung bentuk headlights V-shape yang dipadukan dengan lampu kota berukuran kecil berbentuk huruf ‘V’ yang menyatu dengan bagian dashboard. Desain lampu utama pada Honda CB500F ini biasa disebut oleh para bikers Tanah Air dengan sebutan ‘ngonde’ yang memang sudah menjadi ciri khas Honda. Bergerak ke samping, Honda menyematkan dua unit shrouds atau air-scoop berbentuk runcing pada kedua sisi bodi Honda CB500F ini. Kedua air-scoop tersebut menyatu dengan tangki yang berukuran sedikit lebih kecil daripada tangki Honda CB500X. Bagian muka CB500F ini memang terlihat lebih sederhana daripada CB500X yang menggunakan visor berukuran besar. Selanjutnya, pada bagian bawah Honda menyematkan under cover yang melindungi mesin bagian bawah. Sedangkan pada spesifikasi Honda CB500F bagian belakang, Honda masih setia dengan desain tail meruncing yang dikombinasikan dengan lampu belakang minimalis.

Speedometer

Panel Dashboard Simpel namun Serba Digital

Selanjutnya, kita akan membahas spesifikasi Honda CB500F pada bagian panel dashboardnya. Sama seperti halnya dengan CB500X, panel dashboard pada Honda CB500F kali ini memiliki desain minimalis namun serba digital. Honda mendesain panel indikator pada Honda CB500F dengan bentuk memanjang. Pada bagian tengah, terdapat indikator speedometer serta tachometer digital. Sementara itu, panel dashboard Honda CB500F pada sebelah kiri terdapat indikator penunjuk bahan bakar dan juga posisi gigi. Sedangkan pada panel sebelah kanan terdapat panel jam dan juga total jarak tempuh, Spesifikasi Honda CB500F pada bagian panel dashboard dipermanis dengan penempatan indikator lampu sein, suhu, serta posisi gigi netral yang berbaris di ujung atas dashboard.

spesifikasi honda cb500f

Dimensi

Dimensi Kokoh Cocok untuk Daerah Perkotaan

Sebagai motor sport untuk kaum urban, spesifikasi Honda CB500F pun didukung oleh dimensi kompak yang membuatnya mudah untuk dikendalikan. Honda membangun Honda CB500F dengan dimensi tubuh 2.075 x 780 x 1.60 mm. Ukuran tubuh CB500F ini memang tak setinggi CB500X. Selain ukuran bodi lebih rendah, Honda CB500F juga memiliki bobot tubuh yang lebih ringan, yaitu 192 kg. Tak ayal, dengan dimensi bodi yang lebih kompak ini akan membuat pengendara Honda CB500F bisa bermanuver dan beakselerasi secara mudah dan mantap. Kelincahan CB500F juga dikarenakan motor ini memiliki jarak sumbu roda yang tak terlalu panjang, yaitu 1.410 mm. Sementara itu, karena bukan merupakan motor sport untuk keperluan touring jarak jauh, spesifikasi Honda CB500F pun hanya dibekali dengan tangki BBM yang mampu menampung bahan bakar hingga kapasitas 15,5 lliter.

Suspensi

Kaki-kaki Tangguh Hasilkan Akselerasi Mantap

Untuk menunjang kegesitannya di jalanan kota, spesifikasi Honda CB500F juga didukung oleh komponen kaki-kaki yang kokoh dan tangguh. Sebenarnya spesifikasi CB500F pada sektor kaki-kaki ini memiliki basis yang sama dengan spesifiaksi kaki-kaki pada Honda CB500X. Kali ini, Honda CB500F tetap mengadaptasi suspensi teleskopik dengan fork berdiameter 41 mm pada bagian depannya. Sementara itu untuk suspensi belakang, Honda menggunakan sistem suspensi square-pipe Pro-link dengan swingarm baja dan per tunggal. Suspensi pada Honda CB500F ini dijamin akan memberikan kenyamanan ekstra kepada pengendaranya saat bermanuver di jalanan yang sempit dan ramai. Untuk menjamin keamanan rider-nya, Honda CB500F juga dilengkapi dengan sistem pengereman piston ganda dengan cakram 320 mm pada rem depan serta sistem piston tunggal dengan cakram 240 mm pada rem belakang. Kedua sektor pengereman pada CB500F ini telah menggunakan teknologi Anti-Lock Braking System (ABS). Spesifikasi Honda CB500F pada bagian kaki-kaki disempurnakan oleh sepasang ban berukuran 120/70ZR – 17M/C untuk roda depan serta ban berukuran 160/60ZR – 17M/C untuk ban belakang.

spesifikasi motor honda cb500f

Mesin

Dapur Pacu Andalkan Mesin DOHC Dua Silinder 471 cc

Tampil sebagai varian terakhir dalam deretan moge premium Honda tak membuat spesifikasi Honda CB500F kalah kualitas dari moge-moge lainnya. Kali in, Honda tetap menggunakan mesin DOHC paralel dua silinder 8 katup berkubikasi 471 cc. Mesin pada Honda CB500F yang juga telah menggunakan teknologi PGM-FI tersebut mampu memuntahkan tenaga maksimum mencapai 35 kW pada putaran mesin 8.500 rpm, serta bisa menghasilkan torsi sebesar 43 Nm pada 7.000 rpm. Mesin Honda CB500F ini juga masih mengandalkan transmisi 6 percepatan dengan dukungan kopling basah. Untuk menjaga kestabilan temperatur pada spesifikasi Honda CB500F di sektor mesin, Honda juga menyematkan pendingin cairan yang akan menjaga temperatur mesin tetap stabil.

Fitur

Fitur-fitur Lengkap Khas Motor Sport Honda

Sama halnya dengan deretan moge Honda lainnya, spesifikasi Honda CB500F kali ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih khas motor sport Honda. Salah satu fitur canggih yang ada pada Honda CB500F ini adalah teknologi Enjoy Riding Position yang akan memberikan kenyamanan berkendara dan membuat rider-nya tak mudah merasa lelah saat berkendara. Selain itu, Honda CB500F juga dibekali dengan teknologi Pro-Link Suspesion yang memiliki sembilan opsi pengaturan kekerasan yang bisa disesuaikan dengan selera pengendaranya. Sama seperti halnya moge-moge Honda lainnya, spesifikasi Honda CB500F ini juga dibekali dengan fitur keamanan HISS (Honda Ignition Securty System) serta teknologi Anti-Lock Braking System (ABS) yang akan memberikan keamanan dan kenyamanan pada pengendaranya.

Spesifikasi Honda CB500F

Mesin
TipeDOHC Parallel Twin Cylinders 4-stroke 8-valve
Kapasitas471,0 cc
KarburasiPGM-FI (Programmed Fuel Injection
Bore x Stroke67 mm x 66.8 mm
Rasio Kompresi10.7 : 1
Tenaga Maksimum35 kW/8,500 rpm
Torsi Maksimum43 Nm/7,000 rpm
Tipe StarterElectric Starter
Sistem PendinginLiquid Cooled
Kapasitas Oli3,2L
Tipe KoplingWet Multiplate with Coil Spring
Transmisi
TipeConstant Mesh 6-Speed Return
Rangka
TipeDiamond frame, steel pipe
Dimensi
P x L x T2,075 mm x 780 mm x 1,060 mm
Jarak Sumbu Roda1,410 mm
Jarak dengan Tanah155 mm
Tinggi Jok790 mm
Berat Kotor192 kg
Sudut Kemiringan25.5°/102.6 mm
Kapasitas Tangki BBM15.5 Liters
Suspensi
Suspensi DepanTelescopic with 41 mm Fork
Suspensi BelakangSteel Square Pipe Swingarm with Pro-link system and Single Shock with 9 Position Spring-Preload Adjustability
Pengereman
Rem DepanTwin-Piston Caliper with single 320 mm Wavy Disc (2-Channel Type of ABS/Anti-lock Braking System)
Rem BelakangSingle Piston Caliper with 240 mm Single Wavy Disc (2-Channel Type of ABS/Anti-lock Braking System)
Kaki-kaki
Roda Depan120/70ZR – 17M/C
Roda Belakang160/60ZR – 17M/C
Fitur
Headlights60/55 W x 1 Light
Baterai12 V/8.6 AH
KeamananHISS (Honda Ignition Security System)

Harga Honda CB500F

Tak terasa, kita sudah selesai membahas semua deretan motor gede yang baru saja dirilis secara resmi oleh PT Astra Honda Motor (AHM). Kini saatnya kita membahas kisaran harga Honda CB500F yang merupakan versi terakhir dari enam unit moge yang didatangkan PT AHM pada tahap pertama ini. Meski diplot sebagai versi terendah, namun tak membuat Honda CB500F kalah pamor jika dibandingkan dengan saudara-saudaranya. Kualitas CB500F bisa dilihat dari penggunaan spesifikasi mesin yang sama dengan CB500X, yaitu masih menggunakan mesin DOHC dua silinder 8 katup berkapasitas 471 cc. Selain itu, banderol harga Honda CB500F juga dipengaruhi oleh adanya fitur-fitur canggih macam HISS dan juga ABS. Nah, dengan spesifikasi yang tak jauh berbeda dengan CB500X, kira-kira harga Honda CB500F ini berapa ya?

harga honda cb500f

Kisaran harga Honda CB500F ini ternyata juga tak terlalu berbeda jauh dengan harga CB500X. PT AHM membanderol Honda CB500F dengan harga sekitar Rp 125 juta OTR Jakarta. Harga tersebut hanya berselisih Rp 10 juta dari harga Honda CB500X. Banderol harga Honda CB500F dengan CB500X memang tak berselisih jauh karena memang merupakan produk satu gen. Kedua motor ini pun memiliki segmentasi yang berbeda, CB500X untuk para penggemar adventure sedangkan CB500F untuk masyarakat urban yang tinggal di area perkotaan. Kisaran harga Honda CB500F ini juga sangat kompetitif jika dibandingkan dengan harga para kompetitornya, seperti Kawasaki Versys 650.

harga honda cb500f terbaru

Advertisement

Banderol harga Honda CB500F ini memang menjadi yang termurah di antara deretan moge terbaru lansiran Honda. Murahnya harga Honda CB500F ini juga bisa menjadi alternatif bagi pengguna moge pemula yang akan merasakan sensasi berkendara dengan unit motor kencang dan bertenaga racikan Honda. Selain itu, Honda CB500F juga bisa menjadi solusi yang bagus untuk para pekerja yang hidup di daerah perkotaan dan membutuhkan partner kendaraan yang tangguh dan bertenaga. Nah, buat Brosis yang menginginkan teman bertualang atau sekedar ingin merasakan performa bertenaga khas motor sport Honda, sepertinya kisaran harga Honda CB500F yang berada di bawah angka Rp 200 juta ini merupakan pilihan menarik. Unit CB500F racikan pabrikan berlambang sayap mengepak ini sekaligus mengakhiri rangkaian ulasan khusus moge-moge baru jagoan Honda. Sampai jumpa lagi! Baca juga Honda CB500XHonda CBR650FHonda CB650FHonda NM4 Vultus dan CBR1000RR SP.

Top