Masalah Monoshock Bikin Motor-motor Ducati Ini Alami Recall

Lagi-lagi Ducati Harus Recall Produknya – Recall atau penarikan kembali, akan dilakukan sebuah pabrikan otomotif, ketika mendapati produknya bermasalah. Hal ini dilakukan untuk melakukan perbaikan. Jika tidak, bisa-bisa justru menimbulkan maslah yang berat, bahkan berbahaya bagi pengendaranya. Recall karena sebuah masalah, juga tak luput dari motor sekelas Ducati. Awal April lalu, Ducati melakukan recall, karena sistem putaran throttle atau gas model Ducati Multistrada 1200, mengalami kekakuan atau tidak seperti biasanya. Tak main-main, sedikitnya 5.962 unit Multistrada 1200 yang terkena masalah, dan telah ditarik. Kini, recall harus embali dilakukan oleh pabrikan otomotif asal Italy itu.

Ducati lakukan recall karena masalah monoshock

Lembaga Keselamatan Jalan Raya Amerika Serikat atau National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) baru-baru ini mengumumkan penarikan pada dua model motor Ducati, Panigale dan Superleggera. Dua superbike itu ditarik karena mengalami masalah dengan monoshock belakang, yang menggunakan merek Ohlins TTX.

Yang menjadi masalah pada monoshck itu adalah komponen peredam kejut, yang tidak dipasang sesuai dengan standar yang berlaku. Jika dibiarkan, maka temuan itu dapat mengakibatka monoshck  mudah longgar dan lepas. Keadaan itu bakal membuat resiko kecelakaan terbuka lebar.

Bagi pemilik motor Ducati berjenis  Superleggera, proses penarikan memakan waktu yang lebih lama. Sebab, seluruh komponen monoshck  harus dikirim ke Ohlins untuk diperiksa. Sementara penarikan Panigale S dan Panigale R akan berlangsung lebih cepat.

Motor-motor besutan Ducati yang kali ini mengalami recall, merupakan motor yang semuanya diproduksi pada 2014. Hingga saat ini, telah ada 549 unit motor yang harus menyerahkan tunggangannya untuk diperbaiki bengkel resmi Ducati. Namun terkait penarikan kembali unit-unit motor tersebut, pihak Ducati menjelaskan bahwa hingga saat ini, belum ada kecelakaan yang diakibatkan permasalahan monoshck tersebut.

Selaku pihak yang berwenang, National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) memang cukup teliti dalam memperhatikan keamanan pada kendaraan yang beredar di wilayahnya. Belum lama ini, pihak tersebut melakukan recall paa sekitar 20 ribu unit mobil Acura. Kali ini dikarenakan permasalahn pada system rem otomatis. Baca juga Ducati Tarik Multistrada 1200 dan Rem Otomatis Timbulkan Masalah Pada Ribuan Mobil Acura.

Top