Giliran Honda Recall Accord dan CR-V di Australia Karena Masalah Rem

Banyak Mobil Bermasalah dengan Rem Otomatisnya – Belum lama ini, National Highway Transportation Safety Administration (NHTSA) menyatakan bahwa mobil besutan Acura berjenis SUV MDX dan sedan RLX, harus mengalami penarikan kembali ke pabriknya. Hal tersebut dikarenakan ada permasalahn pada system pengereman otomatis. Rem justru bekerja pada saat yang tidak tepat. Setelah Acura, giliran Honda yang harus menarik kembali (recall) produk-produknya yang beredar di Australia. Permasalahannya serupa dengan apa yang dialami Acura—rem otomatis.

Giliran Honda Recall Produknya di Australia

Tak tanggungt-tanggung, Honda harus me-recall 2.138 unit sedan Honda Accord dan Sport Utility Vehicle (SUV) Honda CR-V model terbaru di Australia. Keduanya ditengarai mengalami masalah pada perangkat pengereman khususnya di fitur Collision Mitigation Braking System (CMBS). Sistem tersebut menggunakan radar untuk memonitor situasi di depan. Sistem akan mengerem mobil secara otomatis dan mengencangkan sabuk pengaman, jika pengendara tidak mempedulikan peringatan yang diberikan oleh panel instrument. Namun pada mobil-mobil bermasalah itu, sensor perangkat CMBS yang terdapat di dalamnya  terlalu sensitif menafsirkan obyek di sekitar mobil. Maka, justru pengereman darurat lah yang aktif secara tiba-tiba. Demikian seperti yang dijelaskan oleh
Komisi Persaingan dan Perlindungan Konsumen Australia.

“Dalam kasus yang jarang terjadi, sistem dapat menafsirkan objek tertentu di pinggir jalan seperti pagar atau logam, sebagai hambatan sehingga langsung mengaktifkan pengereman darurat melalui CMBS,” bunyi sebuah pernyataan tentang recall tersebut.

Advertisement

Seperti yang bisa kita nalar, jika sebuah mobil melakukan pengereman secara tiba-tiba, maka akan sangat berpotensi terjadi kecelakaan. Namun, hingga kini tidak ada laporan kecelakaan atau korban luka yang ditimbulkan terkait masalah pada sistem Collision Mitigation Braking System (CMBS)

Sementara itu, mobil-mobil yang kali ini harus berhadapan pada recall, merupakan mobil besutan Honda berjenis Accord model 2013 – 2015 dan Honda CR-V model 2014 – 2015. Honda Australia mengaku akan menghubungi para pemilik mobil yang ditengarai bermasalah. Baca juga Rem Otomatis Timbulkan Masalah Pada Ribuan Mobil Acura dan Lagi-lagi Ducati Harus Recall Produknya.

Top