Vettel Gagal di GP Austria, Ferrari Kambing Hitamkan Roda

Ferrari Salahkan Roda Atas Kegagalan Vettel – GP Austria baru saja dihelat pada Minggu (21/06/15). Hasilnya cukup memberi surprise pada para fans F1. Bagaimana tidak, Sebastian Vettel berhasil jadi yang tercepat di sesi latihan bebas kedua dan ketiga. Namun pada hari H, pebalap asal jerman itu justru keog. Pembalap Mercedes Nico Rosberg keluar sebagai juara di sirkuit Red Bull Ring. Ia mencatatkan waktu 1 jam 30 menit 16,930 detik dari 71 lap. Sementara Vettel yang sebelumnya Berjaya di sesi latihan bebas, “terlempar” ke posisi keempat, setelah didahului Lewis Hamilton (posisi 2) dan Felipe Massa (posisi 3). Dari hasil tersebut, sangat terlihat domonasi tim Mercedes. Atas hasil itu, Ferrari—tim yang menaungi Sebastian Vettel pun berkomentar atas kegagalan pebalapnya.

vettel gagal di GP Austria

Baby Schumi—julukan Vettel, finish di GP Austria, dengan selisih waktu 18 detik dari Rosberg—si pemilik podium. Sebuah insiden di pitstop, membuat pebalap Ferrari itu harus menerima posisinya di tangga keempat. Atas insiden tersebut, Team Principal Ferrari Maurizio Arrivabene,  mencak-mencak. Atas kegagalan itu, roda mobil lah yang disebut sebagai penyebab kegagalan Ferarri kali ini. Mobil yang dikendarai Vettel, mengalami masalah pada roda belakangnya sehingga menyulitkan seorang mekaniknya untuk memasangya. Ini terjadi saat Vettel harus masuk pit di lap ke-36. Alhasil, butuh waktu selama 13 detik untuk Vettel “berkutat” di pitstop, sebelum akhirnya bisa kembali ke lintasan lagi. Sayangnya, semua terlambat. Saat Vettel akhirnya bisa keluar dari pitstop, posisinya sudah tergeser. Vettel yang sebelum masuk pitstop ada di urutan ketiga, harus mendapati pebalap William–Felipe Massa menyalipnya.

“Kami memiliki masalah dengan mur rodanya dan ini bukan yang pertama jadi kami harus memastikan bahwa itu tidak akan terjadi lagi,” ucap Arrivabene pada Reuters.

Nampaknya, bos Ferrari itu lumayan geram, atas inseiden pitstop, yang diakibatkan oleh benda kecil pada roda mobil itu. Sementara performa Sebastian Vettel sendiri dinilai sudah baik.

“Sebastian sudah menjalani sebuah balapan yang begitu bagus tapi kami membuang begitu saja podium sekali lagi karena sebuah potongan kecil yang bodoh yang membutuhkan untuk diperbaiki secepatnya. Bagi saya ini tidak bisa diterima,” cetus Maurizio Arrivabene.

Menanggapi kegagalannya naik podium di GP Austria, Vettel mengaku tetap lega. Menurutnya, kali ini usahanya untuk “menumpas” duo hebat Mercedes, sudah lebih baik daripada sebelumnya.

“Saya pikir ini jauh lebih dekat daripada di masa lalu. Kami sebelumnya berharap bisa lebih dekat untuk memberi tekanan, khususnya di lap-lap awal, tapi mereka sangat impresif,” ujar Vettel seperti dikutip Crash. Baca juga Rio Haryanto Juara Sprint Race GP2 dan Mobil-Mobil Tangguh di Jurassic World.

Top